Program

PROGRAM JANGKA PANJANG
A. ADMINISTRASI MADRASAH
1. Administrasi Program Pengajaran
Tersedianya Sarana dan perangkat Administrasi Program Pengajaran yang menunjang layanan pengajaran yang baik dan bermutu.
2. Administrasi Tata Persuratan/ Kearsipan
Tersedianya Sarana dan perangkat Administrasi tata persuratan dan kearsipan yang menunjang layanan ketatausahaan yang baik dan bermutu.
3. Administrasi Kepegawaian
Tersedianya Sarana dan perangkat Administrasi kepegawaian yang dapat menunjang layanan kepegawaian yang baik dan bermutu.
4. Administrasi Perlengkapan
Tersedianya Sarana dan perangkat Administrasi perlengkapan yang dapat menunjang analisa kebutuhan perlengkapan yang mudah dan tepat
5. Administrasi Keuangan
Tersedianya Sarana dan perangkat Administrasi keuangan yang dapat menunjang analisa dan penetapan serta penggunaan anggaran secara efektif dan efiesien serta transparan.
6. Administrasi Perpustakaan
Tersedianya Sarana dan perangkat Administrasi perpustakaan yang dapat menunjang kelancaran dan kenyamanan layanan pustaka sebagai sumber belajar dan tempat rekreasi.
7. Administrasi Santriawati
Tersedianya Sarana dan perangkat Administrasi santriawati yang dapat menunjang ketepatan dan kecepatan layanan dan penanganan santriawati .
8. Administrasi Hubungan Masyarakat
Tersedianya Sarana dan perangkat Administrasi hubungan masyarakat yang dapat menunjang kelancaran dan analisa pengembangan hubungan masyarakat yang harmonis dan produktif.

B. KELEMBAGAAN
1. Status Tanah Madrasah
Dimilikinya secara sah status tanah madrasah yang ditempati dan yang akan dijadikan lahan pengembangan madrasah ke depan.
2. Struktur Organisasi
Senantiasa tersedianya secara lengkap struktur organisasi intern madrasah , komite madrasah dan NAHDHATUL MUTA’ALLIMAT (NM) yang dapat berperan secara aktif melakukan kegiatan secara bersama untuk kepentingan dan kemajuan madrasah sesuai dengan visi / misi yang ditetapkan.
3. Tugas dan Tanggung Jawab
Tersedianya tenaga kependidikan yang lengkap dan kualifide sesuai dengan rencana kerja yang dibuat berikut dengan kejelasan tugas dan tanggung jawab secara tertulis, yang dapat menunjang kinerja personalia yang mantap, handal penuh dedikasi.
4. Program Kerja Madrasah
Tersedianya program kerja jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek/ tahunan yang dapat dilaksanakan secara mantap dan konsekuen.
5. Fungsi Sosial Madrasah
Melakukan peran sosial madrasah khususnya yang ditujukan bagi pemberi kesempatan bagi masyarakat yang tidak mampu untuk menyekolahkan anaknya ssetara dengan lapisan masyarakat kelas menengah ke atas.
6. Loyalitas Madrasah
Mengupayakan terwujudnya madrasah sebagai wawasan wiyata mandala dengan senanatiasa dikembangkan dengan mempedomani tata aturan yang digariskan pemerintah.
C. KETENAGAAN
1. Kepala Madrasah
Mengupayakan peningkatan pengetahuan dan kemampuan manajerial kepala madrasah yang mampu menjalankan tugas-tugas manajerial madrasah secara baik, dalam rangka menjalankan program kerja madrasah.

2. Jumlah Tenaga Kependidikan
Mengupayakan tersedianya tenaga kependidikan yang kualifaid sesuai dengan rasio kebutuhan madrasah.
3. Penempatan Tenaga Kependidikan
Mengupayakan penempatan tenaga kependidikan sesuai dengan bidang keahlian dan kompetensi yang dimiliki tenaga kependidikan.
4. Penyaluran Tenaga Kependidikan
Mengupayakan dan Menyalurkan karier tenaga kependidikan dengan memperhatikan kinerja dan dedikasi serta kemampuan tenaga kependidikan yang bersangkutan.
5. Kewenangan Tenaga Kependidikan
Mengupayakan pemenuhan syarat kewenangan tenaga kependidikan dalam menjalankan tugas layanan kependidikan di madrasah.
6. Disiplin Tenaga Kependidikan
Mengupayakan pemenuhan tenaga kependidikan pada tata aturan pemerintah dan madrasah secara maksimal yang dilandasi dengan kesadaran dan tanggung jawab.
7. Kreativitas Tenaga Kependidikan
Mewujudkan tenaga kependidikan yang kreatif yang ditunjukkan dengan hasil kreatifitas yang dapat dilaksanakan dan dimanfaatkan baik oleh santriawati dan tenaga kependidikan.
8. Tanggung Jawab Tenaga Kependidikan
Mengupayakan terwujudnya tenaga kependidikan yang bertanggung jawab terhadap tugasnya, mulai merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, sampai kepada menganalisa dan menindaklanjuti hasil evaluasi yang dilakukan.
D. KURIKULUM
a. Perencanaan Program Pengajaran
Direncanakannya Program Pengajaran baik tahunan, semester, bulanan, mingguan dan tatap muka, dilandasi dengan kesadaran dan tanggung jawab tenaga kependidikan untuk memudahkan pelaksanaan dan memaksimalkan pencapaian hasil proses pendidikan dan pengajaran yang dilakukan.

b. Jadwal
Senantiasa tersedianya jadwal kegiatan tatap muka dihari awal kegiatan efektif pembelajaran dimulai, untuk memaksimalkan pemanfaatan hari dan jam efektif yang tersedia pada satu satuan waktu kegiatan pembelajaran.
c. Persiapan Mengajar
Senantiasa dilakukannya secara sadar dan penuh tanggung jawab oleh semua tenaga pendidik (guru) pembuatan persiapan mengajar yang siap disajikan dalam suatu proses pembelajaran sebelum proses pembelajaran dilangsungkan.
d. Program Muatan Lokal
Direncanakan/ dikembangkan dan dilaksanakannya oleh Guru Pengajar Muatan Lokal dan Kerajinan Tangan/ Kesenian pengembangan kompetensi praktis daerah yang diharapkan dapat dimanfaatkan oleh santriawati secara praktis dalam kehidupannya di masyarakat.
e. Pelaksanaan Program
Dilaksanakannya program pengajaran dengan memanfaatkan buku paket, buku pelengkap dan sumber pustaka, dengan guru dan santriawati memiliki buku pegangan dan bank soal yang dimanfaatkan menunjang proses secara maksimal.
f. Program Remedial dan Pengayaan
Terlaksananya remedial dan pengayaan per mata pelajaran dengan analisis dari hasil pengamatan, Proses Pembelajaran, wawancara dengan guru dan dukomentasi untuk memaksimalkan upaya layanan akademis kepada santriawati .
g. Ekstra Kurikuler
Terlaksananya kegiatan ekstra yang variatif dan dapat menunjang pembinaan santriawati dalam rangka pencapaian tujuan penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran madrasah, dengan tetap tidak mengurangi kegiatan tatap muka terstruktur dipagi hari, baik dari segi kualitas maupun intensitasnya.
h. Metode Mengajar
Dapat ditetapkan dan dilaksanakannya oleh para tenaga pendidik metode mengajar yang variatif, dalam rangka menciptakan suasana pembelajaran yang bergairah/ tanpa beban dan memaksimalkan pencapaian tujuan pembelajaran.

i. Media/ Alat Bantu
Dapat ditetapkan dan digunakannya oleh para tenaga pendidik media instruksional yang variatif, dalam rangka menciptakan suasana pembelajaran yang bergairah/ tanpa beban, meminimalisir verbalisme dan penguatan penguasaan kompetensi santriawati serta memaksimalkan pencapaian tujuan pembelajaran.
j. Penilaian
Terlaksananya penilaian secara valid yang dilanjutkan dengan melakukan analisa terhadap hasil penilaian itu, serta memanfaatkan hasilnya dalam program tindak lanjut, baik bagi guru yang bersangkutan, bagi santriawati , orang tua santriawati , guru konselor dan penilaian mata pelajaran serta kelembagaan.
k. Pencapaian Target Kurikulum
Mengupayakan pencapaian target kurikulum secara maksimal untuk semua mata pelajaran dengan kendali monitoring pencapaian target secara berkala dan kontinyu.
l. Hasil Belajar
Memaksimalkan pencapaian hasil belajar yang ditandai dengan penampilan/ minat santriawati yang tinggi dan dibuktikan dengan tingginya daya serap yang dituangkan dengan bukti dukomentasi.
m. Pelaksanaan BP/ BK/ BA
Dilaksanakannya dengan berencana bimbingan belajar individual dan kelompok serta bimbingan karier untuk memaksimalkan layanan pembinaan akademis, mental dan karier yang akan dijalani santriawati di masa datang.
n. Pelaksanaan Program Perpustakaan
Dipenuhinya standarisasi kelengkapan sumber pustaka, layanan pustaka yang baik dan ramah dengan tetap tidak mengesampingkan proses pencatatan peminjaman, serta memaksimalkan pemanfaatannya dalam pembelajaran, untuk menunjang proses pelaksanaan kurikulum madrasah.
E. KESANTRIAWATI AN
a. Minat Calon Santriawati Baru
Terciptanya peningkatan minat calon santriawati baru untuk masuk, dengan senantiasa meningkatkan mutu layanan dan performa madrasah dan upaya sosialisasi tentang keberadaan dan program madrasah, yang dapat dilihat pada bukti peningkatan pendaftar dibanding tahun sebelumnya.

b. Penerimaan Santriawati Baru
Terciptanya penerimaan santriawati baru yang terencana, sesuai aturan, selektif dan transparan, dengan dukungan data yang dapat dipertanggungjawabkan dengan baik dan mudah.
c. Ketertiban
Terciptanya kesadaran warga madrasah terhadap perangkat tata aturan yang berlaku di madrasah, yang ditunjukkan dengan berprosesnya pendidikan dan pengajaran secara baik dan dinamis dan rendahnya tingkat pelanggaran terhadap tata aturan yang berlaku di madrasah.
d. Studi Lanjut Lulusan
Senantiasa terjadi peningkatan yang signifikan pada santriawati lulusan di setiap tahun untuk melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi dengan pola variatif yang signifikan pula.
e. Kehadiran Santriawati
Rendahnya tingkat ketidakhadiran santriawati baik dalam kegiatan terstruktur atau pun kegiatan ekstra, dibuktikan dengan dukomentasi absensi yang diisi secara teratur.
f. Kenaikan Kelas
Rendahnya tingkat ketidak naikan kelas sebagai hasil senantiasa mengupayakan peningkatan kuantitas dan kualitas layanan pendidikan pada santriawati .
g. Kelulusan
Tingginya tingkat kelulusan kelas sebagai hasil senantiasa mengupayakan peningkatan kuantitas dan kualitas layanan pendidikan pada santriawati
h. Prestasi Santriawati
Mengupayakan peningkatan prestasi santriawati dengan senantiasa mengupayakan pembinaan prestasi mereka dalam bidang studi dan ilmiah (akademik), kesenian, olah raga, keterampilan serta keagamaan, yang ditandai salah satunya dengan banyaknya kejuaraan yang diperoleh oleh mereka.
i. Nilai Murni UAN
Mengupayakan peningkatan nilai murni UAN setiap tahun secara signifikan, dengan senantiasa secara intensif dan kontinyu mengadakan pembinaan kepada para santriawati kelas XII
F. SARANA PRASARANA
a. Tanah/ Lahan
Mengupayakan perluasan dan penambahan tanah/ lahan dengan dilengkapi bukti kepemilikan lengkap yang sah, yang menjadi dasar utama utama untuk pengembangan madrasah kedepan.
b. Gedung
Mengupayakan gedung/ prasarana layanan utama (akademik) dan layanan penunjang madrasah yang lengkap dan permanen, sesuai dengan rasio kebutuhan real madrasah.
c. Perabotan/ Peralatan Ruang
Tersedianya perabotan/ peralatan ruang, baik berupa mebelieu, perlengkapan KBM, maupun atribut pengembangan integritas diniyah dan loyalitas nasional di kalangan warga madrasah.
d. Ruang Serba Guna
Tersedianya ruang serba guna yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan yang memerlukan daya tampung luas, yang memang kegiatan itu dapat menunjang pembinaan wawasan, pengetahuan, keterampilan dan sikap/ mental peserta didik dan warga madrasah.
e. Ruang Kamad
Tersedianya ruang kamad yang memenuhi standard baik dari segi ukuran maupun kualitas
f. Ruang Guru
Tersedianya ruang guru yang memenuhi standard baik dari segi ukuran maupun kualitas sesuai dengan rasio jumlah guru.
g. Ruang Tata Usaha
Tersedianya ruang ketata usahaan yang memenuhi standard baik dari segi ukuran maupun kualitas, sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan melakukan berbagai aktifitas ketatausahaan serta layanan administrasi.
h. Mushalla
Tersedianya Mushalla yang memenuhi standard baik dari segi kualitas maupun ukuran yang sesuai dengan rasio jumlah warga madrasah, untuk kenyamanan dan kemudahan memberikan layanan pembinaan mental keagamaan dan melaksanakan ibadah bagi kalangan warga madrasah.

i. Ruang UKS
Tersedianya Ruang UKS yang memenuhi standard baik dari segi kualitas maupun ukuran untuk kenyamanan dan kemudahan memberikan layanan pertolongan pertama dan pembinaan kebiasaan hidup sehat khususnya di kalangan santriawati dan secara umum di kalangan warga madrasah.
j. Ruang Perpustakaan
Adanya ruang perpustakaan yang memenuhi standard baik dari segi kualitas maupun ukuran untuk kenyamanan dan kemudahan memberikan layanan pustaka bagi semua warga sekolah, yang dilengkapi dengan sumber pustaka yang refresentatif dapat menunjang pencapaian tujuan pendidikan dan pengajaran di madrasah.
k. Gudang Perabotan
Dimilikinya gudang yang memenuhi standard baik dari segi kualitas maupun ukuran untuk penyimpanan perabotan sekolah baik yang dimanfaatkan dan atau menyimpan perabotan yang rusak dan dimungkinkan untuk diperbaiki kembali.
l. Kondisi Tanah/ Gedung/ Ruang
Senantiasa terawatnya sanitasi, keindahan, kerindangan dan kebersihan halaman, lapangan Olah Raga, kebersihan dan keindahan gedung dan ruangan sekolah, yang ditujukan untuk dapat m,enimbulkan kebetahan bagi seluruh warga madrasah.
m. WC/ Kamar Mandi
Tersedianya WC/ Kamar Mandi yang memenuhi standard baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya sesuai dengan rasio jumlah warga madrasah.
n. Laboraturium
Tersedianya Laboraturium yang memenuhi standard baik dari segi kualitas maupun ukuran yang sesuai lengkap dengan peralatannya, untuk kenyamanan dan kemudahan memberikan layanan pengajaran dasar-dasar pengembangan IPTEK di kalangan santriawati .
o. Ruang Praktek Keterampilan
Tersedianya Ruang Praktek Keterampilan yang memenuhi standard baik dari segi kualitas maupun ukuran yang sesuai lengkap dengan peralatannya, untuk kenyamanan dan kemudahan memberikan layanan pengajaran dan pengembangan keterampilan hidup bagi santriawati .

p. Ruang BP/ BK/ BA
Tersedianya Ruang BP/ BK/ BA yang memenuhi standard baik dari segi kualitas maupun ukuran yang sesuai lengkap dengan peralatannya, untuk kenyamanan dan kemudahan memberikan layanan BP/BK/BA bagi kalangan santriawati .
q. Gudang Peralatan
Dimilikinya gudang peralatan yang memenuhi standard baik dari segi kualitas maupun ukuran untuk penyimpanan peralatan madrasah baik yang dimanfaatkan dan atau menyimpan peralatan yang rusak dan dimungkinkan untuk diperbaiki kembali.
r. Kantin/ Toko/ Koperasi
Dimilikinya Kantin/ Toko/ Koperasi yang memenuhi standard baik dari segi kualitas maupun ukuran untuk pemenuhan kebutuhan pokok selama melakukan aktivitas di madrasah bagi kalangan madrasah sekaligus sebagai sarana untuk meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh tenaga kependidikan dan pendidikan dasar kewirausahaan bagi kalangan santriawati .
G. SITUASI UMUM
a. Suasana Keagamaan
a. Tersedianya mushalla dan tempat wudhu memenuhi standard baik dari segi kualitas maupun ukuran sesuai dengan kebutuhan warga madrasah serta gambar dan peralatan islami di ruang-ruang belajar dan ruang lainnya, yang dapat dimanfaatkan untuk pembinaan mental dan integritas keagamaan santriawati dan warga madrasah.
b. Terselenggaranya tadarus, shalat berjamaah secara teratur, pengkajian keislaman, peringatan hari-hari besar Islam, pergaulan yang islami dan motivasi kegiatan / kreativitas yang islami di kalangan warga madrasah.
b. Keamanan
a. Tersedianya pagar pengaman madrasah, sehingga memberikan keamanan, kenyamanan dan ketenteraman warga madrasah dalam melakukan berbagai aktivitas akademik di dalam lingkungan madrasah.
b. Berfungsinya penjaga madrasah secara baik dan aktif, sehingga dengan perannya turut memberikan keamanan, kenyamanan dan ketenteraman warga madrasah dalam melakukan berbagai aktivitas akademik di dalam lingkungan madrasah
c. Kebersihan
Tersedianya sarana dan prasarana kebersihan serta terciptanya lingkungan/ budaya bersih di kalangan dan lingkungan madrasah
d. Ketertiban
Terciptanya budaya tertib di kalngan warga madrasah sesuai dengan tata aturan dan tata tertib yang berlaku di madrasah
e. Keindahan dan Kerindangan
Terciptanya halaman dan lingkungan madrasah yang bersih, indah dan rindang yang membawa kedamaian dan kebetahan bagi semua warga sivitas madrasah.
f. Kekeluargaan
Terciptanya hubungan yang harmonis dan agamis antara intern semua warga sivitas madrasah, antrara warga madrasah dengan warga disekitar madrasah.

Responses

  1. penjelasan kurikulum lumayan panjang tapi saya kok ga dapat gambaran kurikulum yang digunakan kurikulum apa. apakah kurikulum pemerintah diambil secara murni, atau ada adaptasi sesuai misi visi sekolah?
    sorry kalau ternyata udah dibahas di atas dan saya yang melewatkannya🙂

  2. Kurikulum MA NIPI Rakha Amuntai sekarang adalah KTSP dengan dasar penyusunan analisis Balance Score Card (BSC). Dengan KTSP ini MA NIPI Rakha Amuntai Insya Allah akan tetap dapat mempertahankan roh pondok, dan dengan KTSP yang pendekatan pembeljarannya berbasis Kompetensi ini, kami berharap betul-betul dapat mengembangkan Ability santriawati (Ilmu, Amal dan Akhlak) sehingga mereka belajar di sini adalah untuk hidup mereka di masa depan. Smoga Allah senantiasa memberi petunjuk dalam mewujudkan ini, amien.

  3. bahasa pengantar di sekolah apa ya, pak? bahasa indonesia? bahasa arab? bahasa inggris? ga dicantumkan adanya aplikasi bahasa asing di dalam penjelasan di atas.

    sorry nih pak kalau nanya2 terus. saya memang kerap mengunjungi web atau blog sekolah berbasis agama. jika suatu hari nanti saya memiliki cukup uang dan kemampuan membangun sekolah, saya dan putra saya bermimpi membangun sekolah berbasis agama dengan fasilitas mesjid yang giat meningkat syiar islam. makanya saya sok nanya2 terus.

    kalau rada bosan dengan kehadiran saya, besok2 saya datang tapi ga ngasih komentar deh.

  4. Pembinaan bahasa lebih menjurus ke arah pengusaan bahasa arab dan kitab kuning
    Semoga jalan menuju cita-cita Bapak dan keluarga dibukakan dan dimudahkan oleh Allah SWT


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: