Kurikulum

Bab 1
Pendahuluan
A. Latar Belakang
Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)
Pengembangan KTSP yang mengacu pada standar nasional pendidikan dimaksudkan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar Nasional Pendidikan terdiri atas :
1. Standar isi
2. Standar proses
3. Standar Kompetensi Lulusan
4. Standar Pendidik dan Kepedidikan
5. Standar sarana dan prasarana
6. Standar pengelolaan
7. Standar pembiayaan
8. Standar penilaian pendidikan
Dua dari delapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.
Untuk memenuhi amanat Undang-undang tersebut di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan nasional pada umumnya serta tujuan pendidikan madrasah pada khususnya, MA NIPI RAKHA Amuntai sebagai lembaga pendidikan tingkat satuan pendidikan menengah memandang perlu untuk mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), yang akan menjadi acuan pelaksanaan pendidikan di MA NIPI Rakha Amuntai.
B. Tujuan Pengembangan KTSP
KTSP MA Nipi Rakha Amuntai ini disusun, dengan tujuan :
1. Melaksanakan amanat dalam UU 20/2003 dan ketentuan PP 19/2005 dengan berpegang pada prinsip dan langkah pengembangan KTSP yang digariskan BSNP
2. mengakomodasi kebutuhan lokal dan regeonal dengan tetap mengedepankan kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
3. Dapat memberi kesempatan peserta didik untuk mengembangkan dirinya menjadi Insan yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, dengan penuh penghayatan dan pemahaman yang mantap.
4. Dapat memberi kesempatan peserta didik untuk mengembangkan ilmu yang berpadu dengan sikap dan amaliyahnya
5. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi pembelajaran bagi peserta didik.
6. Mengembangkan belajar peserta didik untuk belajar hidup bersama dan menjadikan hidupnya berguna untuk orang lain
7. Mengembangkan pembelajaran yang ditujukan untuk membangun dan menemukan jati diri peserta didik melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
C. Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
KTSP MA NIPI Rakha Amuntai dikembangkan sesuai dengan relevansinya oleh MA NIPI Rakha Amuntai di bawah koordinasi dan supervisi kantor Departemen Agama Kabupaten Hulu Sungai Utara dengan mengacu pada SI dan SKL dan berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP, serta memperhatikan pertimbangan Yayasan PP Rakha Amuntai.
KTSP MA NIPI Rakha Amuntai dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut:
1. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
KTSP MA NIPI ini dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan. Memiliki posisi sentral berarti kegiatan pembelajaran berpusat pada peserta didik.
2. Beragam dan terpadu
KTSP MA NIPI ini dikembangkan dengan memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik, kondisi daerah, jenjang dan jenis pendidikan, serta menghargai dan tidak diskriminatif terhadap perbedaan agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan jender. Kurikulum meliputi substansi komponen muatan wajib kurikulum, muatan lokal, dan pengembangan diri secara terpadu, serta disusun dalam keterkaitan dan kesinambungan yang bermakna dan tepat antarsubstansi.
3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
KTSP MA NIPI ini dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berkembang secara dinamis. Oleh karena itu, semangat dan isi kurikulum memberikan pengalaman belajar peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
4. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
Pengembangan KTSP MA NIPI ini dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha dan dunia kerja. Oleh karena itu, pengembangan keterampilan pribadi, keterampilan berpikir, keterampilan sosial, keterampilan akademik, dan keterampilan vokasional merupakan keniscayaan.
5. Menyeluruh dan berkesinambungan
Substansi KTSP MA NIPI ini mencakup keseluruhan dimensi kompetensi, bidang kajian keilmuan dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan antarsemua jenjang pendidikan.
6. Belajar sepanjang hayat
KTSP MA NIPI ini diarahkan kepada proses pengembangan, pembudayaan, dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat. Kurikulum mencerminkan keterkaitan antara unsur-unsur pendidikan formal, nonformal, dan informal dengan memperhatikan kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berkembang serta arah pengembangan manusia seutuhnya.
7. Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah
KTSP MA NIPI ini dikembangkan dengan memperhatikan kepentingan nasional dan kepentingan daerah untuk membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kepentingan nasional dan kepentingan daerah harus saling mengisi dan memberdayakan sejalan dengan motto Bhineka Tunggal Ika dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bab 2
Arah Pengembangan
MA NIPI Rakha Amuntai
A. Visi Misi MA NIPI RAKHA Amuntai
Memahami akan tugas dan fungsi Madrasah sebagai lembaga pengemban amanat umat Islam dibidang pendidikan dan berupaya merespon harapan para orang tua santri/santriawati, santri/santriawati, stake holder dan masyarakat pada umumnya serta menyadari akan posisi madrasah dalam Sistem Pendidikan Nasional, maka MA NIPI RAKHA Amuntai menetapkan visi dan misi sebagai berikut :
VISI :
Menjadi pusat pembinaan pribadi sholehah dan mushlihah menjadi imamul Muttaqin ; memahami, akrab dan terbiasa dengan nilai-nilai Islam dan mampu menghadapi tantangan kehidupan global
MISI :
• Mengantarkan santri/santiawati memiliki kemantapan akidah dan kedalaman spritual, keluruhan akhlak, keluasan ilmu dan kemandirian;
• Memberikan pelayanan terhadap penggalian ilmu pengetahuan pada umumnya dan khususnya ilmu tentang Islam, teknologi dan kesenian;
• Memberikan ketauladanan dalam kehidupan atas dasar nilai-nilai Islam dan budaya luhur bangsa Indonesia.
Visi tersebut di atas mencerminkan cita-cita MA NIPI RAKHA Amuntai yang berwawasan ke Islaman dan harus berjalan berbanding lurus dengan kemapanan dan keunggulan sains dengan berbagai keterampilannya agar kelak para santri/santriawati Madrasah menjadi manusia yang taqwa, berpengetahuan luas, terampil yang selanjutnya mampu hidup mandiri, bertanggung jawab serta mampu mengabdikan dirinya untuk agama, bangsa dan negaranya.
B. Tujuan Madrasah
1. Tujuan Umum Madrasah
Penyelenggaraan Pendidikan dan Pengajaran di MA NIPI RAKHA Amuntai bertujuan untuk :
a. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik, profesional dan berakhlak mulia yang memiliki dasar-dasar yang kuat dalam penerapan dan pengembangan Agama Islam dan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian yang berdasarkan nilai-nilai Islam.
b. Memiliki dasar yang kuat untuk dapat memajukan dan mengembangkan Agama Islam dan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian untuk pembangunan masyarakat dan negara Republik Indonesia yang berfalsafah Pancasila dan berdasarkan UUD 1945.
2. Tujuan Khusus (Program Kerja 2009-2013)
Program Kerja jangka menengah 2009-2013 MA NIPI RAKHA Amuntai bertujuan :
a. Membiasakan madrasah menyusun rencana kerja peningkatan kinerja dan layanan madrasah
b. Proses pembelajaran bagi warga madrasah agar mampu menganalisis kebutuhan akan peningkatan mutu madrasah sesuai dengan kondisi dan kemampuan madrasah
c. Mendapatkan dana baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah dan donatur
d. Menggali partisipasi masyarakat untuk keterlaksanaan program madrasah
C. Analisis SWOT MA NIPI Rakha Amuntai
ANALISIS SWOT KONDISI SAAT INI

Sasaran dan faktornya

Kriteria Kesiapan
(Kondisi Ideal)

Kondisi Nyata Tingkat Kesiapan
Faktor
Ya Tdk
I. Kurikulum dan Pembelajaran
A Faktor Internal
1 Madrasah mengembangan kurikulum mengacu pada kurikulum nasional 81% – 100% 41% – 60% X
2 Madrasah memiliki buku kompetensi dasar dan hasil belajar untuk semua jenis mata pelajaran 81% – 100% 41% – 60% X
3 Madrasah mengembangkan kurikulum sesuai kebutuhan Selalu Kadang-kadang X
4 Madrasah mengembangkan nilai-nilai keislaman sebagai ciri khasnya Selalu Selalu X
5 Madrasah melakukan semua mata pelajaran yang ditetapkan pemerintah sesuai Kurikulum Nasional 81% – 100% 41% – 60% X
6 Madrasah melaksanakan kurikulum muatan lokal sesuai kebutuhan madrasah Melaksanakan kebutuhan lokal + kab/kota+propinsi Melaksanakan kebutuhan lokal X
7 Madrasah memiliki perangkat pembelajaran 81% – 100% 21% – 40% X
8 Madrasah melakukan kegiatan intra dan ekstra kurikuler Terlaksana dan terprogram Terlaksana dan terprogram X
9 Madrasah memiliki kalender pendidikan sebagai dasar penyusunan kegiatan pendidikan Sesuai sekali Agak Sesuai X
10 Guru membuat program semester dan program tahunan 81% – 100% 41% – 60% X
11 Guru mengembangkan silabus yang memuat rumusan kompetensi dasar, materi pokok, indikator hasil belajar, pengalaman belajar dan evaluasi, mengacu pada standard kurikulum nasional 81% – 100% 41% – 60% X
12 Guru mengembangkan RPP berdasarkan silabus 81% – 100% =96% 91-95% X
37 Rata-rata kehadiran tenaga administrasi sesuai dengan standar pelayanan minimal >=96% >=96% X
38 Rata-rata kehadiran siswa di madrasah sesuai dengan standar pelayanan minimal >=96% >=96% X
39 Guru menggunakan teknik evaluasi berbasis kompetensi 81% – 100% 21% – 40% X
40 Guru mengembalikan hasil pekerjaan yang telah diperiksa kepada siswa 81% – 100% 41% – 60% X
41 Guru melakukan pembahasan bersama siswa mengenai hasil evaluasi yang dilakukan 81% – 100% 41% – 60% X
42 Guru melaporkan keberhasilan dan kesulitan belajar siswa kepada kepala madrasah 81% – 100% 41% – 60% X
43 Guru memiliki buku nilai atau yang sejenis untuk mencatat pencapaian kompetensi dasar dan atau evaluasi portofolio dalam konteks pencapaian standar kompetensi 81% – 100% 81% – 100% X
44 Guru memiliki catatan prestasi non akademik 81% – 100% 21% – 40% X
45 Madrasah menyampaikan hasil pencapaian standar kompetensi siswa kepada orang tua / wali Selalu Selalu X
46 Rata-rata ketuntasan pencapaian standar kompetensi untuk semua mata pelajaran sesuai dengan standar pelayanan minimal 81-100% 65-69% X
47 Guru melakukan analisis ketercapaian standar kompetensi pada setiap akhir semester dan atau akhir tahun berdasarkan perencanaan semester / tahunan 81% – 100% 21% – 40% X
48 Madrasah dan komite madrasah melakukan analisis ketercapaian kompetensi lulusan Selalu Kadang-kadang X
49 Guru bersama kepala madrasah melakukan upaya peningkatan ketercapaian kompetensi bahan ajar Selalu Kadang-kadang X
B Faktor External
1 Buku Kompetensi Dasar Lengkap Sebahagian X
2 Buku Pelajaran dan referensi Lengkap Sebahagian X
3 Buku standard isi Lengkap Sebahagian X
4 Kalender Pendidikan Ada Ada X
5 Laboraturium Bahasa Lengkap Lengkap X
6 Laboraturium Biologi Lengkap Lengkap X
7 Laboraturium Fisika Lengkap Lengkap X
8 Laboraturium Kimia Lengkap Lengkap X
9 Perpustakaan Lengkap Sangat Kurang X
10 Sistem Full day school Terlaksana dan terprogram Terlaksana dan terprogram X
11 Sumber Belajar dan Media Lengkap Sangat Kurang X
12 Ada 2 PT di lingkungan Madrasah dimanfaatkan maks Belum Maks X
II. Kepemimpinan dan Manajemen Madrasah
A Faktor Internal
1 Madrasah memiliki rencana induk pengembangan dan rencana strategis madrasah RIPM, Renstra dan Program tahunan dilaksanakan sesuai prioritas RIPM & Renstra X
2 Madrasah menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja madrasah setiap tahun berdasarkan perencanaan jangka panjang atau menengah Dibuat oleh Kepala, Guru & Komite Madrasah Dibuat Kepala Madrasah & Guru X
3 Madrasah melibatkan komite madrasah atau organisasi sejenis dan atau yayasan dalam menyusun RAPBM Selalu Kadang-kadang X
4 Madrasah mengembangkan prinsip kemitraan dalam pengelolaan/manajemen madrasah Sesuai sekali Agak Sesuai X
5 Dalam program perencanaan jangka panjang, menengah, dan tahunan, madrasah memberikan prioritas pada kegiatan yang terkait langsung dengan peningkatan mutu Sesuai sekali Agak Sesuai X
6 Madrasah melibatkan guru senior dalam pelaksanaan supervisi internal Selalu Kadang-kadang X
7 Madrasah memiliki program tindak lanjut supervisi internal Terprogram dan dilaksanakan seluruhnya Terprogram dan dilaksanakan sebagaia n X
8 Madrasah memiliki peraturan untuk memberikan penghargaan dan sanksi bagi warga madrasah yang taat atau melanggar tata tertib Memiliki dan melaksanakan penghargaan dan sangsi Aturan pemberian sangsi & penghargaan X
9 Madrasah mengupayakan perbaikan mutu dengan melakukan perbandingan dengan lembaga pendidikan sejenis Selalu Sering X
10 Madrasah memiliki program ketatalaksanaan memadai sekali Agak memadai X
11 Madrasah memiliki sarana penunjang kegiatan ketatalaksanaan Ada, lengkap dan teratur Ada, lengkap dan agak teratur X
12 Madrasah mencatat dan mengarsip surat masuk dan surat keluar Ada, lengkap dan teratur Ada, lengkap dan agak teratur X
13 Madrasah memiliki catatan kasus, dan sejenisnya (buku administrasi layanan bimbingan dan konseling) Ada, lengkap dan teratur Ada, lengkap dan agak teratur X
14 Madrasah memiliki catatan tentang pengaduan, keluhan, masukan, kritik dan saran dari orang tua dan masyarakat Ada, lengkap dan teratur Tidak lengkap X
15 Madrasah memiliki data siswa Ada, lengkap dan teratur Ada, lengkap dan agak teratur X
16 Madrasah memiliki data lulusan 3 tahun terakhir Ada, lengkap dan teratur Ada, lengkap dan agak teratur X
17 Madrasah memiliki data pendaftaran 3 tahun terakhir Ada, lengkap dan teratur Ada, lengkap dan agak teratur X
18 Madrasah memiliki data yang diterima sebagai siswa 3 tahun terakhir Ada, lengkap dan teratur Ada, lengkap dan agak teratur X
19 Madrasah memiliki data putus sekolah 3 tahun terakhir Ada, lengkap dan teratur Ada dan agak lengkap tapi tak teratur X
20 Madrasah memiliki data mutasi siswa 3 tahun terakhir Ada, lengkap dan teratur Ada dan agak lengkap tapi tak teratur X
21 Madrasah memiliki dokumen ketatalaksanaan Ada, lengkap dan teratur Ada, lengkap dan agak teratur X
22 Madrasah memiliki daftar inventaris sarana dan prasarana Ada, lengkap dan teratur Ada, lengkap dan agak teratur X
23 Madrasah memiliki buku administrasi dan keuangan Ada, lengkap dan teratur Ada, lengkap dan agak teratur X
24 Madrasah memiliki buku administrasi ketenagaan Ada, lengkap dan teratur Ada, lengkap dan agak teratur X
25 Madrasah memiliki buku induk atau perangkat lain yang fungsinya sama Ada, lengkap dan teratur Ada, lengkap dan agak teratur X
26 Madrasah menggunakan sistem informasi manajemen Ada, lengkap dan teratur Ada dan agak lengkap tapi tak teratur X
B. Faktor External
1 Sumber Keuangan Jelas dan Pasti Kurang pasti X
2 Yayasan Ada dan berfungsi Ada dan berfungsi X
3 Lembaga Steacholder Sangat Banyak Ada,tidak banyak X
4 Peralatan SIM Lengkap Sangat Kurang X
5 Guru Senior Banyak Banyak X
6 Peraturan Madrasah Lengkap Lengkap X
7 Lembaga Pendidikan Sejenis Banyak Ada tidak banyak X
8 Sarana Kearsipan Sangat Memadai Ada sebahagian X
III Organisasi dan Kelembagaan Madrasah
A Faktor Internal
1 Madrasah menggunakan prinsip organisasi layanan, dan mengakomodasi kebutuhan madrasah Sesuai sekali Agak Sesuai X
2 Kedudukan guru dalam organisasi madrasah adalah mitra kerja kepala madrasah (pelanggan dalam/internal customer) Mengakomodasi sekali Agak akomodatif X
3 Kedudukan siswa dan orang tua siswa dalam organisasi madrasah adalah pengguna layanan (pelanggan luar / external customer) Sesuai sekali Agak Sesuai X
4 Komite madrasah berfungsi sebagai pengendali peningkatan mutu pendidikan madrasah Sesuai sekali Agak Sesuai X
5 Madrasah memiliki hubungan kelembagaan dengan komite madrasah atau organisasi sejenis Memiliki dan bersinergi Memiliki dan bersinergi X
6 Madrasah memiliki bagan atau struktur organisasi yang lengkap serta uraian tugas pokok dan fungsi pada masing-masing anggota organisasi Ada, lengkap dan teratur Ada, lengkap dan agak teratur X
7 Bagan atau struktur organisasi madrasah disusun sesuai dengan beban kerja dan kebutuhan Sesuai sekali Agak Sesuai X
8 Madrasah memiliki akte pendirian / kelembagaan Memiliki Memiliki X
9 Madrasah memiliki peraturan-peraturan khusus diluar aturan yang dibuat oleh pemerintah dan atau yayasan dalam rangka meningkatan efektifitas pembelajaran Memiliki Memiliki X
10 Madrasah menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan lain dalam suatu daerah atau di luar daerah untuk mengembangkan madrasah Selalu Kadang-kadang X
11 Madrasah melakukan kerja sama dengan lembaga non-kependidikan untuk mengembangkan madrasah Selalu Kadang-kadang X
B Faktor eksternal
1 Organisasi Madasah Ada dan berfungsi Ada dan berfungsi X
2 Komite/ Yayasan Ada dan berfungsi Ada dan berfungsi X
3 Akte Pendirian Ada Ada X
4 PT dimanfaatkan maks Belum Maks X
5 Instansi Terkait (Pembina) Ada dan berfungsi Ada dan berfungsi X
IV. Ketenagaan
A Faktor Internal
1 Madrasah memiliki analisis kebutuhan guru dan tenaga non-guru Ada Ada X
2 Madrasah memiliki program pemenuhan kebutuhan guru Ada dan dilaksanakan Ada dan dilaksanakan sesuai kemampuan X
3 Madrasah memiliki program peningkatan profesionalisme guru Ada dan dilaksanakan Ada dan dilaksanakan sesuai kemampuan X
4 Madrasah memiliki program in house training Ada dan dilaksanakan Ada dan dilaksanakan sesuai kemampuan X
5 Rasio jumlah guru dengan jumlah siswa sesuai dengan standar pelayanan minimal Kurang dari 1:23 1:27 – 1:29 X
6 Jumlah guru yang memiliki kualifikasi sesuai dengan standar pelayanan minimal >=81% 31-55% X
7 Guru mengajar muatan lokal dan atau pilihan memiliki latar belakang pendidikan dan atau keahlian yang sesuai dengan yang diajarkan >=81% 31-55% X
8 Madrasah memiliki tenaga khusus untuk pelayanan bimbingan dan konseling Ada, berkualifikasi dan memadai Ada, tapi tidak sesuai kebutuhan X
9 Jumlah tenaga tata usaha sesuai SPM Ada, berkualifikasi dan memadai Ada tapi kualifikasi tidak sesuai X
10 Madrasah memiliki tenaga khusus untuk melayani perpustakaan Ada, berkualifikasi dan memadai Ada tapi kualifikasi tidak sesuai X
11 Madrasah memiliki tenaga khusus untuk melayani praktikum di laboratorium Ada, berkualifikasi dan memadai Ada tapi kualifikasi tidak sesuai X
12 Madrasah memiliki dokumen tentang pengangkatan tenaga guru dan tenaga administrasi Ada, lengkap dan teratur Tidak memiliki X
13 Madrasah memiliki tenaga khusus untuk menjaga kebersihan Ada, berkualifikasi dan memadai Ada, tapi tidak sesuai kebutuhan X
14 Madrasah memiliki tenaga khusus untuk menjaga keamanan Ada, berkualifikasi dan memadai Ada, berkualifikasi tapi jumlahnya kurang X
15 Madrasah memiliki penjaga madrasah Ada, berkualifikasi dan memadai Ada tapi kualifikasi tidak sesuai i X
16 Madrasah memiliki program penghargaan bagi pegawai yang berprestasi Terprogram dan dilaksanakan seluruhnya Terprogram dan dilaksanakan sebagaian X
B Faktor eksternal
1 Banyak pencari kerja baru Sangat Tersedia sesuai jurusan Tidak cukup tersedia X
2 Yayasan Ada dan berfungsi Ada dan berfungsi X
3 Koordinatorat Dewan Guru Yayasan Ada dan berfungsi Ada dan kurang berfungsi X
4 Instansi Pembina Ada dan berfungsi Ada dan berfungsi X
V. Pendanaan
A Faktor Internal
1 Madrasah memiliki RAPBM membuat lengkap dan jelas Membuat, lengkap tapi kurang jelas X
2 Dalam dua tahun terakhir, madrasah memiliki dana yang memadai untuk mendukung kegiatan operasional Memadai sekali Agak memadai X
3 Penetapan prioritas anggaran secara proporsional Memadai sekali Agak memadai X
4 Madrasah mencari dana tambahan untuk mengembangkan program kegiatan Memadai sekali Agak memadaii X
5 Madrasah mengalokasikan dana untuk program peningkatan mutu madrasah diluar biaya operasional Memadai sekali Agak memadaii X
6 Madrasah menyediakan anggaran untuk program peningkatan kualitas belajar siswa Dialokasikan sesuai dengan kebutuhan 40% [4] 60% X
7 Madrasah menyediakan biaya untuk kegiatan kreativitas siswa Dialokasikan sesuai dengan kebutuhan 40% [4] 60% X
8 Madrasah menyediakan anggaran untuk program peningkatan profesionalisme guru Dialokasikan sesuai dengan kebutuhan 40% [4] 60% X
9 Madrasah menyediakan biaya untuk kegiatan kreativitas guru Dialokasikan sesuai dengan kebutuhan 40% [4] 60% X
10 Madrasah melaksanakan subsidi silang dan beasiswa kepaada siswa yang kurang mampu Dialokasikan sesuai dengan kebutuhan Dialokasikan, 20% dari total kebutuhan X
11 Madrasah mencarikan dana beasiswa untuk siswa berprestasi Selalu Sering X
12 Madrasah menggunakan PPBS (Planning Programming Budgeting System) Selalu Kadang-kadang X
13 Penyusunan RPBM melibatkan guru, tata usaha dan komite madrasah Selalu Sering X
14 Madrasah mengalokasikan anggaran untuk jam mengajar guru Dialokasikan sesuai dengan kebutuhan Dialokasikan sesuai dengan kebutuhan X
15 Madrasah mengalokasikan pengeluaran anggaran di luar gaji guru dan atau pegawai Dialokasikan sesuai dengan kebutuhan 40% [4] 60% X
16 Pelaksanaan APBM sesuai dengan perencanaan dan sesuai ketentuan Sesuai sekali Agak Sesuai X
17 Pemasukan biaya pendidikan berjalan lancar dan teratur Selalu Kadang-kadang X
18 Pengelolaan keuangan madrasah dilaksanakan secara benar, teratur dan dilaporkan kepada yayasan dan atau pemerintah Selalu Selalu X
19 Madrasah menggunakan prinsip pengontrolan yang built-in (terpadu) dalam prosedur dan mekanisme membuat lengkap dan jelas membuat lengkap dan jelas X
20 Laporan keuangan akhir tahun madrasah disampaikan ke Yayasan, Komite Madrasah, dan orang tua secara terbuka Selalu Selalu X
21 Proses penerimaan siswa baru dilakukan secara adil dan terbuka Sesuai sekali Sesuai sekali X
22 Jumlah siswa yang mendaftar pada tahun terakhir lebih dari jumlah siswa yang diterima Melebihi daya tampung Melebihi daya tampung X
23 Angka putus sekolah (drop out) di madrasah kurang dari 5% Kurang dari 5% Kurang dari 5% X
24 Tingkat kelulusan siswa lebih dari 95% Lebih dari 95% 91-95% X
25 Jumlah siswa yang melanjutkan ke pendidikan ke Perguruan Tinggi jurusan Sains dan Teknologi Lebih dari 35% Lebih dari 35% X
26 Madrasah mengirimkan siswa pada berbagai perlombaan Selalu Sering X
27 Madrasah memiliki program pengembangan minat, bakat, dan atau kreatifitas siswa Terprogram dan dilaksanakan seluruhnya Terprogram dan dilaksanakan sebagaian X
28 NM atau sejenis memiliki program kegiatan Memiliki, aktif dan sesuai dengan ketentuan Memiliki, aktif dan sesuai dengan ketentuan X
29 Madrasah membuat program layanan bimbingan dan konseling sebagai kebutuhan siswa Terprogram dan dilaksanakan seluruhnya Terprogram dan dilaksanakan sebagaian X
30 Rata-rata nilai ujian nasional di atas 6.0 >= 6.1 5.76 – 6.0 X
31 Madrasah memiliki prestasi non-akademik siswa di berbagai bidang terutama keterampilan Selalu Sering X
32 Jumlah siswa yang lulus pada tahun terakhir dibandingkan dengan jumlah siswa pada saat diterima lebih dari 95% Lebih dari 95% 91-95% X
33 Sebagian besar siswa yang lulus pada tahun terakhir melanjutkan studi ke pendidikan yang lebih tinggi yang terakreditasi ebih dari 35% 25-30% X
34 Jumlah siswa yang berkelakuan negatif relatif relatif tidak ada 0% 1-2% X
B Faktor eksternal
1 Yayasan Ada dan berfungsi Ada dan berfungsi X
2 Instansi Pemerintah Ada dan Mendukung Ada dan mendukung dalam porsi kecil X
3 Pemda HSU Ada dan Mendukung Ada dan mendukung dalam porsi kecil X
4 Donator Tidak Tetap Banyak sekali Ada tapi kecil X
VII Peran Yayasan
A Faktor Internal
1 Madrasah melibatkan orang tua / wali siswa dalam menyusun perencanaan program madrasah Selalu Sering X
2 Madrasah melibatkan orang tua / wali siswa dalam pelaksanaan program peningkatan mutu Selalu Kadang-kadang X
3 Madrasah memiliki komite/ yayasan madrasah yang dibentuk atas dasar kesadaran semua pihak yang berkepentingan Sesuai sekali Sesuai sekali X
4 Madrasah melibatkan komite/yayasan madrasah dalam menyusun perencanaan program untuk efektifitas pembelajaran Selalu Kadang-kadang X
5 Madrasah melibatkan komite madrasah dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran Selalu Kadang-kadang X
6 Madrasah melaporkan pelaksanaan program kepada orang tua / wali siswa, komite madrasah Selalu Sering X
7 Komite madrasah memfasilitasi hubungan kerja dalam pengembangan madrasah dengan masyarakat Selalu Kadang-kadang X
8 Tokoh agama mendukung pembangunan madrasah di wilayahnya Selalu Kadang-kadang X
B Faktor eksternal
1 Yayasan Ada dan berfungsi Ada dan berfungsi X
2 Lingkungan Agamis Sangat Agamis Sangat Agamis X
3 Tokoh Agama Banyak sekali dan sangat membantu Banyak dan bantuan relatif kecil X
VIII Lingkungan dan Budaya Madrasah
A FAKTOR INTERNAL
1 Madrasah melaksanakan program kebersihan ruang kelas dengan prosedur dan jadwal yang ditetapkan Selalu Kadang-kadang X
2 Madrasah melaksanakan program kebersihan lingkungan madrasah dengan prosedur dan jadwal yang ditetapkan Selalu Sering X
3 Madrasah melaksanakan program keamanan dengan prosedur dan jadwal yang ditetapkan Selalu Sering X
4 Madrasah memiliki pagar Sekeliling madrasah di pagar hanya 50% X
5 Madrasah melaksanakan program keindahan lingkungan dengan prosedur dan jadwal yang ditetapkan Selalu Kadang-kadang X
6 Madrasah memiliki program pembekalan untuk siswa agar dapat bekerja di dunia usaha / Industri Ada dan didukung oleh seluruh warga madrasah Ada dan didukung sebagian besar X
7 Madrasah memenuhi persyaratan kesehatan Sangat Memenuhi Memenuhi X
8 Madrasah melaksanakan program ketertiban Selalu Sering X
9 Madrasah membiasakan disiplin berpakaian yang Islami Selalu Selalu X
10 Madrasah menyelenggarakan kegiatan untuk meningkatkan pembiasaan belajar bagi warga madrasah, seperti diskusi, tukar informasi, dan sejenisnya Selalu Sering X
11 Madrasah menerapkan budaya islami yang menjadi ciri khas madrasah Selalu Sering X
12 Madrasah memberikan tuntunan kepada warga madrasah untuk beribadah secara kaafah Selalu Sering X
13 Madrasah membangun hubungan yang harmonis sesama warga madrasah Selalu Sering X
14 Madrasah membangun hubungan yang harmonis dengan masyarakat sekitar Selalu Sering X
15 Madrasah memiliki program dalam rangka menjalin hubungan dengan alumni Selalu Sering X
16 Madrasah melaksanakan program ibadah sosial Selalu Sering X
17 Madrasah menyelenggarakan kegiatan untuk meningkatkan pembiasaan belajar bagi warga madrasah, seperti diskusi, tukar informasi dan sejenisnya Selalu Kadang-kadang X
18 Asrama dari madrasah menyelenggarakan pendalaman materi pelajaran secara bersama dibimbing guru Selalu Kadang-kadang X
19 Asrama dari madrasah menyelenggarakan pembentukan insan muslim yang berkarakter Selalu Sering X
B Faktor eksternal
1 Petugas Kebersihan Ada dan berfungsi Ada dan berfungsi X
2 Struktur Kebersihan Intern Ada dan berfungsi Ada dan berfungsi X
3 Pagar Sekolah Ada dan berfungsi Ada dan berfungsi X
4 Pusat Kesehatan Santri Ada dan berfungsi Ada dan berfungsi X
5 Pusat Layanan Kesehatan Pesantren Ada dan berfungsi Ada dan belum berfungsi X
6 Satpam Ada dan berfungsi Ada dan berfungsi X
7 Wakar Ada dan berfungsi Ada dan berfungsi X
8 IKA Rakha Ada dan berfungsi Ada dan fungsinya belum maks X
9 Asarama Ada dan Cukup Ada dan belum Cukup X
IX Sarana Prasarana
A Faktor Internal
-1 Keberadan Sarana Prasarana
1 Ruang Kelas memadai, digunakan & dipelihara maks Sebagian memadai, digunakan & dipelihara maks X
2 Laboratorium Fisika lengkap, digunakan & dipelihara maks hampir lengkap, digunakan & dipelihara belum maks X
3 Laboratorium Biologi lengkap, digunakan & dipelihara maks hampir lengkap, digunakan & dipelihara belum maks X
4 Laboratorium Kimia lengkap, digunakan & dipelihara maks hampir lengkap, digunakan & dipelihara belum maks X
5 Laboratorium Bahasa Cukup, digunakan & dipelihara maks hampir lengkap, digunakan & dipelihara belum maks X
6 Laboratorium Komputer Cukup, digunakan & dipelihara maks hampir lengkap, digunakan & dipelihara belum maks X
7 Ruang Perpustakaan Cukup, digunakan & dipelihara maks Dibuat dari Ruang Kelas X
8 Koleksi Perpustakaan lengkap, digunakan & dipelihara maks Sangat Kurang, digunakan & dipelihara maks X
9 Bahan ajar Lengkap, digunakan & dipelihara maks Belum memadai, digunakan & dipelihara maks X
10 Ruang Media dan Alat-alat pembelajaran Memadai, digunakan & dipelihara maks Belum Ada X
11 Bahan dan alat bantu media pembelajaran Lengkap, digunakan & dipelihara maks Sangat Kurang, digunakan & dipelihara maks X
12 Ruang kepala madrasah Memadai, digunakan & dipelihara maks Dibuat dari R.Kelas, digunakan & dipelihara maks X
13 Ruang wakil kepala madrasah Memadai, digunakan & dipelihara maks Bergabung dengan ruang TU X
14 Ruang guru Memadai, digunakan & dipelihara maks Dibuat dari R.Kelas, digunakan & dipelihara maks X
15 Aula Memadai, digunakan & dipelihara maks Alih fungsi mushalla X
16 Mesin tik Cukup, digunakan & dipelihara maks Cukup, digunakan & dipelihara maks X
17 Mesin stensil / cetak Cukup, digunakan & dipelihara maks Tidak ada X
18 Komputer untuk mendukung tata usaha dan manajemen Cukup, digunakan & dipelihara maks Cukup, digunakan & dipelihara maks X
19 Ruang tamu Cukup, digunakan & dipelihara maks Tidak ada X
20 Ruang layanan bimbingan konseling Cukup, digunakan & dipelihara maks Bergabung/sekat dari ruang Dewan Guru X
21 Ruang ibadah Cukup, digunakan & dipelihara maks Cukup, digunakan & dipelihara maks X
22 Ruang kegiatan OSIS Cukup, digunakan & dipelihara maks Cukup, digunakan & dipelihara maks X
23 Ruang / Fasilitas Olah Raga Cukup, digunakan & dipelihara maks Halaman Sekolah X
24 Ruang kesenian Cukup, digunakan & dipelihara maks Belum ada X
25 Halaman madrasah Cukup, digunakan & dipelihara maks Cukup, digunakan & dipelihara maks X
26 Ruang kegiatan extrakurikuler di madrasah Cukup, digunakan & dipelihara maks Ruang Kelas X
27 Ruang usaha kesehatan madrasah Cukup, digunakan & dipelihara maks Cukup, digunakan & dipelihara maks X
28 Ruang komite madrasah/ yayasan Cukup, digunakan & dipelihara maks Cukup, digunakan & dipelihara maks X
29 Cape kejujuran madrasah Cukup, digunakan & dipelihara maks Cukup, digunakan & dipelihara maks X
30 WC / Kamar Mandi Cukup, digunakan & dipelihara maks Cukup, digunakan & dipelihara maks X
31 Sarana komunikasi (telepon) Cukup, digunakan & dipelihara maks Bersatu dengan yayasan X
32 Sumber air bersih Cukup, digunakan & dipelihara maks Hampir cukup, digunakan & dipelihara maks X
33 Jaringan listrik Cukup, digunakan & dipelihara maks Cukup, digunakan & dipelihara maks X
34 Jaringan Internet Cukup, digunakan & dipelihara maks Hanya untuk guru, digunakan & dipelihara maks X
35 Sarana komunikasi siswa (buletin, majalah dinding) Cukup, digunakan & dipelihara maks Cukup, digunakan & dipelihara maks X
36 Ruang keamanan / pos satpam Cukup, digunakan & dipelihara maks Cukup, digunakan & dipelihara maks X
37 Tempat parkir mobil / motor Cukup, digunakan & dipelihara maks Ada untuk motor X
38 Ruangan Dapur Cukup, digunakan & dipelihara maks Cukup, digunakan & dipelihara maks X
39 Ruang Tata Usaha Cukup, digunakan & dipelihara maks Cukup, digunakan & dipelihara maks X
40 Fasilitas Perumahan untuk Pengelola Cukup, digunakan & dipelihara maks Hanya untuk guru pembina X
-2 Ketatalaksanaan
A Administrasi Program Pembelajaran
1 Program kerja madrasah Ada dan terlaksana sangat baik Ada sebagian terlaksana X
2 Kalender pendidikan dan jadwal kegiatan Ada dan terlaksana sangat baik Ada sebagian besar terlaksana X
3 Jadwal pelajaran Ada dan terlaksana sangat baik Ada dan terlaksana X
4 Program kegiatan supervisi pembelajaran Ada dan terlaksana sangat baik Ada sebagian kecil dilaksanakan X
B Administrasi siswa
5 Buku induk siswa Lengkap Lengkap X
6 Data kehadiran siswa Lengkap Lengkap X
7 Data statistik siswa Lengkap Lengkap X
8 Data pribadi Lengkap Lengkap X
9 Buku penghubung Lengkap Tidak ada X
10 Buku catatan kasus Lengkap Tidak lengkap X
C Administrasi kepegawaian
11 Buku induk pegawai Lengkap Belum Ada
12 Daftar hadir pegawai Lengkap Lengkap
13 Uraian tugas pegawai Lengkap Lengkap
D Administrasi Perpustakaan
14 Buku induk koleksi perpustakaan Lengkap dimanfaatkan maks Lengkap dimanfaatkan maks X
15 Katalog koleksi perpustakaan Lengkap dimanfaatkan maks Lengkap dimanfaatkan maks X
16 Kartu buku Lengkap dimanfaatkan maks Lengkap dimanfaatkan maks X
17 Daftar pengunjung Lengkap dimanfaatkan maks Lengkap dimanfaatkan maks X
18 Daftar peminjaman Lengkap dimanfaatkan maks Lengkap dimanfaatkan maks X
19 Kartu peminjaman Lengkap dimanfaatkan maks Lengkap dimanfaatkan maks X
20 Kartu peminjaman Lengkap dimanfaatkan maks Lengkap dimanfaatkan maks X
E Administrasi Persuratan
21 Dokumen akte pendirian madrasah Lengkap Lengkap X
22 Notulen rapat Lengkap Lengkap X
23 Buku piket Lengkap Lengkap X
24 Buku tamu Lengkap Lengkap X
25 Agenda surat Lengkap Lengkap X
26 Buku supervisi Lengkap Lengkap X
27 File arsip surat Lengkap Lengkap X
F Administrasi perlengkapan
28 Buku inventaris barang Lengkap Ada dan tidak lengkap X
29 Nomor inventaris barang Lengkap Belum lengkap X
G Administrasi Keuangan
30 Buku Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Madrasah Lengkap Lengkap X
31 Pembukuan, penerimaan dan pengeluaran keuangan Lengkap Lengkap X
32 Bukti fisik penerimaan dan pengeluaran keuangan Lengkap Lengkap X
H Administrasi Hubungan dengan Masyarakat
33 Kegiatan komite/yayasan madrasah Lengkap Lengkap X
34 Catatan kerja sama dengan instansi lain Lengkap Lengkap X
B. Faktor eksternal
1 Petugas Administrasi Ada dan kualifikasi sesuai Ada dan kualifikasi tidak sesuai X
2 Petugas Kearsifan Ada dan kualifikasi sesuai Ada dan kualifikasi tidak sesuai X
3 Pustakawan Ada dan kualifikasi sesuai Ada dan kualifikasi tidak sesuai X
4 Laboran Ada dan kualifikasi sesuai Ada dan kualifikasi tidak sesuai X

D. Strategi Pengembangan
1. Performa Fisik
a. Pengembangan Madrasah yang Islami , bersih, rapi dan indah., modern dan dinamis
b. Pembinaan penghuni madrasah yang dekat dengan Allah SWT, ramah terhadap sesama manusia dan peduli terhadap lingkungan, punya komitmen kuat untuk mengembangkan, memahami dan mengamalkan ajaran Islam.
2. Kelembagaan
a. Mengembangkan tenaga pendidik yang handal dan profesional pada bidangnya masing-masing;
b. Mengembangkan manajemen yang kokoh yang mampu menggerakkan seluruh potensi untuk mengembangkan kreativitas warga madrasah;
c. Mengembangkan kemampuan antisipatif masa depan dan sikap proaktif;
d. Mengembangkan pimpinan yang mampu mengakomodasikan seluruh potensi yang dimiliki menjadi kekuatan penggerak lembaga secara keseluruhan.
3. Mu’allim/ Mu’allimat (Tenaga Pengajar)
a. Membina pengembangan diri sebagai seorang mukmin dan muslim di manapun ia berada;
b. Mengembangan wawasan keilmuan yang luas serta profesionalisme yang tinggi;
c. Mengembangkan Kreatif, dinamis dan inovatif dalam pengembangan keilmuan;
d. Mengembangkan sikap dan berprilaku islami, jujur, amanah dan berakhlak mulia dan dapat menjadi suri tauladan anggota sivitas
e. Secara bertahap mengupayakan penambahan tenaga pengajar sehingga dicapai rasio yang ideal;
f. Mengupayakan peluang agar berkesempatan melakukan studi lanjut;
g. Menggairahkan dosen melakukan tugas-tugas pendidikan- pengajaran – pengabdian pada masyarakat yang dinamis;
h. Meningkatkan kesejahteraan dan kehidupan yang berkelayakan secara bertahap.

4. Karyawan
a. Pengembangan karyawan sebagai seorang mukmin dan muslim di manapun ia berada;
b. Pengembangan sikap dan perilaku jujur, amanah, disiplin dan berakhlak mulia;
c. Pengembangan profesionalisme tinggi dalam melaksanakan tugas keadministrasian dan mencintai pekerjaan;
d. Pengembangan yang berorientasi pada kualitas layanan;
e. Pengembangan tata kerja yang cermat, cepat, tepat, dan ekonomis dalam pengambilan keputusan dan pelaksanaan tugas;
f. Pengembangan sikap sabar dan akomodatif;
g. Pengembangan sikap mendahulukan kepentingan orang lain di atas kepentingan pribadi dan ikhlas;
h. Pengembangan sikap berpakaian rapi dan pandai mematut diri serta sopan dalam ucapan dan tindakan;
i. Pengembangan sikap husnuzhzhan dan menjauhi suudzzhan
5. Peserta Didik (Santriawati)
Untuk mencapai standar pendidikan yang dapat dipertanggung jawabkan secara nasional, pembinaan peserta didik diarahkan untuk memiliki kompetensi, sebagai berikut.
a. Berperilaku sesuai dengan ajaran agama Islam.
b. Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
c. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya
d. Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
e. Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global
f. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
g. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
h. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
i. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik
j. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks
k. Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial
l. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
m. Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
n. Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya
o. Mengapresiasi karya seni dan budaya
p. Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok
q. Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan
r. Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun
s. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
t. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
u. Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis
v. Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris
w. Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan tinggi
6. Pengembangan Perpustakaan
a. Mengembangkan perpustakaan manual dan digital serta internet.
b. Melakukan penambahan koleksi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi/ kekuatan yang ada;
c. Menumbuhkan budaya baca tulis bagi warga MA Nipi Rakha Amuntai
d. Menyediakan berbagai informasi hasil penelitian, produk pemikiran yang selalu berkembang;
e. Menjalin komunikasi dan kerjasama dengan perpustakaan lain – PT atau Umum – untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan.
D. Sasaran Program
Kepala madrasah bersama staf dan Kepala Tata Usaha serta Perwakilan Guru dan Komite madrasah menetapkan sasaran program baik untuk jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Sasaran program dimaksudkan untuk mewujudkan visi dan misi sekolah.
Sasaran Program Madrasah
JANGKA PENDEK
(2008/2009)
JANGKA MENENGAH
(2008 – 2012) JANGKA PANJANG
(2008-2016)
1. Terciptanya Tertib Administrasi Madrasah
75 % 1. Terciptanya Tertib Administrasi Madrasah
87 % 1. Terciptanya Tertib Administrasi Madrasah
98 %
2. Tersusunnya administrasi
pendidikan akademis
80 % 2. Tersusunnya administrasi
pendidikan akademis
90 % 2. Tersusunnya administrasi
pendidikan akademis
100 %
3. Tersusunnya administrasi kegiatan non akademis atau ekskul
80 % 3. Tersusunnya administrasi kegiatan non akademis atau ekskul
90 % 3. Tersusunnya administrasi kegiatan non akademis atau ekskul
100%
4. Memiliki tenaga kependidikan yang profesional
75 % 4. Memiliki tenaga kependidikan yang profesional
87 % 4. Memiliki tenaga kependidikan yang profesional
98 %
5. Terpenuhinya sarana pendukung pembelajaran
75 % 5. Terpenuhinya sarana pendukung pembelajaran
87 % 5. Terpenuhinya sarana pendukung pembelajaran
98 %
6. Terciptanya Lingkungan Madrasah yang indah, bersih, hijau dan nyaman
75 % 6. Terciptanya Lingkungan Madrasah yang indah, bersih, hijau dan nyaman
87 % 6. Terciptanya Lingkungan Madrasah yang indah, bersih, hijau dan nyaman
98 %
7. Santri/santriawati berprestasi dalam out put, out come dan berbagai lomba akademik dan non akademik
50 % 7. Santri/santriawati berprestasi dalam out put, out come dan berbagai lomba akademik dan non akademik
65 % 1. Santri/santriawati berprestasi dalam out put, out come dan berbagai lomba akademik dan non akademik
75 %
8. Output/Out come :
a. Lulus UN = 90 %
b. Lulus SPMB = 28 %
c. Lulus PMDK = 25 % 8. Output/Out come :
a. Lulus UN = 95 %
b. Lulus SPMB = 40 %
c. Lulus PMDK = 30 %
8. Output/Out come
a. Lulus UN = 100 %
b. Lulus SPMB = 70 %
c. Lulus PMDK = 50 %

9. Terciptanya kesesuaian antara volume dan bobot materi masing-masing mata pelajaran dengan alokasi waktu yang tersedia
75 % 9. Terciptanya kesesuaian antara volume dan bobot materi masing-masing mata pelajaran dengan alokasi waktu yang tersedia
87 % 9. Terciptanya kesesuaian antara volume dan bobot materi masing-masing mata pelajaran dengan alokasi waktu yang tersedia
98 %
10. Guru memahami dan menguasai materi-materi essensial
80 % 10. Guru memahami dan menguasai materi-materi essensial
90 % 10. Guru memahami dan menguasai materi-materi essensial
100 %
11. Tersedianya wadah pengembangan bakat dan potensi santri/santriawati.
75 % 11. Tersedianya wadah pengembangan bakat dan potensi santri/santriawati.
88 % 11. Tersedianya wadah pengembangan bakat dan potensi santri/santriawati.
99 %
12. Memiliki panduan materi pembelajaran yang diintegra sikan dengan sumber ajaran islam : Al-Qur’an dan Hadits
60 % 12. Memiliki panduan materi pembelajaran yang diintegra sikan dengan sumber ajaran islam : Al-Qur’an dan Hadits
75 % 12. Memiliki panduan materi pembelajaran yang diintegra sikan dengan sumber ajaran islam : Al-Qur’an dan Hadits
95 %
13. Terlaksananya proses pembelajaran bernuansa islami
60 % 13. Terlaksananya proses pembelajaran bernuansa islami
75 % 13. Terlaksananya proses pembelajaran bernuansa islami
95 %
14. Tegaknya
Kedisiplinan Madrasah
80 % 14. Tegaknya
Kedisiplinan Madrasah
90 % 14. Tegaknya
Kedisiplinan Madrasah
99 %
Sasaran program tersebut selanjutnya ditidaklanjuti dengan strategi yang wajib dilaksanakan oleh seluruh komponen MA NIPI RAKHA Amuntai sebagai berikut :
1. Menyusun dan menetapkan rincian tugas masing-masing personil (Job Diskripsi)
2. Penyusunan program dari masing-masing bidang kegiatan
3. Mendokumentasikan berbagai program, dan data administrasi kemadrasahan
4. Menyelengarakan dan mengikutsertakan berbagai pelatihan yang relevan dengan tugas guru dan karyawan
5. Membangun dan mengadakan sarana pendukung pembelajaran meliputi :
a. Membangun ruang Multi media yang lengkap dan representatif
b. Pengadaan CD pembelajaran
c. Pengadaan buku-buku referensi pembelajaran
d. Pengembangan laboratorium IPA
e. Pengembangan laboratorium komputer
f. Pengadaan Lap top
g. Pengadaan LCD
h. Pengadaan sound sistem kelas
i. Pengadaan white board
j. Pengadaan kipas angin kelas
6. Membangun berbagai fasilitas untuk menciptakan lingkungan Madrasah yang indah, bersih, hijau dan nyaman meliputi :
a. Pengadaan kebun mini
b. Pengadaan ruang NM/OSIS, Pramuka, dan PMR/UKS
c. Penataan ruang perpustakaan
d. Melengkapi meja dan kursi santri/santriawati
e. Pengadaan internet
f. Membangun tempat wudhu
g. Pengadaan lab. Agama
h. Penataan taman Madrasah
i. Pengadaan tempat parkir kendaraan
j. Pengadaan ruang work shop Multimedia
k. Memagar rumah jaga
l. Penataan tanaman hias di lingkungan Madrasah
m. Pengecatan gedung
7. Madrasah berprestasi dalam bidang akademik dan non akademik :
a. Madrasah menyelenggarakan lomba akademik dan non akademik secara terjadwal
b. Mengadakan kajian ilmiah, baksos dan lomba keagamaan di Madrasah dan luar Madrasah
c. Penegakan disiplin melalui pendekatan spiritual-edukatif
8. Madrasah selalu berupaya mensiasati kurikulum untuk meningkatkan kualitas out put Madrasah.
9. Porsi jam pembelajaran ditambah
10. Menyusun materi-materi essensial yang dilaksanakan pada masing-masing MGMP bidang studi
11. SKBM santri/santriawati ditingkatkan dari 63 menjadi 65
12. Guru bersama santri/santriawati mengumpulkan ayat-ayat Al-qur’an dan Hadits yang berhubungan dengan materi pelajaran
13. Al-qur’an dan Hadits menjiwai dalam penyusunan soal-soal tes yang dilakukan oleh guru
14. Menetapkan tata tertib santri/santriawati dan guru yang disepakati bersama

Bab 3
Struktur & Muatan Kurikulum
A. Kelompok Mata Pelajaran Dan Cakupannya
Struktur kurikulum MA NIPI RAKHA Amuntai memuat kelompok mata pelajaran sebagai berikut :
1. Kelompok mata pelajaran agama dan ahklak mulia
2. Kelompok mata pelajaran kewarga negaraan dan kepribadian’
3. Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
4. Kelompok mata pelajaran estetika
5. Kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga dan kesehatan
Masing-masing kelompok mata pelajaran tersebut diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran pada setiap mata pelajaran secara menyeluruh. Dengan demikian cakupan dari masing-masing kelompok itu dapat diwujudkan melalui mata pelajaran yang relevan. Cakupan setiap kelompok mata pelajaran adalah sebagai berikut :

No Kelompok Mata Pelajaran Cakupan
1. Agama dan Akhlak Mulia Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
2. Kewarganega-raan dan Kepribadian Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.
3. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi dimaksudkan untuk mengenal, menyikapi, dan mengapresiasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menanamkan kebiasaan berpikir dan berperilaku ilmiah yang kritis, kreatif dan mandiri.
4. Estetika Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.
5. Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sikap sportif, disiplin, kerja sama, dan hidup sehat.
Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.

B. Struktur Mata Pelajaran & Alokasi Waktu
1. Kurikulum kelas X terdiri atas :
Struktur Kurikulum Madrasah Aliyah Kelas X
Komponen Alokasi Waktu
Smt 1 Smt 2
A. Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama :
a. Qur’an Hadits
b. Aqidah Ahlak
c. Fiqih
d. SKI
2
1
2

2
1
2

2. Pendidikan Kewarganegaraan 1 1
3. Bahasa Indonesia 4 4
4. Bahasa Arab 4 4
5. Bahasa Inggris 4 4
6. Matematika 6 6
6. Fisika 4 4
7. Biologi
8. Kimia 4
4 4
4
9. Sejarah
10. Geografi
11. Ekonomi
12. Sosiologi 1
1
3
2 1
1
3
2
13. Seni Budaya 1 1
13. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 2* 2*
14. Teknologi Informasi dan Komunikasi
15. Keterampilan /Bahasa Asing 2

– 2


B. Muatan Lokal 2 (pagi)
4 (sore)
2(pagi)
4 (sore)
C. Pengembangan Diri 2*) 2*)
Jumlah 48 (pagi)
4 (sore) 48 (pagi)
4 (sore)
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran
2* tes out
2. Struktur Kurikulum kelas XI dan XII
Struktur Kurikulum Madrasah Aliyah Kelas XI dan XII program IPA

Komponen Alokasi Waktu
Kelas XI Kelas XII
Smt 1 Smt 2 Smt 1 Smt 2
A. Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama
a. Qur’an Hadits
b. Aqidah Ahlak
c. Fiqih
d. SKI

2
1
2

2
1
2

2

2
2*
2

2
2*

2. Pendidikan Kewarganegaraan 2 2 2 2
3. Bahasa Indonesia 4 4 4 4
4. Bahasa Arab 3 3 3 3
5. Bahasa Inggris 4 4 4 4
6. Matematika 7 7 8 8
7. Fisika 6 6 7 7
8. Kimia 6 6 6 6
9. Biologi 5 5 5 5
10. Geografi 1 1 – –
11. Seni Budaya 1 1 1 1
12. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 2* 2* 2* 2*
13. Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2 2 2
14. Keterampilan/ Bahasa Asing – – – –
B. Muatan Lokal 2(pagi)
4 sore) 2(pagi)
4 sore)
2(pagi)
4 sore) 2(pagi)
4 sore)
C. Pengembangan Diri 2*) 2*) 2*) 2*)
Jumlah 48(pagi)
4 (sore) 48(pagi)
4 (sore) 48(pagi)
4 (sore) 48(pagi)
4 (sore)
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran
2* Tes out
3. Struktur Kurikulum Madrasah Aliyah Kelas XI dan XII program IPS
Komponen Alokasi Waktu
Kelas XI Kelas XII
Smt 1 Smt 2 Smt 1 Smt 2
A. Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama
a. Qur’an Hadits
b. Aqidah Ahlak
c. Fiqih
d. SKI

2
1
2

2
1
2

2

2
2*
2

2
2*

2. Pendidikan Kewarganegaraan 2 2 2 2
3. Bahasa Indonesia 4 4 4 4
4. Bahasa Arab 3 3 3 3
5. Bahasa Inggris 5 5 5 5
6. Matematika 4 4 4 4
7. Sejarah 2 2 3 3
8. Geografi 3 3 3 3
9. Ekonomi 12 12 12 12
10. Sosiologi 3 3 4 4
11. Seni Budaya 1 1 1 1
12. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 2* 2* 2* 2*
13. Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2 2 2
14. Keterampilan/Bahasa Asing – – – –
B. Muatan Lokal 2 2 2 2
C. Pengembangan Diri 2*) 2*) 2*) 2*)
Jumlah 48 48 48 48
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran
2* Tes Out
4. Struktur Kurikulum Madrasah Aliyah Kelas XI dan XII program Keagamaan (pengganti Madrasah Aliyah Keagamaan/MAK)

Komponen Alokasi Waktu
Kelas XI Kelas XII
Smt 1 Smt 2 Smt 1 Smt 2
– Akidah Akhlak
– Al Qur’an Hadits
– Fikih
– SKI 2
1
2
– 2
1
2

2

2
2*
2

2
2*

Pendidikan Kewarganegaraan 2 2 2 2
Bahasa Indonesia 5 5 5 5
Bahasa Inggris 3 3 3 3
Bahasa Arab 5 5 5 5
Matematika 4 4 4 4
Tafsir Ilmu Tafsir 3 3 3 3
Ilmu Hadits 8 8 9 9
Ushul Fikh 2 2 2 2
Tasawuf/Ilmu Kalam 2 2 2 2
Sejarah 1 1 1 1
Seni Budaya 2* 2* 2* 2*
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 2 2 2 2
Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2 2 2
Muatan Lokal 6 (sore) 6 (sore) 6 (sore) 6 (sore)
Pengembangan Diri 2*) 2*) 2*) 2*)
Jumlah 48 (Pagi)
6 (sore) 48 (Pagi)
6 (sore) 48 (Pagi)
6 (sore) 48 (Pagi)
6 (sore)
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran
2* Tes Out
C. Mata Pelajaran, Tujuan, Skdan KD
A. TUJUAN
1. Al-Qur’an-Hadis
Mata pelajaran Al-Qur’an-Hadis bertujuan untuk:
a. Meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap al-Qur’an dan hadis
b. Membekali peserta didik dengan dalil-dalil yang terdapat dalam al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman dalam menyikapi dan menghadapi kehidupan
c. Meningkatkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan al-Qur’an dan hadis yang dilandasi oleh dasar-dasar keilmuan tentang al-Qur’an dan hadis.
2. Akidah-Akhlak
Mata pelajaran Akidah-Akhlak bertujuan untuk:
1. Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang akidah Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
2. Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kehidupan individu maupun sosial, sebagai manifestasi dari ajaran dan nilai-nilai akidah Islam.
3. Fikih
Mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah bertujuan untuk:
1. Mengetahui dan memahami prinsip-prinsip, kaidah-kaidah dan tatacara pelaksanaan hukum Islam baik yang menyangkut aspek ibadah maupun muamalah untuk dijadikan pedoman hidup dalam kehidupan pribadi dan sosial.
2. Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar dan baik, sebagai perwujudan dari ketaatan dalam menjalankan ajaran agama Islam baik dalam hubungan manusia dengan Allah SWT, dengan diri manusia itu sendiri, sesama manusia, dan makhluk lainnya maupun hubungan dengan lingkungannya.
4. Sejarah Kebudayaan Islam
Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan-kemampuan sebagai berikut:
a. Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah SAW dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
b. Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan
c. Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
d. Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.
e. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni dan lain-lain untuk mengembangkan Kebudayaan dan peradaban Islam.
5. Bahasa Arab
Mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah memiliki tujuan sebagai berikut:
a. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulis yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah).
b. Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam.
c. Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian, peserta didik diharapkan memiliki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.

B. STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
1. AL-QUR’AN-HADIS
a. Kelas X, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Memahami pengertian al-Qur’an dan bukti keotentikannya
1.1 Menjelaskan pengertian al-Qur’an menurut para ahli
1.2 Membuktikan keotentikan al-Qur’an ditinjau dari segi keunikan redaksinya, kemukjizatannya, dan sejarahnya.
1.3 Menunjukkan prilaku orang yang meyakini kebenaran al-Qur’an
2. Memahami isi pokok ajaran al-Qur’an 2.1 Mengidentifikasi isi pokok ajaran al-Qur’an
2.2 Menunjukkan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur’an
2.3 Menjelaskan kandungan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur’an
2.4 Menerapkan kandungan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur’an
3. Memahami fungsi al-Qur’an dalam kehidupan 3.1 Mendeskripsikan fungsi al-Qur’an
3.2 Menunjukkan perilaku orang yang menfungsikan al-Qur’an
3.3 Menerapkan fungsi al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari
4. Memahami cara-cara mencari surat dan ayat dalam al-Qur’an 4.1 Menunjukkan kitab-kitab yang berhubungan dengan cara-cara mencari surat dan ayat dalam al-Qur’an
4.2 Menerapkan cara-cara mencari surat dan ayat dalam al-Qur’an
5. Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi 5.1 Mengartikan QS al-Mu’minuun:12-14; QS al-Nahl:78; QS al-Baqarah:30 dan QS adz-Dzaariyat: 56
5.2 Menjelaskan kandungan QS al-Mu’minuun:12-14; QS al-Nahl:78; QSal-Baqarah:30 dan QS adz-Dzaariyat: 56
5.3 Menerapkan perilaku sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS al-Mu’minuun:12-14; QS an-Nahl:78; QSal-Baqarah:30 dan QS adz-Dzaariyat: 56
6. Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang demokrasi 6.1 Mengartikan QS Ali Imraan 159 dan QS asy-Syuura: 38.
6.2 Menjelaskan kandungan QS Ali Imraan 159 dan QS asy-Syuura : 38.
6.3 Menerapkan perilaku hidup demokrasi seperti terkandung dalam QS Ali Imraan 159 dan QS Asy-Syuura: 38. dalam kehidupan sehari-hari

b. Kelas X, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Memahami istilah-istilah hadis 1.1 Mendefinisikan pengertian hadis, sunnah, khabar, atsar dan hadis qudsi.
1.2 Membandingkan pengertian hadis, sunnah, khabar, atsar dan hadis qudsi.
1.3 Mennjelaskan pengertian hadis, sunnah (sunnah qauliyah, sunnah fi’liyah dan sunnah taqririyah), khabar, atsar dan hadis qudsi.

2 Memahami sanad dan matan hadis 2.1 Menjelaskan pengertian sanad dan matan.
2.2 Menerapkan pengertian sanad dan matan dalam hadis.
3 Mendeskripsikan fungsi hadis terhadap al-Qur’an 3.1 Menjelaskan fungsi hadis terhadap al-Qur’an
3.2 Menunjukkan contoh fungsi hadis terhadap al-Qur’an.
3.3 Menerapkan fungsi hadis terhadap al-Qur’an.
4 Memahami pembagian hadis dari segi kuantitas dan kualitasnya. 4.1 Menjelaskan pembagian hadis dari segi kuantitasnya.
4.1 4.2 Menjelaskan pembagian hadis dari segi kualitasnya

5 Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah 5.1 Mengartikan QS al-An’aam: 162-163; QS al-Bayyinah: 5 dan hadis tentang keikhlasan dalam beribadah
5.2 Menjelaskan kandungan QS al-An’aam: 162-163; QS al-Bayyinah: 5 dan hadis tentang keikhlasan dalam beribadah
5.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS al-An’aam: 162-163; QS al-Bayyinah: 5 dan hadis tentang keikhlasan dalam beribadah
5.4 Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti yang terkandung dalam QS al-An’aam: 162-163 ; QS al-Bayyinah: 5 dan hadis tentang keikhlasan dalam beribadah
c. Kelas XI, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Memahami ayat-ayat al-Qur’an dan hadis tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya 1.1. Mengartikan QS az-Zuhruf:9-13, QS al-’Ankabuut:17 dan hadis tentang syukur
1.2. Menjelaskan kandungan QS az-Zuhruf:9-13, QS al-’Ankabuut:17 dan hadis tentang syukur
1.3. Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS az-Zuhruf:9-13, QS al-’Ankabuut:17 dan hadis tentang syukur
1.4. Mengidentifikasikan macam- macam nikmat Allah sebagaimana terkandung dalam QS az-Zuhruf: 9-13
1.5. Melaksanakan cara-cara mensyukuri nikmat Allah seperti terkandung dalam QS al-’Ankabuut: 17, dan hadis tentang syukur nikmat
1. Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup 2.1 Mengartikan QS ar-Ruum: 41-42, QS al-A’raaf: 56-58;QS Shad:27; QS al-Furqaan: 45-50 dan QS al-Baqarah: 204-206.
2.2 Menjelaskan kandungan QS ar-Ruum: 41-42, QSal-A’raaf: 56-58;QS Shad:27; QS al-Furqaan: 45-50 dan QS al-Baqarah: 204-206.

2. 2.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS ar-Ruum: 41-42, QS al-A’raaf: 56-58;QS Shad:27.; QS al-Furqaan: 45-50 dan QS al-Baqarah: 204-206.
2.4 Menerapkan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup sebagaimana terkandung dalam QS ar-Ruum: 41-42, QS al-A’raaf: 56-58 dan QS Shad:27, QS al-Furqaan: 45-50 dan QS al-Baqarah: 204-206.
d. Kelas XI, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
3. Memahami ayat-ayat al-Qur’an dan al-Hadis tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para duafa 3.1 Mengartikan QS al-Qashash: 79-82; QS al-Israa’: 26-27, 29-30, QS al-Baqarah : 177 dan hadis tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhuafa
3.2 Menjelaskan kandungan QS al-Qashash: 79-82; QS al-Israa’: 26-27, 29-30, QS al-Baqarah : 177 dan hadis tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para duafa
3.1 Mengidentifikasi perilaku orang – orang yang mengamalkan QS al-Qashash: 79-82; QS al-Israa’: 26-27, 29-30, QS al-Baqarah : 177 dan hadis tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para duafa
3.2 Menerapkan prilaku hidup sederhana dan menyantuni kaum dhuafa QS al-Qashash: 79-82; QS al-Israa’: 26-27, 29-30, QS al-Baqarah : 177 dan hadis tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhuafa
4 Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang berkompetisi dalam kebaikan. 2.1 Mengartikan QS al-Baqarah :148; QS al-Faathir : 32 dan QS an-Nahl : 97
2.2 Menjelaskan kandungan QS al-Baqarah :148 ; QS al-Faathir : 32 dan QS an-Nahl : 97
2.3 Menceritakan perilaku orang yang mengamalkan QS al-Baqarah :148 ; QS al-Faathir : 32 dan QS an-Nahl : 97
2.4 Mengidentifikasi hikmah perilaku berkompetisi dalam kebaikan.
2.5 Menerapakan prilaku berkompetisi dalam kebaikan. seperti terkandung dalam QS al-Baqarah :148 ; QS al-Faathir : 32 dan QS an-Nahl : 97
3. Memahami ayat-ayat al-Qur’an dan hadis tentang amar ma’ruf nahi munkar 3.1 Mengartikan QS Ali Imraan : 104 dan hadis tentang amar ma’ruf nahi munkar.
3.2 Menjelaskan kandungan QS Ali Imraan : 104 dan hadis tentang amar ma’ruf nahi munkar.
3.3 Mengartikan QS Ali Imraan : 104 dan hadis tentang amar ma’ruf nahi munkar.
3.4 Menjelaskan kandungan QS Ali Imraan : 104 dan hadis tentang amar ma’ruf nahi munkar.
3.5 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS Ali Imraan : 104 dan hadis tentang amar ma’ruf nahi munkar.
3.6 Melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar seperti terkandung dalam QS Ali Imraan : 104 dan hadis tentang amar ma’ruf nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari.
4. Memahami ayat al-Qur’an dan Hadis tentang ujian dan cobaan 4.1 Mengartikan QS al-Baqarah: 155 dan hadis tentang ujian dan cobaan.
4.2 Menjelaskan kandungan QS al-Baqarah: 155 dan hadis tentang ujian dan cobaan.
4.3 Menunjukkan perilaku orang yang tabah dan sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan sebagaimana terkandung dalam QS al-Baqarah: 155 dan hadis tentang ujian dan cobaan.
4.4 Menerapkan perilaku tabah dan sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan seperti yang terkandung dalam QS al-Baqarah: 155 dan hadis tentang ujian dan cobaan.

Kelas XII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Memahami ayat-ayat al-Qur’an dan al-hadis tentang kewajiban berdakwah. 1.1 Mengartikan QS an-Nahl: 125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr: 94-96, dan Hadis tentang kewajiban berdakwah.
1.2 Menjelaskan kandungan QS an-Nahl: 125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr: 94-96, dan Hadis tentang kewajiban berdakwah.
1.3 Mengartikan QS an-Nahl: 125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr: 94-96, dan Hadis tentang kewajiban berdakwah.
1.4 Menjelaskan kandungan QS an-Nahl: 125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr: 94-96, dan Hadis tentang kewajiban berdakwah.
1.5 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS an-Nahl: 125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr: 94-96, dan Hadis tentang kewajiban berdakwah.
1.6 Menerapkan strategi berdakwah seperti yang terkandung dalam QS an-Nahl: 125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr: 94-96; dan Hadis tentang berdakwah dalam kehidupan sehari-hari.
1. Memahami ayat-ayat al-Qur’an dan al-hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat 2.1 Mengartikan QS at-Tahriim: 6, QS Thaha: 132; QS al-An’aam: 70; QS an-Nisaa’ :36 dan QS Huud:117-119 dan hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
2.2 Menjelaskan kandungan QS at-Tahriim: 6, QS Thaha: 132; QS al-An’aam: 70;QS an-Nisaa’ :36 dan QS Huud:117-119 dan hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
2.3 Mengidentifikasi perilaku orang yang mengamalkan QS at-Tahriim: 6, QS Thaha: 132;QS al-An’aam: 70;QS an-Nisaa’ :36 dan QS Huud:117-119 dan hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
2.4 Menerapkan tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat seperti yang terkandung dalam QS at-Tahriim: 6, QS Thaha: 132;QS al-An’aam: 70;QSan-Nisaa’ :36 dan QS Huud:117-119 dan hadis tentang tanggung jawab manusia dalam kehidupan sehari-hari
2. Memahami ayat-ayat al-Qur’an dan hadis tentang berlaku adil dan jujur 3.1 Mengartikan QS al-Maa’idah: 8-10; QS an-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’: 105 dan hadis tentang berlaku adil dan jujur.
3.2 Menjelaskan kandungan QS al-Maa’idah: 8-10; QS an-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’: 105 dan hadis tentang berlaku adil dan jujur.
3.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS al-Maa’idah: 8-10; QS an-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’: 105 dan hadis tentang berlaku adil dan jujur
3.4 Menerapkan perilaku adil dan jujur dalam perkataan dan perbuatan seperti terkandung dalam QS al-Maa’idah: 8-10; QS an-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’: 105 dan hadis tentang berlaku adil dan jujur
e. Kelas XII, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Memahami ayat-ayat al-Qur’an dan hadis tentang toleransi dan etika pergaulan 1.1 Mengartikan QS al-Kaafiruun: 1-6; QS Yuunus: 40-41; QS al-Kahfi: 29; QS al-Hujuraat: 10-13 dan hadis tentang etika pergaulan.
1.2 Menjelaskan kandungan QS al-Kaafiruun: 1-6; QS Yuunus: 40-41;QS al-Kahfi: 29; QS al-Hujuraat: 10-13 dan hadis tentang etika pergaulan.
1.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS al-Kaafiruun: 1-6; QS Yuunus: 40-41;QS al-Kahfi: 29; QS al-Hujuraat: 10-13 dan hadis tentang etika pergaulan.
.1 Menerapkan perilaku bertoleransi dan beretika dalam pergaulan seperti yang terkandung dalam QS al-Kaafiruun: 1-6; QS Yuunus: 40-41;QS al-Kahfi: 29; QS al-Hujuraat: 10-13 dan hadis tentang etika pergaulan dalam kehidupan sehari-hari.
2. Memahami ayat-ayat al-Qur’an dan hadis tentang etos kerja

2.1 Mengartikan QS al-Mujaadalah: 11; QS al-Jumuu’ah 9-11; QS al-Qashash :77 dan hadis etos kerja
2.2 Menjelaskan kandungan QS al-Mujaadalah: 11; QS al-Jumuu’ah 9-11; QS al-Qashash :77 dan hadis etos kerja
2.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS al-Mujaadalah: 11; QS al-Jumuu’ah 9-11; QS al-Qashash :77 dan hadis etos kerja
Menerapkan perilaku beretos kerja seperti yang terkandung dalam QS al-Mujaadalah: 11; QS al-Jumuu’ah 9-11; QS al-Qashash :77 dan hadis etos kerja.
3. Memahami ayat-ayat al-Qur’an dan hadis tentang makanan yang halal dan baik 3.1 Menerjemahkan QS al-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah 172-173 dan hadis tentang makanan yang halal dan baik.
3.2 Menjelaskan kandungan QS al-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah 172-173 dan hadis tentang makanan yang halal dan baik.
3. 3.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS al-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah 172-173 dan hadis tentang makanan yang halal dan baik.
3.4 Mengidentifikasi makanan yang halal dan baik seperti terkandung dalam QS al-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah 172-173 dan hadis tentang makanan yang halal dan baik.
3.5 Menerapkan kandungan QS al-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah 172-173 dan hadis tentang makanan yang halal dan baik dalam kehidupan sehari-hari.
4. Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang ilmu pengetahuan dan teknologi 4.1 Menerjemahkan QS al-‘Alaq: 1-5, QS Yuunus: 101; QS al-Baqarah: 164.
4.2 Menjelaskan kandungan QS al-‘Alaq: 1-5; QS Yuunus: 101; QS al-Baqarah: 164.
4.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS al-‘Alaq: 1-5, QS Yuunus: 101; QS al-Baqarah: 164.
4.4 Melakukan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti terkandung dalam QS al-‘Alaq: 1-5, QS Yuunus: 101; QS al-Baqarah: 164.
2. AKIDAH-AKHLAK
a. Kelas X, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Memahami prinsip-prinsip dan metode peningkatan kualitas akidah 1.1 Menjelaskan prinsip-prinsip akidah
1.2 Menjelaskan metode-metode peningkatan kualitas akidah
1.3 Menerapkan prinsip-prinsip akidah dalam kehidupan
1.4 Menerapkan metode-metode peningkatan kualitas akidah dalam kehidupan
2. Memahami Tauhiid 2.1 Menjelaskan pengertian tauhiid dan istilah-istilah lainnya
2.2 Menjelaskan macam-macam tauhiid (uluuhiyah, rubuubiyah, mulkiyah, rahmaniyah dan lain-lain)
2.3 Menunjukkan perilaku orang yang ber-tauhiid
2.4 Menerapkan perilaku ber-tauhiid dalam kehidupan sehari-hari
3. Memahami syirik dalam Islam 3.1 Menjelaskan pengertian syirik
3.2 Mengidentifikasi macam-macam syirik
3.3 Menunjukkan perilaku orang yang berbuat syirik
3.4 Menjelaskan akibat perbuatan syirik
3.5 Membiasakan diri menghindari hal-hal yang mengarah kepada perbuatan syirik dalam kehidupan sehari-hari
4. Memahami masalah akhlak dan metode peningkatan kualitas akhlak 4.1 Menjelaskan pengertian akhlak
4.2 Menjelaskan induk-induk akhlak terpuji dan induk-induk akhlak tercela
4.3 Menjelaskan macam-macam metode peningkatan kualitas akhlak
4.4 Menerapkan metode-metode peningkatan kualitas akhlak dalam kehidupan
b. Kelas X, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1 . Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui sifat-sifatnya dalam al-asma’ al husna 1.1 Menguraikan 10 al-asma’ al husna (al-Muqsith, al-Waarits, an-Naafi’, al-Baasith, al-Hafiidz, al-Walii, al-Waduud, ar-Raafi’, al-Mu’iz dan al-Afuww)
1.2 Menunjukkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran melalui sifat Allah dalam 10 Asmaul Husna (al-Muqsith, al-Waarits, an-Naafi’, al-Baasith, al-Hafiidz, al-Walii, al-Waduud, ar-Raafi’, al-Mu’iz dan al-Afuww)
1.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-asma’ al husna (al-Muqsith, al-Waarits, an-Naafi’, al-Baasith, al-Hafiidz, al-Walii, al-Waduud, ar-Raafi’, al-Mu’iz dan al-Afuww) dalam kehidupan sehari-hari

1.4 Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 al-asma’ al husna (al-Muqsith, al-Waarits, an-Naafi’, al-Baasith, al-Hafiidz, al-Walii, al-Waduud, ar-Raafi’, al-Mu’iz dan al-Afuww) dalam kehidupan sehari-hari
2 Membiasakan perilaku terpuji 2.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya husnuzh-zhan dan bertaubat
2.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku husnuzh-zhan dan bertaubat
2.3 Menunjukkan nilai-nilai positif dari husnuzh-zhan dan bertaubat dalam fenomena kehidupan
2.4 Membiasakan perilaku husnuzh-zhan dan bertaubat
3 Menghindari perilaku tercela 3.1 Menjelaskan pengertian riya, aniaya dan diskriminasi
3.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi
3.3 Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya, dan diskriminasi
3.4 Membiasakan diri menghindari hal-hal yang mengarah pada perilaku riya, aniaya, dan diskriminasi
c. Kelas XI, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Memahami ilmu kalam 1.1 Menjelaskan pengertian dan fungsi ilmu kalam
1.2 Menjelaskan hubungan ilmu kalam dengan ilmu lainnya.
1.3 Menerapkan ilmu kalam dalam mempertahankan akidah
2. Memahami aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya. 2.1 Menjelaskan aliran-aliran ilmu kalam, tokoh-tokoh dan pandangan-pandangannya (Khawarij, Murji`ah, Syi`ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy’ariyah, Al-Maturidiyah, Mu`tazilah, dan lain-lain seperti teologi transformatif dan teologi pembebasan)
2.2 Menganalisis perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya.
2.3 Menunjukkan contoh-contoh perilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam.
2.4 Menghargai terhadap aliran-aliran yang berbeda dalam kehidupan bermasyarakat
3. Membiasakan perilaku terpuji 3.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
3.2 Mengidentifikasi bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
3.3 Menunjukkan nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam fenomena kehidupan
3.4 Membiasakan akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
4. Menghindari perilaku tercela 4.1 Menjelaskan pengertian dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
4.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
4.3 Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
4.4 Membiasakan diri untuk menghindari perilaku dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)

d. Kelas XI, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Memahami tasawuf 1.1 Menjelaskan pengertian, asal usul, dan istilah-istilah dalam tasawuf
1.2 Menjelaskan fungsi dan peranan tasawuf dalam kehidupan modern
1.3 Menunjukkan contoh-contoh perilaku bertasawuf
1.4 Menerapkan tasawuf dalam kehidupan modern
4 Membiasakan perilaku terpuji 2.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya adil, rida, amal salih, persatuan dan kerukunan
2.1 Mengidentifikasi perilaku orang yang berbuat adil, rida, amal salih, persatuan dan kerukunan
2.3 Menunjukkan nilai-nilai positif dari adil, rida, amal salih, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan
2.4 Membiasakan perilaku adil, rida, amal salih, persatuan, dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari
3 Membiasakan perilaku terpuji 3.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
3.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
3.3 Menunjukkan nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan
3.3 Menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari.
4 Menghindari perilaku tercela 4.1 Menjelaskan pengertian israaf, tabdziir, dan fitnah
4.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan israaf, tabdziir, dan fitnah
4.3 Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan israaf, tabdziir, dan fitnah
4.4 Membiasakan diri untuk menghindari perilaku israaf, tabdziir, dan fitnah

3. FIKIH
a. Kelas X, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Memahami prinsip-prinsip ibadah dan syari’at dalam Islam 1.1 Mengidentifikasi prinsip-prinsip ibadah dalam Islam
1.2 Menjelaskan tujuan (maqashid) syari’at Islam
1.3 Menunjukkan perilaku orang yang berpegang pada prinsip-prinsip dan tujuan ibadah dan syariah
1.4 Menerapkan cara berpegang pada prinsip-prinsip dan tujuan ibadah dan syariah.
2. Memahami hukum Islam tentang zakat dan hikmahnya 2.1 Menjelaskan ketentuan Islam tentang zakat dan hikmahnya
2.2 Menjelaskan ketentuan perundang-undangan tentang zakat
2.3 Menunjukkan contoh penerapan ketentuan zakat
2.4 Menerapkan cara pelaksanaan zakat sesuai ketentuan perundang-undangan
3. Memahami hukum Islam tentang haji dan hikmahnya 3.1 Menjelaskan ketentuan Islam tentang haji dan hikmahnya
3.2 Menjelaskan ketentuan perundang-undangan tentang haji
3.3 Menunjukkan contoh penerapan ketentuan haji
3.4 Mempraktikkan pelaksanaan haji sesuai ketentuan perundang-undangan tentang haji
4. Memahami hikmah kurban dan akikah 4.1 Menjelaskan tata cara pelaksanaan kurban dan hikmahnya
4.2 Menerapkan cara pelaksanaan kurban
4.3 Menjelaskan ketentuan akikah dan hikmahnya
4.4 Menerapkan cara pelaksanaan akikah
5. Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah 5.1 Menjelaskan tatacara pengurusan jenazah
5.2 Memperagakan tatacara pengurusan jenazah

b. Kelas X, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
6. Memahami hukum Islam tentang kepemilikan 6.1 Mengidentifikasi aturan Islam tentang kepemilikan
6.2 Menjelaskan ketentuan Islam tentang akad
6.3 Memperagakan aturan Islam tentang kepemilikan dan akad
7. Memahami konsep perekonomian dalam Islam dan hikmahnya 7.1 Menjelaskan aturan Islam tentang jual beli dan hikmahnya
7.2 Menjelaskan aturan Islam tentang khiyaar
7.3 Menjelaskan aturan Islam tentang musaaqah, muzaara’ah dan mukhaabarah serta hikmahnya
7.1 Menjelaskan aturan Islam tentang syirkah dan hikmahnya
3.5 Menjelaskan aturan Islam tentang muraabahah, mudhaarabah, dan salam
3.6 Menerapkan cara jual beli, khiyaar, musaaqah, muzaara’ah, mukhaabarah, syirkah, muraabahah, mudhaarabah, dan salam
8. Memahami hukum Islam tentang pelepasan dan perubahan harta beserta hikmahnya 8.1 Menjelaskan ketentuan Islam tentang wakaf beserta hikmah pelaksanaannya
8.2 Menjelaskan ketentuan Islam tentang hibah dan hikmah pelaksanaannya
8.3 Menjelaskan ketentuan Islam tentang sadakah beserta hikmah pelaksanaannya
8.4 Menjelaskan ketentuan Islam tentang hadiah beserta hikmah pelaksanaannya
8.5 Menerapkan cara pelaksanaan wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah
9. Memahami hukum Islam tentang wakalah dan sulhu beserta hikmahnya 9.1 Menjelaskan ketentuan Islam tentang wakaalah dan hikmahnya
9.2 Menjelaskan ketentuan Islam tentang sulhu dan hikmahnya
9.3 Menerapkan cara wakaalah dan sulhu
10 Memahami hukum Islam tentang daman dan kafalah beserta hikmahnya 10.1 Menjelaskan ketentuan Islam tentang dlaman dan hikmahnya
10.2 Menjelaskan ketentuan Islam tentang kafaalah dan hikmahnya
10.3 Menerapkan cara dlaman dan kafalah
11 Memahami riba, bank, dan asuransi 11.1 Menjelaskan hukum riba, bank, dan asuransi
11.2 Menerapkan ketentuan Islam tentang riba, bank, dan asuransi
c. Kelas XI, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Memahami ketentuan Islam tentang jinayah dan hikmahnya 1.1 Menjelaskan hukum pembunuhan dan hikmahnya
1.2 Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang qishash dan hikmahnya
1.3 Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang diyat dan kafaarat beserta hikmahnya
1.4 Menunjukkan contoh-contoh qishash, diyaat dan kafaarat dalam hukum Islam
2. Memahami ketentuan Islam tentang Huudud dan hikmahnya 2.1 Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang zina dan qadzaf beserta hikmahnya
2.2 Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang minuman keras beserta hikmahnya
2.3 Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang mencuri, menyamun dan merampok beserta hikmahnya
2.4 Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang bughat beserta hikmahnya
3. Memahami ketentuan Islam tentang peradilan dan hikmahnya 3.1 Menjelaskan proses peradilan dalam Islam
3.2 Mengidentifikasi ketentuan tentang hakim dan saksi dalam peradilan Islam
d. Kelas XI, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Memahami hukum Islam tentang hukum keluarga 1.1 Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam dan hikmahnya
1.2 Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia
1.3 Menjelaskan konsep Islam tentang talak, perceraian, iddah, ruju`, dan hikmahnya
1.4 Menjelaskan ketentuan Islam tentang pengasuhan anak (hadhaanah)
2 Memahami hukum Islam tentang waris 2.1 Menjelaskan ketentuan hukum waris dalam Islam
2.2 Menjelaskan keterkaitan waris dengan wasiat
2.3 Menunjukkan contoh cara pelaksanaan waris dan wasiat
e. Kelas XII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Memahami ketentuan Islam tentang siyasah syar’iyah 1.1 Menjelaskan ketentuan Islam tentang pemerintahan (khilaafah)
1.2 Menjelaskan majelis syura dalam Islam

2. Memahami sumber hukum Islam 4.5 Menjelaskan sumber hukum yang disepakati dan yang tidak disepakati ulama
4.6 Menunjukkan penerapan sumber hukum yang disepakati dan yang tidak disepakati ulama
4.7 Menjelaskan pengertian, fungsi, dan kedudukan ijtihad
f. Kelas XII, Semester 2
1. Memahami hukum- hukum syar’i 1.1 Menjelaskan hukum taklifi dan penerapannya dalam Islam
1.2 Menjelaskan hukum wadh’i dan penerapannya dalam Islam
1.3 Menjelaskan mahkum bihi (fihi)
1.4 Menjelaskan mahkum ’alaih
2. Memahami kaidah-
kaidah usul fikih 2.1 Menjelaskan macam-macam kaidah usul fikih
2.2 Menerapkan macam-macam kaidah usul fikih
4. SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
a. Kelas XII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Memahami Ketela danan dakwah Rasulullah dalam membina umat
1.1 Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah dan Madinah
1.2 Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW pada periode Makkah dan Madinah
1.3 Mengidentifikasi hasil-hasil perjuangan Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah
1.4 Mengambil ibrah dari perjuangan Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
2. Memahami masalah kepemimpinan umat Islam pasca Nabi wafat
2.1 Menceritakan proses dan model pemilihan kepemimpinan pada masa Khulafaaurraasyidiin
2.2 Mendeskripsikan strategi kepemimpinan Khulafaaurraasyidiin
2.3 Mengambil ibrah dari kepemimpinan Khulafaaurraasyidiin untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
3. Memahami perkembangan Islam periode klasik (zaman keemasan) pada tahun 650 M – 1250 M
3.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada periode klasik
3.2 Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada periode klasik
3.3 Mengambil ibrah dari perkembangan Islam pada periode klasik untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
3.4 Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada periode klasik
4. Memahami perkembangan Islam pada periode pertengahan/zaman kemunduran (1250 M – 1800 M) 4.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada abad pertengahan
4.2 Menceritakan sebab-sebab kemunduran Islam pada abad pertengahan
4.3 Mengambil ibrah dari peristiwa perkembangan Islam pada periode pertengahan untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
b. Kelas XII, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Memahami perkembangan Islam pada masa modern /zaman kebangkitan (1800-sekarang)
2.1. Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern
2.2. Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada masa modern
2.3. Mengambil ibrah dari peristiwa perkembangan Islam pada masa modern
2.4. Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada masa modern
2. Memahami perkembangan Islam di Indonesia
2.1. Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia
2.2. Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam di Indonesia
2.3. Mengambil ibrah dari peristiwa perkembangan Islam di Indonesia
2.4. Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam di Indonesia
3. Memahami perkembangan Islam di dunia 3.1 Menjelaskan perkembangan Islam di dunia
3.2 Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam di dunia
3.3 Mengambil ibrah dari peristiwa perkembangan Islam di dunia
3.4 Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam di dunia

4 BAHASA ARAB
a. Kelas X, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
Menyimak
1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga

1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat tentang التعارف dan الحياة العائلية
1.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat tentang التعارف dan الحياة العائلية
Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga

2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat tentang التعارف dan
الحياة العائلية
2.2 Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar tentang التعارف dan الحياة العائلية
Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga
3.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan benar tentang perkenalan dan kehidupan keluarga
3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat tentang perkenalan dan kehidupan keluarga
3.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat tentang perkenalan dan kehidupan keluarga
Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat tentang perkenalan dan kehidupan keluarga
4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar tentang perkenalan dan kehidupan keluarga
Keterangan
Tema-tema tersebut menggunakan bentuk kata النكرة والمعرفة dan struktur kalimat المبتدأ والخبر
b. Kelas X, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
Menyimak
1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan pekerjaan

1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat tentang hobi dan pekerjaan
1.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat tentang hobi dan pekerjaan
Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan pekerjaan

2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat tentang hobi dan pekerjaan
2.2 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat tentang hobi dan pekerjaan
2.3 Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar tentang hobi dan pekerjaan
Membaca
3. Memahami wacana tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan pekerjaan

3.1 Melafalkan atau membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis secara tepat dan benar tentang hobi dan pekerjaan
3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar tentang hobi dan pekerjaan
3.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat tentang hobi dan pekerjaan
Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan pekerjaan
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar tentang hobi dan pekerjaan
4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar tentang hobi dan pekerjaan
Keterangan
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat بعض حروف الجر ومعانيها الكثيرة الورود dan العطف
. Kelas XI, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
Menyimak
1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan

1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat tentang remaja dan kesehatan
1.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat tentang remaja dan kesehatan
Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan

2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan tentang remaja dengan lafal yang tepat tentang remaja dan kesehatan
2.2 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat tentang remaja dan kesehatan
2.3 Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar tentang remaja dan kesehatan
Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan
3.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan benar tentang remaja dan kesehatan
3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat tentang remaja dan kesehatan
3.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat tentang remaja dan kesehatan
Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat tentang remaja dan kesehatan
4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar tentang remaja dan kesehatan
Keterangan
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat النعت والمنعوت dan الإضافة
d. Kelas XI, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
Menyimak
1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang fasilitas umum dan pariwisata

1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat tentang fasilitas umum dan pariwisata
1.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat tentang fasilitas umum dan pariwisata
Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang fasilitas umum dan pariwisata
2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat tentang fasilitas umum dan pariwisata
2.2 Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar tentang fasilitas umum dan pariwisata
Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang fasilitas umum dan pariwisata
3.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis secara tepat dan benar tentang fasilitas umum dan pariwisata
3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar tentang fasilitas umum dan pariwisata
3.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana secara tepat tentang fasilitas umum dan pariwisata
Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang fasilitas umum dan pariwisata
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar tentang fasilitas umum dan pariwisata
4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar tentang fasilitas umum dan pariwisata
Keterangan
Tema-tema tersebut di atas menggunakan struktur kalimat جملة فعلية
e.Kelas XII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
Menyimak
1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang Kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam

1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat tentang kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam
1.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat tentang kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam
Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang Kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam
2.1. Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat tentang kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam
2.2. Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar tentang kebudayaan dan tokoh-tokoh Isla
Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang Kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam

3.1. Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat, dan wacana tulis dengan benar tentang Kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam
3.2. Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar tentang Kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam
3.3. Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat tentang Kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam
Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang Kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam
4.1. Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar tentang Kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam
4.2. Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar tentang kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam
Keterangan
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat الفعل المضارع المنصوب dan الفعل المضارع المجزوم
f. Kelas XII, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
Menyimak
1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami
1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami
1.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan tentang wawasan Islam secara tepat tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami
Berbicara
2 Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami
2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami
2.2 Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami
Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami
4.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan tepat dan benar tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami
4.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami
4.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis dengan tepat tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami
Menulis
5 Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami
5.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami
5.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami
Keterangan
Tema-tema menggunakan struktur kalimat
رفع الأسماء dan نصب الأسماء
6. Bahasa Arab Keagamaan
a. Kelas XI, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
Menyimak
1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang identitas diri dan kehidupan madrasah
1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat
1.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat
Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang identitas diri dan kehidupan madrasah
2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan tentang remaja dengan lafal yang tepat
2.2 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat
2.3 Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar
Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang identitas diri dan kehidupan madrasah
3.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat, dan wacana tulis dengan benar
3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat
3.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat
Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang identitas diri dan kehidupan madrasah
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar

b. Kelas XI, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
Menyimak
1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang kehidupan keluarga dan kehidupan sehari-hari
1.2 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat
1.3 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat
Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang kehidupan keluarga dan kehidupan sehari-hari
2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat
2.2 Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar
Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang kehidupan keluarga dan kehidupan sehari-hari
3.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat, dan wacana tulis secara tepat dan benar
3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar
3.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana secara tepat
Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang kehidupan keluarga dan kehidupan sehari-hari
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar
4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar
c. Kelas XII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
Menyimak
1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan wisata

1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran
(kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat
Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat
Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan wisata
2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat
2.2 Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan
lancar
Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam

3.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan benar
3.3 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar
3.4 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat
Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam
4.1 Menulis kata, frasa, dan kalimat dengan huruf, Ejaan, dan tanda baca yang tepat dan benar
4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar
e. Kelas XII, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Pekerjaan

1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan mencocokkan
dan membedakan secara tepat
1.2 Memperoleh informasi umum dan/atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat
Berbicara
2 Mengungkapkan informasi sederhana secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang Pekerjaan

2.1 Menyampaikan berbagai informasi lisan dengan lafal dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat
2.2 Melakukan dialog sederhana dengan lancar yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat
Membaca
3 Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Pekerjaan

3.1 Membaca nyaring kata, frasa, dan kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan tepat
3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat
3.3 Memperoleh berbagai informasi umum dan/atau rinci dari wacana tulis sederhana secara tepat
dengan mencari kata kunci, informasi umum atau rinci
Menulis
4 Mengungkapkan informasi sederhana secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang Pekerjaan
4.1 Menulis kata, frasa, dan kalimat dengan tepat
4.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata atau frasa dalam kalimat dengan struktur dan tanda baca yang tepat
4.3 Mengungkapkan pendapat dan perasaan secara tertulis dengan lancar yang mencerminkan kecakapan menulis dengan tepat
Catatan:
Ketiadaan rumusan “bentuk kata dan struktur kalimat” yang menyertai SK dan KD pada MA Program Bahasa disebabkan karena program ini berdasar atas “silabus situasi” (منهج المواقف), berbeda dengan MI, MTs, dan MA yang menganut model silabus gramatika (منهج القواعد).
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
A. Tujuan
Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan
2. Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti-korupsi
3. Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya
4. Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
B. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 1.1 Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara
1.2 Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan
1.3 Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI
1.4 Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
2. Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional
2.1 Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional
2.2 Menganalisis peranan lembaga-lembaga peradilan
2.3 Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku
2.4 Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
2.5 Menampilkan peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
3. Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM)
3.1 Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM
3.2 Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia
3.3 Mendeskripsikan instrumen hukum dan peradilan internasional HAM
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
4. Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi

4.1 Mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi
4.2 Menganalisis substansi konstitusi negara
4.3 Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia
4.4 Menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi negara
5. Menghargai persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek kehidupan

5.1 Mendeskripsikan kedudukan warga negara dan pewarganegaraan di Indonesia
5.2 Menganalisis persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara
5.3 Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku
6. Menganalisis sistem politik di Indonesia

6.1 Mendeskripsikan supra struktur dan infra struktur politik di Indonesia
6.2 Mendeskripsikan perbedaan sistem politik di berbagai negara
6.3 Menampilkan peran serta dalam sistem politik di Indonesia
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Menganalisis budaya politik di Indonesia

1.1 Mendeskripsikan pengertian budaya politik
1.2 Menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia
1.3 Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik
1.4 Menampilkan peran serta budaya politik partisipan
2. Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani 2.1 Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi
2.2 Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani
2.3 Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru, dan reformasi
2.4 Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari
3. Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

3.1 Mendeskripsikan pengertian dan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.2 Menganalisis dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
3.3 Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
4. Menganalisis hubungan
internasional dan organisasi
internasional

4.1 Mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara
4.2 Menjelaskan tahap-tahap perjanjian internasional
4.3 Menganalisis fungsi Perwakilan Diplomatik
4.4 Mengkaji peranan organisasi internasional (ASEAN, AA, PBB) dalam meningkatkan hubungan internasional
4.5 Menghargai kerja sama dan perjanjian internasional yang bermanfaat bagi Indonesia
5. Menganalisis sistem hukum dan peradilan internasional
5.1 Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan internasional
5.2 Menjelaskan penyebab timbulnya sengketa internasional dan cara penyelesaian oleh Mahkamah Internasional
5.3 Menghargai putusan Mahkamah Internasional
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka 1.1 Mendeskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka
1.2 Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
1.3 Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
2. Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan 2.1 Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara
2.2 Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Negara Indonesia
2.3 Membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan negara lain

Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi

3.1 Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia
3.2 Menganalisis pers yang bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia
3.3 Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia
4. Mengevaluasi dampak globalisasi 4.1 Mendeskripsikan proses, aspek, dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
4.2 Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia
4.3 Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia
4.4 Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
A. Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
4. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
5. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
B. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung
1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita)
1.2 Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disam¬¬paikan secara langsung/melalui rekam¬an
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita

2.1 Memperkenalkan diri dan orang lain di da¬lam forum resmi dengan intonasi yang tepat
2.2 Mendiskusikan masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku)
2.3 Menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat
Membaca
3. Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca
3.1 Menemukan ide pokok berbagai teks nonsastra dengan teknik membaca cepat (250 kata/menit)
3.2 Mengidentifikasi ide teks nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif

Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif)
4.1 Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf naratif
4.2 Menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf deskriptif
4.3 Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf ekspositif
Mendengarkan
5. Memahami puisi yang disampaikan secara langsung/tidak langsung
5.1 Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman
5.2 Mengungkapkan isi suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman
Berbicara
6. Membahas cerita pendek melalui kegiatan diskusi

6.1 Mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita pendek melalui kegiatan diskusi
6.2 Menemukan nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan diskusi
Membaca
7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan cerpen

7.1 Membacakan puisi dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat
7.2 Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari
Menulis
8. Mengungkapkan pikiran, dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi

8.1 Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
8.2 Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
9. Memahami informasi melalui tuturan
9.1 Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung
9.2 Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan)
Berbicara
10. Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber

10.1 Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik
10.2 Memberikan persetujuan/dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik
Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai
11.1 Merangkum seluruh isi informasi teks buku ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai
11.2 Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai
Menulis
12. Mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato
12.1 Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif
12.2 Menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf persuasif
12.3 Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat
12.4 Menyusun teks pidato
Mendengarkan
13. Memahami cerita rakyat yang dituturkan

13.1 Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman
13.2 Menjelaskan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman
Berbicara
14. Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi

14.1 Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi
14.2 Menghubungkan isi puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui diskusi
Membaca
15. Memahami sastra Melayu klasik

15.1 Mengidentifikasi karakteristik dan struktur unsur intrinsik sastra Melayu klasik
15.2 Menemukan nilai-nilai yang terkandung di dalam sastra Melayu klasik
Menulis
16. Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam cerpen

16.1 Menulis karangan berdasarkan kehidupan diri sendiri dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
16.2 Menulis karangan berdasarkan pengalaman orang lain dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami berbagai informasi dari
1.1 Menemukan pokok-pokok isi sambutan/ khotbah yang didengar
sambutan/khotbah dan wawancara 1.2 Merangkum isi pembicaraan dalam wawancara
Berbicara
2. Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan wawancara
2.1 Menjelaskan secara lisan uraian topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku)
2.2 Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu
Membaca
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring

3.1 Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif
3.2 Membacakan berita dengan intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik
Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dagang, karangan ilmiah
4.1 Menulis proposal untuk berbagai keperluan
4.2 Menulis surat dagang dan surat kuasa
4.3 Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki
Mendengarkan
5. Memahami pementasan drama
5.1 Mengidentifikasi peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada pementasan drama
5.2 Menganalisis pementasan drama berdasarkan teknik pementasan
Berbicara
6. Memerankan tokoh dalam pementasan drama

6.1 Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh
6.2 Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protogonis dan atau antagonis
Membaca
7. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan
7.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat
7.2 Menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan
Menulis
8. Mengungkapkan infomasi melalui penulisan resensi
8.1 Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi
8.2 Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
9. Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam diskusi atau seminar
9.1 Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar
9.2 Mengomentari pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar
Berbicara
10. Menyampaikan laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar
10.1 Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
10.2 Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi hasil penelitian
Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca cepat dan membaca intensif
11.1 Mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan membaca cepat 300 kata per menit
11.2 Membedakan fakta dan opini pada editorial
dengan membaca intensif
Menulis
12. Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman/ringkasan, notulen rapat, dan karya ilmiah
12.1 Menulis rangkuman/ringkasan isi buku
12.2 Menulis notulen rapat sesuai dengan pola penulisannya
12.3 Menulis karya ilmiah seperti hasil pengamatan, dan penelitian
Mendengarkan
13. Memahami pembacaan cerpen
13.1 Mengidentifikasi alur, penokohan, dan latar dalam cerpen yang dibacakan
13.2 Menemukan nilai-nilai dalam cerpen yang dibacakan
Berbicara
14. Mengungkapkan wacana sastra dalam bentuk pementasan drama

14.1 Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama
14.2 Menggunakan gerak-gerik, mimik, dan intonasi, sesuai dengan watak tokoh dalam pementasan drama
Membaca
15. Memahami buku biografi, novel, dan hikayat
15.1 Mengungkapkan hal-hal yang menarik dan dapat diteladani dari tokoh
15.2 Membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan dengan hikayat
Menulis
16. Menulis naskah drama

16.1 Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog naskah drama
16.2 Menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami informasi dari berbagai laporan
1.1 Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan
1.2 Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran
Berbicara
2. Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi

2.1 Menyampaikan gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis dalam diskusi
2.2 Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi
Membaca
3. Memahami artikel dan teks pidato
3.1 Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif
3.2 Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat
Menulis
4. Mengungkapkan infomasi dalam bentuk surat dinas, laporan, resensi

4.1 Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur
4.2 Menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang baku
4.3 Menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir
4.4 Menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format baku
Mendengarkan
5. Memahami pembacaan novel
5.1 Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan
5.2 Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel
Berbicara
6. Mengungkapkan pendapat tentang pembacaan puisi
6.1 Menanggapi pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
6.2 Mengomentari pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
Membaca
7. Memahami wacana sastra puisi dan cerpen
7.1 Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai
7.2 Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen
Menulis
8. Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen
8.1 Menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi
8.2 Menulis cerpen berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku, peristiwa, latar)
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
9. Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan

9.1 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan secara langsung
9.2 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi
Berbicara
10. Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan pidato tanpa teks
10.1 Mempresentasikan program kegiatan/proposal
10.2 Berpidato tanpa teks dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis melalui kegiatan membaca cepat dan membaca intensif

11.1 Menemukan ide pokok suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit
11.2 Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok) dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif
Menulis
12 Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola
12.1 Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif
12.2 Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
Mendengarkan
13 Memahami pembacaan teks drama

13.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan
13.2 Menyimpulkan isi drama melalui pembacaan teks drama
Berbicara
14 Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama
14.1 Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam
14.2 Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari
Membaca
15 Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode
15.1 Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer
15.2 Menemukan perbedaan karakteristik angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode
Menulis
16 Mengungkapkan pendapat dalam bentuk kritik dan esai

16.1 Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
16.2 Menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai untuk mengomentari karya sastra

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
A. Tujuan
Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMA/MA bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulis untuk mencapai tingkat literasi informational
2. Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global
3. Mengembangkan pemahaman peserta didik tentang keterkaitan antara bahasa dengan budaya.
B. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari
1.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
1.2 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
2. Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari 2.1 Merespon makna secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
2.2 Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks: recount, narrative, dan procedure
Berbicara
3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari 3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
3.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
4. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk recount, narrative dan procedure sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari 4.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
4.2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
Membaca
5. Memahami makna teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
5.1 Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
5.2 Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure

Menulis
6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk recount, narrative, dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari
6.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
6.2 Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure

Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
7. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari

7.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat
7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan
8. Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative, descriptive, dan news item sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari 8.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk; narrative, descriptive, dan news item
Berbicara
9. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari

9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat
9.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan

10. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari

10.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
10.2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, descriptive, dan news item

Membaca
11. Memahami makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan

11.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari
11.2 Merespon makna dan langkah-langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item
Menulis
12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari

12.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item
PROGRAM IPA, IPS & Keagamaan Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar

Mendengarkan
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari

1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas
1.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutu: menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
2 Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog berbentuk reports, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari 2.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
2.2 Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Berbicara
3. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari 3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas

3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
4. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari 4.1 Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
4.2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Membaca
5. Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
5.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
5.2 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Menulis
6. Mengungkapkan makna dalam teks esei berbentuk report, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari

6.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
6.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
7. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari

7.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan sikap terhadap sesuatu, menyatakan perasaan cinta, dan menyatakan perasaan sedih
7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan malu, menyatakan perasaan marah, dan menyatakan perasaan jengkel
8. Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari 8.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
8.2 Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, spoof, dan hortatory exposition
Berbicara
9. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari
9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan sikap terhadap sesuatu, menyatakan perasaan cinta, dan menyatakan perasaan sedih
9.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan malu, menyatakan perasaan marah, dan menyatakan perasaan jengkel
10. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari

10.1 Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
10.2 Mengungkapkan makna dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, spoof, dan hortatory exposition
Membaca
11. Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
11.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
11.2 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
Menulis
12. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari
12.1 Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, spoof, dan hortatory exposition
PROGRAM IPA, IPS & Keagamaan
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari

1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau untuk melakukan sesuatu, dan memerintah
1.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan menyatakan berbagai sikap
2. Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari 2.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
2.2 Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion
Berbicara
3. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari

3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau untuk melakukan sesuatu, dan memerintah
3.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat , dan menyatakan berbagai sikap
4. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari 4.1 Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
4.2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion
Membaca
5. Memahami makna teks fungsional pendek dan teks tulis esei berbentuk narrative, explanation dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
5.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
5.2 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion
Menulis
6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog yang berbentuk narrative, explanation dan discussion secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
6.1 Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
6.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion

Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
7. Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari

7.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur: membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan, dan mencegah
7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian
8. Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari
8.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
8.2 Memahami dan merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review
Berbicara
9. Mengungkapkan makna dalam teks interaksional, dengan penekanan pada percakapan transaksional resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari

9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur:membujuk, mendorong semangat, mengkritik , mengungkapkan harapan, dan mencegah
9.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian
10. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari 10.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
10.2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review
Membaca
11. Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk narrative dan review secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan 11.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
11.2 Merespon makna dan langkah retorika dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative dan review
Menulis
12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog/esei berbentuk narrative dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari
12.1 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review
Mata Pelajaran : Matematika
A. Tujuan
Mata pelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah
2. Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika
3. Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh
4. Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah
5. Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Aljabar
1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma
1.1 Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma
1.2 Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma
2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat 2.1 Memahami konsep fungsi
2.2 Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat
2.3 Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
2.1 Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
2.2 Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat
2.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya
3. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan pertidaksamaan satu variabel
3.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel
3.2 Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear
3.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya
3.4 Menyelesaikan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar
3.5 Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel
3.6 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel dan penafsirannya

Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Logika
4. Menggunakan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
4.1 Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkaran atau negasinya
4.2 Menentukan nilai kebenaran dari suatu per-nyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
4.3 Merumuskan pernyataan yang setara dengan pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor yang diberikan
4.4 Menggunakan prinsip logika matematika yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor dalam penarikan kesimpulan dan pemecahan masalah
Trigonometri
5. Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah 5.1 Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri
5.2 Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri

5.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri, dan penafsirannya
Geometri
6. Menentukan kedudukan, jarak, dan besar sudut yang melibatkan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga
6.1 Menentukan kedudukan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga
6.2 Menentukan jarak dari titik ke garis dan dari titik ke bidang dalam ruang dimensi tiga
6.3 Menentukan besar sudut antara garis dan bidang dan antara dua bidang dalam ruang dimensi tiga
Program Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Statistika dan Peluang
1. Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah

1.1 Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive
1.2 Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya
1.3 Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta penafsirannya
1.4 Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah
1.5 Menentukan ruang sampel suatu percobaan
1.6 Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya
Trigonometri
2. Menurunkan rumus trigonometri dan penggunaannya
2.1 Menggunakan rumus sinus dan kosinus jumlah dua sudut, selisih dua sudut, dan sudut ganda untuk menghitung sinus dan kosinus sudut tertentu
2.2 Menurunkan rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus
2.3 Menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus
Aljabar
3. Menyusun persamaan lingkaran dan garis singgungnya
3.1 Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi persyaratan yang ditentukan
3.2 Menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran dalam berbagai situasi
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Aljabar
4. Menggunakan aturan sukubanyak dalam penyelesaian masalah

4.1 Menggunakan algoritma pembagian sukubanyak untuk menentukan hasil bagi dan sisa pembagian
4.2 Menggunakan teorema sisa dan teorema faktor dalam pemecahan masalah
5 Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi 5.1 Menentukan komposisi fungsi dari dua fungsi
5.2 Menentukan invers suatu fungsi
Kalkulus
6. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah
6.1 Menjelaskan secara intuitif arti limit fungsi di suatu titik dan di takhingga
6.2 Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri
6.3 Menggunakan konsep dan aturan turunan dalam perhitungan turunan fungsi
6.4 Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi dan memecahkan masalah
6.5 Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi
6.6 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi dan penafsirannya

Program Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Kalkulus
1. Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah
1.1 Memahami konsep integral tak tentu dan integral tentu
1.2 Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri yang sederhana
1.3 Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva dan volum benda putar
Aljabar
2. Menyelesaikan masalah program linear

2.1 Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dua variabel
2.2 Merancang model matematika dari masalah program linear
2.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah program linear dan penafsirannya
3. Menggunakan konsep matriks, vektor, dan transformasi dalam pemecahan masalah 3.1 Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menunjukkan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi lain
3.2 Menentukan determinan dan invers matriks 2 x 2
3.3 Menggunakan determinan dan invers dalam penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel
3.4 Menggunakan sifat-sifat dan operasi aljabar vektor dalam pemecahan masalah
3.5 Menggunakan sifat-sifat dan operasi perkalian skalar dua vektor dalam pemecahan masalah.

3.6 Menggunakan transformasi geometri yang dapat dinyatakan dengan matriks dalam pemecahan masalah
3.7 Menentukan komposisi dari beberapa transformasi geometri beserta matriks transformasinya

Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Aljabar
4. Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah

4.1 Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri
4.2 Menggunakan notasi sigma dalam deret dan induksi matematika dalam pembuktia
4.3 Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret
4.4 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret dan penafsirannya
5. Menggunakan aturan yang berkaitan dengan fungsi eksponen dan logaritma dalam pemecahan masalah 5.1 Menggunakan sifat-sifat fungsi eksponen dan logaritma dalam pemecahan masalah
5.2 Menggambar grafik fungsi eksponen dan logaritma
5.3 Menggunakan sifat-sifat fungsi eksponen atau logaritma dalam penyelesaian pertidaksamaan eksponen atau logaritma sederhana
Program Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Statistika dan Peluang
1. Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah 1.1 Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive
1.2 Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya
1.3 Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta menafsirkannya
1.4 Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah
1.5 Menentukan ruang sampel suatu percobaan
1.6 Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Aljabar
2. Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi
2.1 Menentukan komposisi fungsi dari dua fungsi
2.2 Menentukan invers suatu fungsi
Kalkulus
3. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah

3.1 Menghitung limit fungsi aljabar sederhana di suatu titik
3.2 Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar
3.3 Menggunakan sifat dan aturan turunan dalam perhitungan turunan fungsi aljabar
3.4 Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi aljabar dan memecahkan masalah
3.5 Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi aljabar
3.6 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi aljabar dan penafsirannya
Program Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Kalkulus
1. Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah sederhana
1.1 Memahami konsep integral tak tentu dan integral tentu
1.2 Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar sederhana
1.3 Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva
Aljabar
2. Menyelesaikan masalah program linear

2.1 Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dua variabel
2.2 Merancang model matematika dari masalah program linear
2.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah program linear dan penafsirannya
3. Menggunakan matriks dalam pemecahan masalah 3.1 Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menunjukkan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi lain
3.2 Menentukan determinan dan invers matriks 2 x 2
3.3 Menggunakan determinan dan invers dalam penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Aljabar
4. Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah
4.1 Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri
4.2 Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret
4.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret dan menafsirkan solusinya
Program Keagamaan
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Statistika dan Peluang
1. Melakukan pengolahan, penyajian dan penafsiran data
1.1 Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta pemaknaannya
1.2 Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta pemaknaannya
1.3 Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak dan ukuran penyebaran data, serta menafsirkannya
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Statistika dan Peluang
2. Menggunakan kaidah pencacahan untuk menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya 2.1 Menggunakan sifat dan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah
2.2 Menentukan ruang sampel suatu percobaan
Menentukan peluang suatu kejadian dan menafsirkannya
Program Keagamaan
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Aljabar
1. Menyelesaikan masalah program linear

1.1 Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dua variabel
1.2 Merancang model matematika dari masalah program linear
1.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah program linear dan menafsirkan solusinya
2. Menggunakan matriks dalam pemecahan masalah 2.1 Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menunjukkan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi lain
2.2 Menentukan determinan dan invers matriks 2 x 2
2.3 Menggunakan determinan dan invers dalam penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Aljabar
3 Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah
3.1 Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri
3.2 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan deret dan menafsirkan solusinya
Mata Pelajaran : Fisika
Tujuan
Mata pelajaran Fisika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Membentuk sikap positif terhadap fisika dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa
2. Memupuk sikap ilmiah yaitu jujur, obyektif, terbuka, ulet, kritis dan dapat bekerjasama dengan orang lain
3. Mengembangkan pengalaman untuk dapat merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, merancang dan merakit instrumen percobaan, mengumpulkan, mengolah, dan menafsirkan data, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis
4. Mengembangkan kemampuan bernalar dalam berpikir analisis induktif dan deduktif dengan menggunakan konsep dan prinsip fisika untuk menjelaskan berbagai peristiwa alam dan menyelesaian masalah baik secara kualitatif maupun kuantitatif
5. Menguasai konsep dan prinsip fisika serta mempunyai keterampilan mengembangkan pengetahuan, dan sikap percaya diri sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya 1.1 Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu)
1.2 Melakukan penjumlahan vektor
2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
2.1 Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan konstan
2.2 Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan
2.3 Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan

Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
3. Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik
3.1 Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif
3.2 Menerapkan alat-alat optik dalam kehidupan sehari-hari
4. Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai perubahan energi 4.1 Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat
4.2 Menganalisis cara perpindahan kalor
4.3 Menerapkan asas Black dalam pemecahan masalah
5. Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi 5.1 Memformulasikan besaran-besaran listrik rangkaian tertutup sederhana (satu loop)
5.2 Mengidentifikasi penerapan listrik AC dan DC dalam kehidupan sehari-hari
5.3 Menggunakan alat ukur listrik
6. Memahami konsep dan prinsip gelombang elektromagnetik 6.1 Mendeskripsikan spektrum gelombang elektromagnetik
6.2 Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik pada kehidupan sehari-hari
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik
1.1 Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola dengan menggunakan vektor
1.2 Menganalisis keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukum-hukum Newton
1.3 Menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan
1.4 Menganalisis hubungan antara gaya dengan gerak getaran
1.5 Menganalisis hubungan antara usaha, perubahan energi dengan hukum kekekalan energi mekanik
1.6 Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik untuk menganalisis gerak dalam kehidupan sehari-hari
Menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesaikan masalah tumbukan
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
2. Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah 2.1 Menformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar
2.2 Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3. Menerapkan konsep termodinamika dalam mesin kalor
3.1 Mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal monoatomik
3.2 Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Menerapkan konsep dan prinsip gejala 1.1 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum
gelombang dalam menyelesaikan masalah 1.2 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi dan cahaya.3
1.3 Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi
2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi 2.1 Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar
2.2 Menerapkan induksi magnetik dan gaya magnetik pada beberapa produk teknologi
2.3 Memformulasikan konsep induksi Faraday dan arus bolak-balik serta penerapannya

Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
3. Menganalisis berbagai besaran fisis pada gejala kuantum dan batas-batas berlakunya relativitas Einstein dalam paradigma fisika modern 3.1 Menganalisis secara kualitatif gejala kuantum yang mencakup hakikat dan sifat-sifat radiasi benda hitam serta penerapannya
3.2 Mendeskripsikan perkembangan teori atom
3.3 Memformulasikan teori relativitas khusus untuk waktu, panjang, dan massa, serta kesetaraan massa dengan energi yang diterapkan dalam teknologi

4. Menunjukkan penerapan konsep fisika inti dan radioaktivitas dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari 4.1 Mengidentifikasi karakteristik inti atom dan radioaktivitas
4.2 Mendeskripsikan pemanfaatan radoaktif dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari

Mata Pelajaran : Biologi
Tujuan
Mata pelajaran Biologi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Membentuk sikap positif terhadap biologi dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa
2. Memupuk sikap ilmiah yaitu jujur, objektif, terbuka, ulet, kritis dan dapat bekerjasama dengan orang lain
3. Mengembangkan pengalaman untuk dapat mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis
4. Mengembangkan kemampuan berpikir analitis, induktif, dan deduktif dengan menggunakan konsep dan prinsip biologi
5. Mengembangkan penguasaan konsep dan prinsip biologi dan saling keterkaitannya dengan IPA lainnya serta mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri
6. Menerapkan konsep dan prinsip biologi untuk menghasilkan karya teknologi sederhana yang berkaitan dengan kebutuhan manusia
7. Meningkatkan kesadaran dan berperan serta dalam menjaga kelestarian lingkungan.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu
1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma)
2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup

2.1 Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan
2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan
2.3 Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista, dan peranannya bagi kehidupan
2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati

3.1 Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan
3.2 Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam
3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan
4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, 4.1 Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem 4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan
4.3 Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
Membuat produk daur ulang limbah
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
1.1 Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
1.2 Mengidentifikasi organela sel tumbuhan dan hewan
1.3 Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis)
2. Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan, serta penerapannya dalam konteks Salingtemas
2.1 Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan
2.2 Mendeskripsikan struktur jaringan hewan Vertebrata dan mengaitkannya dengan fungsinya

3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas 3.1 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia
3.2 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah

Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan dan/atau 3.3 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia)
serangga)
penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas 3.4 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan hewan (misalnya burung)
3.5 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan hewan (misalnya pada ikan dan
3.6 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan)
3.7 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI, serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia
3.8 Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit

Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan 1.1 Merencanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
1.2 Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
1.3 Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
2. Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme 2.1 Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme
2.2 Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat
2.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein
3. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada Salingtemas 3.1 Menjelaskan konsep gen, DNA, dan kromosom
3.2 Menjelaskan hubungan gen (DNA)-RNA-polipeptida dan proses sintesis protein
3.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat
3.4 Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat
3.5 Menjelaskan peristiwa mutasi dan implikasinya dalam Salingtemas

Kelas XII, Semster 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
4. Memahami teori evolusi serta implikasinya pada Salingtemas 4.1 Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
4.2 Mengkomunikasikan hasil studi evolusi biologi
4.3 Mendeskripsikan kecenderungan baru tentang teori evolusi
5. Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada Salingtemas 5.1 Menjelaskan arti, prinsip dasar, dan jenis-jenis bioteknologi
5.2 Menjelaskan dan menganalisis peran bioteknologi serta implikasi hasil-hasil bioteknologi pada Salingtemas
Mata Pelajaran : Kimia
Tujuan
Mata pelajaran kimia di SMA/MA bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Membentuk sikap positif terhadap kimia dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa
2. Memupuk sikap ilmiah yaitu jujur, objektif, terbuka, ulet, kritis, dan dapat bekerjasama dengan orang lain
3. Memperoleh pengalaman dalam menerapkan metode ilmiah melalui percobaan atau eksperimen, dimana peserta didik melakukan pengujian hipotesis dengan merancang percobaan melalui pemasangan instrumen, pengambilan, pengolahan dan penafsiran data, serta menyampaikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis
4. Meningkatkan kesadaran tentang terapan kimia yang dapat bermanfaat dan juga merugikan bagi individu, masyarakat, dan lingkungan serta menyadari pentingnya mengelola dan melestarikan lingkungan demi kesejahteraan masyarakat
5. Memahami konsep,prinsip, hukum, dan teori kimia serta saling keterkaitannya dan penerapannya untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi.
A. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia 1.1 Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron
1.2 Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk
2. Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (stoikiometri) 2.1 Mendeskripsikan tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana serta persamaan reaksinya
2.2 Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
3. Memahami sifat-sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit, serta reaksi oksidasi-redukasi 3.1 Mengidentifikasi sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit berdasarkan data hasil percobaan.
3.2 Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi- reduksi dan hubungannya dengan tata nama senyawa serta penerapannya

4. Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul
4.1 Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon
4.2 Menggolongkan senyawa hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat senyawa
4.3 Menjelaskan proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya
4.4 Menjelaskan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan, sandang, papan, perdagangan, seni, dan estetika
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami struktur atom untuk meramalkan sifat-sifat periodik 1.1 Menjelaskan teori atom Bohr dan mekanika kuantum untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital serta menentukan letak unsur dalam tabel periodik

unsur, struktur molekul, dan sifat sifat senyawa 1.2 Menjelaskan teori jumlah pasangan elektron di sekitar inti atom dan teori hibridisasi untuk meramalkan bentuk molekul
1.3 Menjelaskan interaksi antar molekul (gaya antar molekul) dengan sifatnya
2. Memahami perubahan energi dalam reaksi kimia dan cara pengukurannya
2.1 Mendeskripsikan perubahan entalpi suatu reaksi, reaksi eksoterm, dan reaksi endoterm
2.2 Menentukan H reaksi berdasarkan percobaan, hukum Hess, data perubahan entalpi pembentukan standar, dan data energi ikatan
3. Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor-faktor yang mempengaruhi nya, serta penerapan nya dalam kehidupan sehari-hari dan industri 3.1 Mendeskripsikan pengertian laju reaksi dengan melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
3.2 Memahami teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan faktor-faktor penentu laju dan orde reaksi, dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari
3 3.3 Menjelaskan keseimbangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah keseimbangan dengan melakukan percobaan
3.4 Menentukan hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi keseimbangan
3.5 Menjelaskan penerapan prinsip keseimbangan dalam kehidupan sehari-hari dan industri

Kelas XI , Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
4. Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya
4.1 Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan
4.2 Menghitung banyaknya pereaksi dan hasil reaksi dalam larutan elektrolit dari hasil titrasi asam basa
4.3 Menggunakan kurva perubahan harga pH pada titrasi asam basa untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis
4.4 Mendeskripsikan sifat larutan penyangga dan peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup
4.5 Menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut
4.6 Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan dan hasil kali kelarutan
5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
5.1 Membuat berbagai sistem koloid dengan bahan-bahan yang ada di sekitarnya
5.2 Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Menjelaskan sifat- sifat koligatif
1.1 Menjelaskan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku larutan, dan
larutan non-elektrolit dan elektrolit tekanan osmosis termasuk sifat koligatif larutan
1.2 Membandingkan antara sifat koligatif larutan non elektrolit dengan sifat koligatif larutan elektrolit yang konsentrasinya sama berdasarkan data percobaan
2. Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari
2.1 Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dalam sistem elektrokimia yang melibatkan energi listrik dan kegunaannya dalam mencegah korosi dan dalam industri
2.2 Menjelaskan reaksi oksidasi-reduksi dalam sel elektrolisis
2.3 Menerapkan hukum Faraday untuk elektrolisis larutan elektrolit
3. Memahami karakteristik unsur-unsur penting, kegunaan dan bahayanya, serta terdapatnya di alam
3.1 Mengidentifikasi kelimpahan unsur-unsur utama dan transisi di alam dan produk yang mengandung unsur tersebut
3.2 Mendeskripsikan kecenderungan sifat fisik dan kimia unsur utama dan unsur transisi (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna, kelarutan, kereaktifan, dan sifat khusus lainnya)
3.3 Menjelaskan manfaat, dampak dan proses pembuatan unsur-unsur dan senyawanya dalam kehidupan sehari-hari
3.4 Mendeskripsikan unsur-unsur radioaktif dari segi sifat-sifat fisik dan sifat-sifat kimia, kegunaan, dan bahayanya

Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan turunannya, dan makromolekul
4.1 Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat)
4.2 Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, dan kegunaan benzena dan turunannya
4.3 Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan protein)
4.4 Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak

Mata Pelajaran : Sejarah
Tujuan
Mata pelajaran Sejarah bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
5. Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan
6. Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah dan metodologi keilmuan
7. Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah sebagai bukti peradaban bangsa Indonesia di masa lampau
8. Menumbuhkan pemahaman peserta didik terhadap proses terbentuknya bangsa Indonesia melalui sejarah yang panjang dan masih berproses hingga masa kini dan masa yang akan datang
9. Menumbuhkan kesadaran dalam diri peserta didik sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang memiliki rasa bangga dan cinta tanah air yang dapat diimplementasikan dalam berbagai bidang kehidupan baik nasional maupun internasional.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X , Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami prinsip dasar ilmu sejarah 1.1 Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah
1.2 Mendeskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara
1.3 Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
Kelas X , Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
2. Menganalisis peradaban Indonesia dan dunia 2.1 Menganalisis kehidupan awal masyarakat Indonesia
2.2 Mengidentifikasi peradaban awal masyarakat di dunia yang berpengaruh terhadap peradaban Indonesia
2.3 Menganalisis asal-usul dan persebaran manusia di kepulauan Indonesia
Program Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia pada masa negara-negara tradisional 1.1 Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia
1.2 Menganalisis perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
1.3 Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan Islam terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia
1.4 Menganalisis perkembangan kehidupan negara-negara, kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
1.5 Menganalisis proses interaksi antara tradisi lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di Indonesia
Program Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas XI , Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
2. Menganalisis perkembangan bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan pendudukan Jepang 2.1 Menganalisis perkembangan pengaruh Barat dan perubahan ekonomi, demografi, dan kehidupan sosial budaya masyarakat di Indonesia pada masa kolonial
2.2 Menganalisis hubungan antara perkembangan paham-paham baru dan transformasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
2.3 Menganalisis proses interaksi Indonesia-Jepang dan dampak pendudukan militer Jepang terhadap kehidupan masyarakat di Indonesia
3. Menganalisis sejarah dunia yang mempengaruhi sejarah Bangsa Indonesia dari abad ke-18 sampai dengan abad ke-20 3.1 Membedakan pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia
3.2 Menganalisis pengaruh revolusi industri di Eropa terhadap perubahan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia
Program Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas XII , Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia sejak proklamasi hingga lahirnya Orde Baru 1.1 Menganalisis peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan pembentukan pemerintahan Indonesia
1.2 Menganalisis perkembangan ekonomi-keuangan dan politik pada masa awal kemerdekaan sampai tahun 1950
2. 1.3 Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia dalam memperta¬hankan kemerdekaan dari ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan (antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI)
1.4 Menganalisis perkem¬bangan politik dan ekonomi serta perubahan masyarakat di Indonesia dalam upaya mengisi kemerdekaan
2. Menganalisis perjuangan sejak Orde Baru sampai dengan masa reformasi 2.1 Menganalisis perkembangan pemerintahan Orde Baru
2.2 Menganalisis proses berakhirnya pemerintah Orde Baru dan terjadinya reformasi
2.3 Menganalisis perkembangan politik dan ekonomi serta perubahan masyarakat di Indonesia pada masa reformasi
Kelas XII , Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
3. Menganalisis perkembangan sejarah dunia sejak Perang Dunia II sampai dengan perkembangan mutakhir 3.1 Menganalisis perkem¬bangan sejarah dunia dan posisi Indonesia di tengah perubahan politik dan ekonomi internasional setelah Perang Dunia II sampai dengan berakhirnya Perang Dingin
3.2 Menganalisis perkembangan mutakhir sejarah dunia

Program Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia dari negara tradisional, kolonial, pergerakan kebangsaan, hingga terbentuknya negara kebangsaan sampai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 1.1 Menganalisis perkembangan negara tradisional (Hindu-Buddha dan Islam) di Indonesia
1.2 Membandingkan perkembangan masyarakat Indonesia di bawah penjajahan: dari masa VOC, Pemerintahan Hindia Belanda, Inggris, sampai Pemerintahan Pendudukan Jepang
1.3 Menganalisis proses kelahiran dan perkembangan nasionalisme Indonesia
1.4 Menganalisis terbentuknya negara Kebangsaan Indonesia
Kelas XI , Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
2. Merekonstruksi perjuangan bangsa Indonesia sejak masa Proklamasi hingga lahirnya Orde Baru 2.1 Merekonstruksi perkembangan masyarakat Indonesia sejak proklamasi hingga Demokrasi Terpimpin
2.2 Menganalisis pergantian pemerintahan dari Demokrasi Terpimpin sampai lahirnya Orde Baru
Program Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas XII , Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Merekonstruksi perjuangan bangsa Indonesia sejak masa Proklamasi sampai masa Reformasi 1. 1 Merekonstruksi perkembangan masyarakat Indonesia pada masa Orde Baru
1.2 Merekonstruksi perkembangan masyarakat Indonesia pada masa Reformasi
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
2. Menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada abad ke-20 2.1 Menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan hubungannya dengan Perang Dunia II dan Perang Dingin
2.2 Menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia
Program Keagamaan
Kelas XI , Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia pada masa negara-negara tradisional 1.1 Menganalisis perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan (Hindu-Buddha dan Islam) di Indonesia
1.2 Menganalisis perkembangan kebudayaan Hindu-Buddha dan Islam di Nusantara terutama dalam bidang bahasa dan karya sastra
Kelas XI , Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
2. Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia pada masa kolonial dan tumbuhnya pergerakan kebangsaan Indonesia 2.1 Menganalisis perkembangan masyarakat Indonesia di bawah penjajahan: dari masa VOC, Pemerintahan Hindia Belanda, Inggris, sampai Pemerintahan Pendudukan Jepang
2.2 Menganalisis perkembangan kebudayaan masyarakat Nusantara di bawah penjajahan asing terutama dalam bidang bahasa dan karya sastra
2.3 Menganalisis proses kelahiran dan perkembangan nasionalisme Indonesia
Program Kegamaan
Kelas XII , Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Merekonstruksi perjuangan bangsa Indonesia sejak proklamasi hingga lahirnya Orde Baru 1.1 Merekonstruksi perkembangan masyarakat Indonesia sejak proklamasi hingga Demokrasi Terpimpin
1.2 Menganalisis pemerintahan dari Demokrasi Terpimpin sampai lahirnya Orde Baru
1.3 Menganalisis perkembangan kebudayaan masyarakat Indonesia sejak proklamasi hingga Demokrasi Terpimpin terutama dalam bidang bahasa dan karya sastra
Kelas XII , Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
2. Merekonstruksi perjuangan bangsa sejak Orde Baru sampai dengan masa Reformasi 2.1 Merekonstruksi perkembangan masyarakat Indonesia sejak pemerintahan Orde Baru sampai dengan masa Reformasi
2.2 Menganalisis perkem¬bangan kebudayaan masyarakat Indonesia sejak Orde Baru sampai dengan masa Reformasi terutama dalam bidang bahasa dan karya sastra

Mata Pelajaran : Geografi
Tujuan
Mata pelajaran Geografi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memahami pola spasial, lingkungan dan kewilayahan serta proses yang berkaitan
2. Menguasai keterampilan dasar dalam memperoleh data dan informasi, mengkomunikasikan dan menerapkan pengetahuan geografi
3. Menampilkan perilaku peduli terhadap lingkungan hidup dan memanfaatkan sumber daya alam secara arif serta memiliki toleransi terhadap keragaman budaya masyarakat.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi
1.1 Menjelaskan konsep geografi
1.2 Menjelaskan pendekatan geografi
1.3 Menjelaskan prinsip geografi
1.4 Mendeskripsikan aspek geografi
2. Memahami sejarah pembentukan bumi 2.1 Menjelaskan sejarah pembentukan bumi
2.2 Mendeskripsikan tata surya dan jagad raya

Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
3. Menganalisis unsur-unsur geosfer 3.1 Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
3.2 Menganalisis atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
3.3 Menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
Program Ilmu Sosial
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer

1.1 Menjelaskan pengertian fenome na biosfer
1.2 Menganalisis sebaran hewan dan tumbuhan
1.3Menjelaskan pengertian fenomena antroposfer
1.4 Menganalisis aspek kependudu kan
2. Memahami Sumber Daya Alam
2.1 Menjelaskan pengertian Sumber Daya Alam
2.2Mengidentifikasi jenis-jenis Sum ber Daya Alam
2.3Menjelaskan pemanfaatan Sum ber Daya Alam secara arif
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
3. Menganalisis pemanfaatan dan
3.1 Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam
pelestarian lingkungan hidup kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
3.2 Menganalisis pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
Program Ilmu Sosial
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Mempraktikkan keterampilan dasar peta dan pemetaan

1.1 Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
1.2 Mempraktikkan keterampilan dasar peta dan pemetaan
1.3 Menganalisis lokasi industri dan pertanian dengan memanfaatan peta
2. Memahami pemanfaatan citra penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG) *) 2.1 Menjelaskan pemanfaatan citra penginderaan jauh
2.2 Menjelaskan pemanfaatan Sistem Informasi Geografis (SIG)
*) dilaksanakan sesuai dengan kondisi sekolah
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
3. Menganalisis wilayah dan pewilayahan 3.1 Menganalisis pola persebaran, spasial, hubungan, serta interaksi spasial antara desa dan kota
3.2 Menganalisis kaitan antara konsep wilayah dan pewilayahan dengan perencanaan pembangunan wilayah
3.3 Menganalisis wilayah dan pewilayahan negara maju dan berkembang

Mata Pelajaran : Ekonomi
Tujuan
Mata pelajaran Ekonomi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memahami sejumlah konsep ekonomi untuk mengkaitkan peristiwa dan masalah ekonomi dengan kehidupan sehari-hari, terutama yang terjadi dilingkungan individu, rumah tangga, masyarakat, dan negara
2. Menampilkan sikap ingin tahu terhadap sejumlah konsep ekonomi yang diperlukan untuk mendalami ilmu ekonomi
3. Membentuk sikap bijak, rasional dan bertanggungjawab dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi yang bermanfaat bagi diri sendiri, rumah tangga, masyarakat, dan negara
4. Membuat keputusan yang bertanggungjawab mengenai nilai-nilai sosial ekonomi dalam masyarakat yang majemuk, baik dalam skala nasional maupun internasional
B. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi 1.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia
1.2 Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
1.3 Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi
1.4 Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain
1.5 Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi
2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen 2.1 Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi
2.2 Mendeskripsikan Circulair Flow Diagram
2.3 Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen
3 Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar 3.1 Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
3.2 Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya
3.3 Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah keseimbangan
3.4 Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang
3.5 Mendeskripsikan pasar input
Kelas X , Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
4. Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi
4.1 Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro
4.2 Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi
5. Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), Pendapatan Nasional (PN) 5.1 Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, PN
5.2 Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional
5.3 Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain
5.4 Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi
6. Memahami konsumsi dan investasi 6.1 Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan
6.2 Mendeskripsikan kurva permintaan investasi
7 Memahami uang dan perbankan 7.1 Menjelaskan konsep permintaan dan penawaran uang
7.2 Membedakan peran bank umum dan bank sentral
7.3 Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang moneter
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi 1.1 Mengklasifikasi ketenagakerjaan
1.2 Mendeskripsikan tujuan pembangunan
1.3 Mendeskripsikan proses pertumbuhan ekonomi
1.4 Mendeskripsikan pengangguran beserta dampaknya terhadap pembangunan nasional
2. Memahami APBN dan APBD 2.1 Menjelaskan pengertian, fungsi, tujuan APBN dan APBD
2.2 Mengidentifikasi sumber-sumber penerimaan pemerintah pusat dan pemerintah daerah
2.3 Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang fiskal
2.4 Mengidentifikasi jenis-jenis pengeluaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah

3. Mengenal Pasar modal 3.1 Mengenal jenis produk dalam bursa efek
3.2 Mendeskripsikan mekanisme kerja bursa efek
4. Memahami perekonomian
terbuka 4.1 Mengidentifikasi manfaat, keuntungan dan faktor-faktor pendorong perdagangan internasional
4.2 Mengidentifikasi kurs tukar valuta asing, dan neraca pembayaran
4.3 Menjelaskan konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping
4.4 Menjelaskan pengertian devisa, fungsi sumber-sumber devisa dan tujuan penggunaannya
KELAS XI, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
5. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa 5.1 Mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi
5.2 Menafsirkan persamaan akuntansi
5.3 Mencatat transaksi berdasarkan mekanisme debit dan kredit
5.4 Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal umum
5.5 Melakukan posting dari jurnal ke buku besar
5.6 Membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan jasa
5.7 Menyusun laporan keuangan perusahaan jasa
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang 1.1 Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus
1.2 Melakukan posting dari jurnal khusus ke buku besar
1.3 Menghitung harga pokok penjualan
1.4 Membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan dagang
1.5 Menyusun laporan keuangan perusahaan dagang
2. Mamahami penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang 2.1 Membuat jurnal penutupan
2.2 Melakukan posting jurnal penutupan ke buku besar
2.3 Membuat neraca saldo setelah penutupan buku
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
3. Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian nasional 3.1 Menjelaskan unsur-unsur manajemen
3.2 Menjelaskan fungsi manajemen dalam pengelolaan badan usaha
3.3 Mendeskripsikan peran badan usaha dalam perekonomian Indonesia
4. Memahami pengelolaan koperasi dan kewirausahaan 4.1 Mendeskripsikan cara pengembangan koperasi dan koperasi sekolah
4.2 Menghitung pembagian sisa hasil usaha
4.3 Mendeskripsikan peran dan jiwa kewirausahaan

Mata Pelajaran : Sosiologi
Tujuan
Mata pelajaran sosiologi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memahami konsep-konsep sosiologi seperti sosialisasi, kelompok sosial, struktur sosial, lembaga sosial, perubahan sosial, dan konflik sampai dengan terciptanya integrasi sosial
2. Memahami berbagai peran sosial dalam kehidupan bermasyarakat
3. Menumbuhkan sikap, kesadaran dan kepedulian sosial dalam kehidupan bermasyarakat.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat 1.1 Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan
1.2 Mendeskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
1.3 Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
2. Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian 2.1 Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian
2.2 Mendeskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial
2.3 Menerapkan pengetahuan sosiologi dalam kehidupan bermasyarakat
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial 1.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan
1.2 Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat
1.3 Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
2. Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
2.1 Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
2.2 Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
2.3 Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami dampak perubahan sosial 1.1 Menjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat
1.2 Menganalisis dampak perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat
2. Memahami lembaga sosial 2.1 Menjelaskan hakikat lembaga sosial
2.2 Mengklasifikasikan tipe-tipe lembaga sosial
2.3 Mendeskripsikan peran dan fungsi lembaga sosial
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
3. Mempraktikkan metode penelitian sosial 3.1 Merancang metode penelitian sosial secara sederhana
3.2 Melakukan penelitian sosial secara sederhana
3.3 Mengkomunikasikan hasil penelitian sosial secara sederhana

Mata Pelajaran : Antropologi
Tujuan
Mata pelajaran antropologi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memahami dasar-dasar antropologi
2. Memahami, memecahkan dan menelaah secara kritis dan rasional tentang berbagai fenomena sosial budaya.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Menganalisis kesamaan dan keberagaman budaya

1.1 Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh budaya asing, dan hubungan antar budaya
1.2 Melakukan pengamatan tentang potensi keberagaman budaya yang ada di masyarakat setempat dalam kaitannya dengan budaya nasional
1.3 Mengidentifikasi berbagai alternatif penyelesaian masalah akibat adanya keberagaman budaya
1.4 Menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman budaya
2. Menganalisis unsur-unsur proses
dinamika dan pewarisan budaya
dalam rangka integrasi nasional 2.1 Mendeskripsikan unsur-unsur budaya
2.2 Mendeskripsikan hubungan dan fungsi bahasa, seni dan agama/religi/kepercayaan
2.3 Mengidentifikasi karakteristik dinamika budaya melalui contoh yang terdapat di masyarakat setempat dan berbagai faktor yang mendorong terjadinya dinamika budaya
2.4 Mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong dan menghambat integrasi nasional
2.5 Membandingkan proses pewarisan budaya pada masyarakat tradisional dan modern

Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
3. Memahami kesamaan dan keberagaman bahasa dan dialek

3.1 Mengamati bahasa dan dialek yang digunakan oleh masyarakat
3.2 Menjelaskan keterkaitan antara bahasa dan dialek
3.3 Menjelaskan keberadaan dan perkembangan tradisi lisan dalam masyarakat setempat
3.4 Mengidentifikasi bahasa-bahasa yang terdapat di Indonesia serta menunjukkan karakteristik dan wilayahnya (Austronesia dan Papua)
3.5 Mengembangkan sikap kepedulian terhadap bahasa, dialek dan tradisi lisan
Kelas XII Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami kesamaan dan keberagaman seni

1.1 Mengidentifikasi keberagaman bentuk dan perkembangan seni di Indonesia (Seni Rupa, Sastra dan Pertunjukan)
1.2 Menjelaskan hubungan antara karya seni, pelaku seni, dan masyarakat
1.3 Menentukan sikap terhadap dampak dari potensi seni
2. Memahami kesamaan dan keberagaman agama/religi dan kepercayaan
2.1 Membedakan konsep agama bumi/alam dengan agama wahyu
2.2 Mendeskripsikan agama/religi dan kepercayaan yang berkembang di Indonesia
2.3 Menunjukkan perilaku keagamaan yang berdampak dalam kehidupan bermasyarakat
2.4 Menjelaskan fungsi agama/religi dan kepercayaan

Kelas XII Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
3. Menganalisis pengaruh IPTEK terhadap penyebaran bahasa lokal
3.1 Menganalisis pengaruh IPTEK terhadap masyarakat dan perkembangan budaya
3.2 Mendeskripsikan proses pewarisan IPTEK dan kendalanya di lingkungan masyarakat
3.3 Menghargai hasil karya IPTEK
3.4 Melakukan studi etnografi dan pemetaan penyebaran bahasa lokal
3.5 Mengkomunikasikan hasil studi dalam bentuk artikel, makalah, atau karya foto
Mata Pelajaran : Seni dan Budaya
Tujuan
Mata pelajaran Seni Budaya bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memahami konsep dan pentingnya seni budaya
2. Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya
3. Menampilkan kreativitas melalui seni budaya
4. Menampilkan peran serta dalam seni budaya dalam tingkat lokal, regional, maupun global.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Seni Khat
1. Mengapresiasi karya seni khat 1.1 Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni khat terapan
1.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni khat sulus terapan
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni khat 2.1

2.2 Merancang karya seni khat terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
Membuat karya seni khat terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
Seni Musik Islami
3. Mengapresiasi karya seni musik Islami 3.1 Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik Islami dalam konteks budaya masyarakat setempat
3.2 Mengungkapkan pengalaman musikal dari hasil pengamatan terhadap pertunjukan musik Islami setempat.
. 3.3 Menunjukkan nilai-nilai musikal dari hasil pengalaman musikal yang didapatkan melalui pertunjukan musik Islami setempat
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik Islami 4.1 Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir lagu dengan beragam teknik, media, dan materi musik/lagu Islami daerah setempat
4.2 Menampilkan lagu yang telah diaransir di kelas
Seni Kareografi Islami
5. Mengapresiasi karya seni tari Islami 5.1 Mengidentifikasi jenis, peran, dan perkembangan tari Nusantara dalam konteks budaya masyarakat Islam Banjar
5.2 Mengidentifikasi keunikan gerak, kostum, iringan tari Nusantara dalam konteks budaya masyarakat Islam daerah Banjar dalam bentuk tari tunggal
6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari Islami 6.1 Mengidentifikasi gagasan untuk disusun ke dalam tari kreasi Islami daerah banjar dalam bentuk tari tunggal
6.2 Menampilkan seni tari kreasi Islami daerah Banjar dalam bentuk tari tunggal
Seni Teater Islami
7. Mengapresiasi karya seni teater Islami 7.1 Mendeskripsikan perkembangan teater tradisional daerah setempat dalam konteks budaya masyarakat Muslim Banjar
7.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur estetis pertunjukan teater tradisional Islam daerah Banjar
7.3 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap pesan moral (kearifan lokal) pertunjukan teater tradisional Islam daerah Banjar
8. Mengekspresikan diri melalui seni teater Islami 8.1

8.2

8.3 Mengeksplorasi teknik olah tubuh, pikiran, dan suara
Merancang pergelaran teater tradisional Islam daerah Banjar
Menerapkan prinsip kerja sama dalam berteater

Keterangan:
Seni rupa terapan: Seni rupa yang memiliki fungsi praktis, meliputi disain dan seni kriya.
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Seni Rupa
9. Mengapresiasi karya seni rupa 9.1 Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara
9.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa 10.1
Merancang karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara
10.2
Membuat karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara
10.3
Menyiapkan karya seni rupa buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah
10.4 Menata karya seni rupa buatan sendiri dalam bentuk pameran di kelas atau di sekolah
Seni Musik
11. Mengapresiasi karya seni musik 11.1 Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik non tradisional dalam konteks budaya masyarakat setempat
11.2 Mengungkapkan pengalaman musikal dari hasil pengamatan terhadap pertunjukan musik tradisional setempat
11.3 Menunjukkan nilai-nilai musikal dari hasil pengalaman musikal yang didapatkan melalui pertunjukan musik non tradisional setempat

12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik 12.1 Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir lagu dengan beragam teknik, media, dan materi musik non tradisional daerah setempat
12.2 Menyiapkan pertunjukan musik tradisional dan non tradisional di sekolah
12.3 Menggelar pertunjukan musik tradisional dan non tradisional di sekolah
Seni Tari
13. Mengapresiasi karya seni tari 13.1 Mengidentifikasi jenis, peran, dan perkembangan tari Nusantara daerah setempat dalam konteks budaya masyarakat daerah setempat
13.2 Mengidentifikasi keunikan gerak, kostum, iringan tari Nusantara daerah setempat yang berpasangan/ kelompok dalam konteks budaya masyarakat daerah setempat
14. Mengekspesikan diri melalui karya seni tari 14.1 Mengidentifikasi gagasan untuk disusun ke dalam tari kreasi daerah setempat dalam bentuk tari tunggal atau berpasangan/ kelompok
14.2 Menampilkan seni tari kelompok/
berpasangan berdasarkan tari Nusantara daerah setempat
14.3 Menyiapkan pertunjukan karya seni tari kreasi dalam bentuk tari tunggal atau berpasangan/ kelompok di kelas atau sekolah
14.4 Menggelar pertunjukan karya seni tari kreasi dalam bentuk tari tunggal atau berpasangan/ kelompok di kelas atau sekolah
Teater
15. Mengapresiasi karya seni teater 15.1 Mendeskripsikan perkembangan teater non tradisional daerah setempat dalam konteks budaya masyarakat
15.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur estetis pertunjukan teater non tradisional daerah setempat
15.3 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap pesan moral (kearifan lokal) pertunjukan teater non tradisional daerah setempat
16. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater 16.1
Mengeksplorasi teknik olahtubuh, pikiran, dan suara
16.2 Merancang pergelaran karya seni teater kreatif yang dikembangkan dari seni teater tradisional daerah setempat
16.3 Menerapkan prinsip kerja sama dalam berteater
16.4 Menyiapkan pertunjukan teater tradisional daerah setempat dan teater kreatif yang dikembangkan dari seni teater tradisional daerah setempat

Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Seni Rupa (IPS, Bahasa)
1. Mengapresiasi karya seni kriya 1.1 Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara
1.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni kriya 2.1
Merancang karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara
2.2 Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara
2.3 Menyiapkan karya seni kriya buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah
2.4 Menata karya seni kriya buatan sendiri dalam bentuk pameran di kelas atau di sekolah
Seni Rupa (IPA)
1. Mengapresiasi karya seni rupa 1.1 Mengidentifikasi gagasan, teknik, dan bahan dalam karya seni rupa terapan Nusantara
1.2 Menampilkan sikap apresiatif atas keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara
2. Membuat karya seni rupa 2.1 Menggambar teknik/mistar
2.2 Merancang karya seni kriya dengan mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan Nusantara
2.3 Membuat karya seni kriya dengan mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan Nusantara
Seni Musik
3. Mengapresiasi karya seni musik 3.1 Mengidentifikasi makna dan peranan musik tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat
3.2 Menunjukkan nilai-nilai dari pengalaman musikal yang terkandung pada musik tradisional Nusantara
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik 4.1 Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir/merancang karya musik dengan menggali beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik tradisional Nusantara
4.2 Menampilkan karya musik yang telah diaransir di kelas
Seni Tari
5. Mengapresiasi karya seni tari 5.1 Mengidentifikasi jenis, peran, dan perkembangan tari tunggal Nusantara sesuai konteks budaya masyarakat
5.2 Mendiskripsikan unsur estetis tari tunggal Nusantara dari hasil pengamatan pertunjukan
5.3 Mengidentifikasi keunikan tari tunggal Nusantara dalam konteks budaya masyarakat
6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari 6.1 Menyusun sinopsis kreasi bentuk tari tunggal berdasarkan tari Nusantara.
6.2 Menampilkan kreasi bentuk tari tunggal berdasarkan tari Nusantara
Seni Teater
7. Mengapresiasi karya seni teater 7.1 Mengidentifikasi makna, simbol/filosofi, serta peran teater tradisional dalam konteks kehidupan budaya masyarakat
7.2 Menunjukkan kualitas estetis teater tradisional Nusantara berdasarkan pengamatan terhadap pertunjukan
7.3 Menunjukkan pesan moral (kearifan lokal) teater tradisional Nusantara
8. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater 8.1 Mengeksplorasi teknik olahtubuh, pikiran, dan suara
8.2 Merancang karya seni teater kreatif yang dikembangkan dari seni teater tradisional Nusantara
8.3 Menerapkan prinsip kerja sama dalam berteater
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Seni Rupa (IPS, Bahasa)
9. Mengapresiasi karya seni kriya 9.1 Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya Mancanegara
9.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya Mancanegara
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni kriya 10.1
Merancang karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak di Mancanegara
10.1 Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak di Mancanegara
10.2 Menyiapkan karya seni kriya buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah
10.3 Menata karya seni kriya buatan sendiri dalam bentuk pameran di kelas atau di sekolah
Seni Rupa (IPA)
11. Mengapresiasi karya seni rupa 11.1 Mengidentifikasi gagasan, teknik, dan bahan dalam karya seni rupa terapan Mancanegara
11.2 Menampilkan sikap apresiatif atas keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Mancanegara
12. Membuat karya seni rupa 12.1 Menggambar teknik/Proyeksi
12.2 Merancang karya seni dengan mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan
12.3 Membuat karya seni dengan mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan
12.4 Menyiapkan karya seni rupa hasil karya sendiri untuk pameran kelas atau sekolah
12.5 Menata karya seni rupa hasil karya sendiri dalam bentuk pameran kelas atau sekolah
Seni Musik
13. Mengapresiasi karya seni musik 13.1 Mengidentifikasi makna dan peranan musik non tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat
13.2 Menunjukkan nilai-nilai dari pengalaman musikal yang terkandung pada musik non tradisional Nusantara
14. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik 14.1 Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir/merancang karya musik dengan menggali beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik non tradisional Nusantara
14.2 Menyiapkan pertunjukan musik di kelas
14.3 Menggelar pertunjukan musik di kelas
Seni tari
15. Mengapresiasi karya seni tari 15.1 Mengidentifikasi jenis, peran, dan perkembangan tari kelompok/ berpasangan Nusantara sesuai konteks budaya masyarakat
15.2 Mendeskripsikan unsur estetis tari kelompok/berpasangan Nusantara dari hasil pengamatan pertunjukan
15.3 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan tari kelompok/berpasangan Nusantara dalam konteks budaya masyarakat
16. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari 16.1 Menyusun sinopsis kreasi tari kelompok/berpasangan berdasarkan tari Nusantara
16.2 Mempertunjukkan karya seni tari kelompok/berpasangan kreasi sendiri dan kreasi orang lain di sekolah
Seni Teater
17. Mengapresiasi karya seni teater 17.1 Mengidentifikasi makna, simbol/filosofi, serta peran teater non tradisional dalam konteks kehidupan budaya masyarakat
17.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap kualitas estetis teater non tradisional Nusantara berdasarkan pengamatan terhadap pertunjukan
17.3 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap pesan moral (kearifan lokal) teater non tradisional Nusantara
18. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater 18.1 Mengeksplorasi teknik olahtubuh, pikiran, dan suara
18.2 Merancang teater kreatif berdasarkan teater non tradisional Nusantara
18.3 Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater
18.4 Menyiapkan pertunjukan teater tradisional dan non tradisional yang telah dirancang
18.5 Menggelar pertunjukan teater tradisional dan non tradisional yang telah dirancang
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Seni Rupa (IPS,Kegamaan)
1. Mengapresiasi karya seni rupa 1.1
Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer
1.2 Menjelaskan perkembangan seni rupa modern/kontemporer Mancanegara
1.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer

2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa 2.1
Merancang karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara
2.2
Membuat karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara
Seni Rupa (IPA)
1. Mengapresiasi karya seni rupa 1.1
Mengidentifikasi gagasan, teknik, dan bahan dalam karya seni rupa modern/kontemporer
1.2 Menjelaskan perkembangan seni rupa modern/kontemporer Mancanegara
1.3 Menampilkan sikap apresiatif atas keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer
2. Membuat karya seni rupa 2.1 Menggambar teknik/ perspektif
2.2 Merancang karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara
2.3 Membuat karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara
Seni Musik
3. Mengapresiasi karya seni musik 3.1 Mengidentifikasi makna dan peranan musik Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat
3.2 Menunjukkan nilai-nilai dari pengalaman musikal hasil pengamatan terhadap pertunjukan karya musik Nusantara
4. Mmengekspresikan diri melalui) karya seni musik
4.1 Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir karya musik dengan menggali beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik Nusantara
4.2 Menampilkan karya musik yang telah diaransir
Seni Tari
5. Mengapresiasi karya seni tari 5.1 Mengidentifikasi jenis, peran, dan perkembangan tari tunggal kreasi nonetnik sesuai konteks budaya masyarakat daerah setempat
5.2 Mengidentifikasi jenis dan peran tari kelompok kreasi nonetnik dalam konteks kehidupan budaya masyarakat daerah setempat
5.3 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan tari tunggal kreasi nonetnik dalam konteks budaya masyarakat daerah setempat
6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari 6.1 Menyusun sinopsis kreasi tari tunggal non etnik
6.2 Menyusun sinopsis kreasi tari kelompok nonetnik
Seni Teater
7. Mengapresiasi karya seni teater 7.1 Mengidentifikasi makna dan peranan pertunjukan teater tradisional mancanegara (Asia) dalam konteks kehidupan budaya masyarakat
7.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur estetis teater tradisional mancanegara (Asia) berdasarkan pengamatan pertunjukan
7.3 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap pesan moral (kearifan lokal) teater tradisional Mancanegara (Asia)
8. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater 8.1 Mengeksplorasi teknik olahtubuh, pikiran, dan suara
8.2 Merancang karya teater kreatif yang dikembangkan dari teater tradisional mancanegara (Asia)
8.3 Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Seni Rupa (IPS, Bahasa)
9. Mengapresiasi karya seni rupa 9.1

9.2 Membandingkan seni rupa tradisional dengan seni rupa modern/kontemporer
Menjelaskan perkembangan seni rupa modern/kontemporer di Indonesia
9.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer di Indonesia
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa 10.1
Membuat karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam corak dan teknik seni rupa
10.2
Membuat karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara
10.3 Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran sekolah atau luar sekolah
10.4 Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran sekolah atau luar sekolah
Seni Rupa (IPA)
9. Mengapresiasi karya seni rupa 9.1
Membandingkan corak seni rupa tradisional dengan seni rupa modern/kontemporer
9.2 Menjelaskan perkembangan seni rupa modern/kontemporer di Indonesia
9.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer Indonesia dengan memperhatikan konteks kehidupan masyarakat
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa 10.1 Menggambar teknik/ perspektif lanjutan
10.2 Membuat karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam corak dan teknik seni rupa
10.3 Menyiapkan karya seni rupa yang telah diciptakan untuk pameran di sekolah atau luar sekolah
10.4 Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran sekolah atau luar sekolah

Seni Musik
11. Mengapresiasi karya seni musik 11.1 Mengidentifikasi makna dan peranan musik tradisional Mancanegara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat
11.2 Menunjukkan nilai-nilai dari pengalaman musikal hasil pengamatan terhadap pertunjukan karya musik tradisional Mancanegara (NonAsia)

12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik 12.1 Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir karya musik dengan menggali beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik tradisional Mancanegara (NonAsia)
12.2 Menyiapkan pertunjukan musik tradisional, non tradisional atau Mancanegara (NonAsia) di sekolah atau luar sekolah
12.3 Menampilkan pertunjukan musik tradisional, non tradisional atau Mancanegara (NonAsia) di sekolah atau luar sekolah

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Seni Tari
13. Mengapresiasi karya seni tari 13.1 Mengidentifikasi jenis, peran, dan perkembangan tari tunggal Mancanegara (NonAsia) sesuai konteks budaya masyarakatnya
13.2 Mengidentifikasi jenis dan peran tari kelompok Mancanegara (NonAsia) dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya
13.3 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan tari tunggal Mancanegara (NonAsia) dalam konteks budaya masyarakatnya
14. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari 14.1 Menyusun sinopsis kreasi tari tunggal dan kelompok
14.2 Menyiapkan pertunjukan seni tari kreasi (tari tunggal dan kelompok) di sekolah
14.3 Mempertunjukkan seni tari kreasi (tari tunggal dan kelompok) di sekolah
Seni Teater
15. Mengapresiasi karya seni teater 15.1 Mengidentifikasi makna dan peranan pertunjukan teater non tradisional mancanegara (NonAsia) dalam konteks kehidupan budaya masyarakat
15.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur estetis teater non tradisional Mancanegara (NonAsia) berdasarkan pengamatan pertunjukan
15.3 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap pesan moral (kearifan lokal) teater non tradisional Mancanegara (NonAsia)
16 Mengekspresikan diri melalui karya seni teater 16.1 Mengeksplorasi teknik olahtubuh, pikiran, dan suara
16.2 Merancang karya teater kreatif yang dikembangkan dari teater non tradisional Mancanegara (NonAsia)
16.3 Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater
16.4 Menyiapkan pertunjukan teater kreatif yang diciptakan sendiri
16.5 Menggelar pertunjukan teater kreatif yang diciptakan sendiri

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani
Tujuan
Mata pelajaran Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih
2. Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik
3. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
4. Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
5. Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis
6. Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
7. Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
1.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**)
1.2 Mempraktikkan keterampilan salah satu permainan olahraga beregu bola kecil dengan menggunakan alat dan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri**)
1.3 Mempraktikkan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**)
1.4 Mempraktikkan keterampilan salah satu cabang olahraga bela diri serta nilai kejujuran, menghargai orang lain, kerja keras dan percaya diri**)
2. Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani dan cara mengukurnya sesuai dengan kebutuhan dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya 2.1 Mempraktikkan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran jasmani dalam bentuk sederhana serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
2.2 Mempraktikkan tes kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri.
2.3 Mempraktikkan perawatan tubuh agar tetap segar
3. Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya
3.1 Mempraktikkan rangkaian senam lantai dengan menggunakan bantuan serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab, menghargai teman
3.2 Mempraktikkan rangkaian senam lantai tanpa alat serta nilai percaya diri, kerjasama dan tanggung jawab
4. Mempraktikkan aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi yang baik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
4.1 Mempraktikkan keterampilan gerak dasar langkah dan lompat pada aktivitas ritmik tanpa alat serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan
4.2 Mempraktikkan keterampilan dasar ayunan lengan pada aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak yang benar serta nilai disiplin, toleransi dan estetika
5. Mempraktikkan salah satu gaya renang dan loncat indah sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*) 5.1 Mempraktikkan keterampilan dasar salah satu gaya renang serta nilai disiplin, keberanian, tanggung jawab, dan kerja keras
5.2 Mempraktikkan keterampilan teknik dasar loncat indah dari samping kolam dengan teknik serta nilai disiplin, keberanian, tanggung jawab, dan kerja keras
6. Mempraktikkan perencanaan penjelajahan dan penyelamatan aktivitas di alam bebas dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)
6.1 Mempraktikkan keterampilan dasar-dasar kegiatan menjelajah pantai serta nilai tanggung jawab, kerjasama, toleransi, tolong menolong, melaksanakan keputusan kelompok
6.2 Mempraktikkan keterampilan dasar penyelamatan kegiatan penjelajahan di pantai serta nilai tanggung jawab, kerjasama, toleransi, tolong menolong, keputusan dalam kelompok
6.3 Mempraktikkan keterampilan memilih makanan dan minuman yang sehat
7. Menerapkan budaya hidup sehat 7.1 Menganalisis bahaya penggunaan narkoba
7.2 Memahami berbagai peraturan perundangan tentang narkoba
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
8. Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 8.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri **)
8.2 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga bola kecil dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, percaya diri**)
8.3 Mempraktikkan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri **)
8.4 Mempraktikkan keterampilan olahraga bela diri serta nilai kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri**)
9. Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani dan cara mengukurnya sesuai dengan kebutuhan dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya 9.1 Mempraktikkan berbagai bentuk kebugaran jasmani sesuai dengan kebutuhan serta nilai kejujuran, tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
9.2 Mempraktikkan tes kebugaran dan interpretasi hasil tes dalam menentukan derajat kebugaran serta nilai kejujuran, semangat, tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri

10. Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya
10.1 Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai dengan menggunakan alat serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman
10.2 Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai tanpa alat serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman
11. Mempraktikkan aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi yang baik dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya 11.1 Mempraktikkan kombinasi keterampilan langkah kaki dan ayunan lengan pada aktivitas ritmik berirama tanpa alat serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika
11.2 Mempraktikkan rangkaian senam irama tanpa alat dengan koordinasi gerak serta nilai disiplin, toleransi, keluesan dan estetika
12. Mempraktikkan keterampilan beberapa gaya renang dan pertolongan kecelakaan di air dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya*) 12.1 Mempraktikkan kombinasi teknik renang gaya dada, gaya bebas dan salah satu gaya lain serta nilai disiplin, kerja keras keberanian dan tanggung jawab
12.2 Mempraktikkan keterampilan dasar pertolongan kecelakaan di air dengan sistim Resusitasi Jantung dan Paru (RJP) serta nilai disiplin, kerja keras keberanian dan tanggung jawab
13. Mempraktikkan perencanaan penjelajahan dan penyelamatan aktivitas di alam bebas dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)
13.1 Mempraktikkan keterampilan dasar-dasar kegiatan menjelajah gunung serta nilai tanggung jawab, kerjasama, toleransi, tolong-menolong, dan melaksanakan keputusan dalam kelompok
13.2 Mempraktikkan keterampilan dasar penyelamatan penjelajahan di pegunungan serta nilai tanggung jawab, kerjasama, toleransi, tolong menolong, dan melaksanakan keputusan kelompok
13.3 Mempraktikkan keterampilan penjagaan lingkungan yang sehat
14. Menerapkan budaya hidup sehat 14.1 Menganalisis dampak seks bebas
14.2 Memahami cara menghindari seks bebas
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dengan teknik dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya.
1.1 Mempraktikkan keterampilan teknik bermain salah satu permainan olahraga bola besar secara sederhana serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri **)
1.2 Mempraktikkan keterampilan teknik bermain salah satu permainan olahraga bola kecil secara sederhana serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, kerja keras dan percaya diri**)
1.3 Mempraktikkan keterampilan teknik salah satu nomor atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras dan percaya diri **)
1.4 Mempraktikkan keterampilan teknik penyerangan salah satu permainan olahraga bela diri serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai orang lain, kerja keras dan percaya diri**)
2. Mempraktikkan aktivitas pengembangan untuk meningkatkan kualitas kebugaran jasmani dan cara pengukurannya dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya 2.1 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan kelincahan, power dan daya tahan untuk peningkatan kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
2.2 Mempraktikkan tes untuk kelincahan, power dan daya tahan dalam kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
3. Mempraktikkan keterampilan senam dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
3.1 Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam ketangkasan dengan menggunakan alat serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab, menghargai teman
3.2 Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam ketangkasan tanpa menggunakan alat serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab, menghargai teman
4. Mempraktikkan aktivitas ritmik menggunakan alat dengan koordinasi dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya 4.1 Mempraktikkan keterampilan aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak lanjutan serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan dan estetika
4.2 Mempraktikkan keterampilan aktivitas ritmik menggunakan alat serta nilai disiplin, toleransi,kerja sama, keluesan dan estetika
5. Mempraktikkan salah satu gaya renang dan loncat indah dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya*) 5.1 Mempraktikkan keterampilan salah satu gaya renang untuk pertolongan serta nilai disiplin, keberanian, kerja sama, dan kerja keras
5.2 Metakukan keterampilan loncat indah dari papan satu meter dengan teknik serta nilai disiplin, keberanian dan kerja keras
6. Menerapkan budaya hidup sehat 6.1 Memahami bahaya HIV/AIDS
6.2 Memahami cara penularan HIV/AIDS
6.3 Memahami cara menghindari penularan HIV/AIDS
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
7. Mempraktikkan berbagai keterampilan dasar permainan olahraga dengan teknik dan taktik , dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya
7.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras dan percaya diri **)
7.2. Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola kecil serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, toleransi dan percaya diri**)
7.3. Mempraktikkan teknik salah atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, percaya diri**)
7.4. Mempraktikkan keterampilan teknik salah satu permainan olahraga bela diri serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, percaya diri.**)
8. Meningkatkan kualitas kebugaran jasmani dan cara pengukurannya dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya
8.1 Mempraktikkan latihan sirkuit untuk peningkatan kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri
8.2 Mempraktikkan peningkatan beban latihan sirkuit untuk meningkatkan kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
8.3 Mempraktikkan tes untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
9. Mempraktikkan keterampilan senam ketangkasan dengan alat dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya 9.1 Mempraktikkan keterampilan senam ketangkasan dengan menggunakan alat lanjutan serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab, menghargai teman
9.2 Mempraktikkan keterampilan senam ketangkasan tanpa menggunakan alat lanjutan serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman
10. Mempraktikkan aktivitas ritmik menggunakan alat dengan koordinasi yang baik dan nilai yang terkandung di dalamnya
10.1 Mempraktikkan koombinasi gerak berirama menggunakan alat dengan koordinasi serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan
10.2 Merangkai aktivitas ritmik menggunakan alat serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan
11. Mempraktikkan dasar pertolongan kecelakaan di air dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)
11.1 Mempraktikkan keterampilan kombinasi gerakan renang serta nilai disiplin, kerja sama serta keberanian
11.2 Mempraktikkan keterampilan dasar pertolongan kecelakaan di air dengan sistim Resusitasi Jantung dan Paru (RJP) serta nilai disiplin dan tanggungjawab
12. Mempraktikkan perencanaan dan keterampilan penjelajahan, dan penyelamatan di alam bebas dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***) 12.1 Mempraktikkan keterampilan merencanakan penjelajahan di perbukitan
12.2 Mempraktikkan keterampilan dasar penyelamatan penjelajahan di perbukitan serta nilai disiplin, tanggungjawab dan keselamatan
13. Menerapkan budaya hidup sehat 13.1 Memahami cara pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan
13.2 Menerapkan pola hidup sehat
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Mempraktikkan keterampilan permainan olahraga dengan peraturan yang sebenarnya dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
1.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola besar lanjutan dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri**)
1.2 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola kecil dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, toeleransi, kerja keras dan percaya diri**)
1.3 Mempraktikkan teknik atletik dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri **)
1.4 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bela diri secara berpasangan dengan peraturan yang sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai lawan, kerja keras, percaya diri dan menerima kekalahan**)
2. Mempraktikkan perancangan aktivitas pengembangan untuk peningkatan dan pemeliharaan kebugaran jasmani 2.1 Merancang program latihan fisik untuk pemeliharaan kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
2.2 Melaksanakan program latihan fisik sesuai dengan prinsip-prinsip latihan yang benar serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
3. Mempraktikkan rangkaian gerak senam ketangkasan dengan konsep yang benar dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya
3.1 Mempraktikkan keterampilan gerakan kombinasi rangkaian senam lantai serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman
3.2. Mempraktikkan keterampilan gerakan kombinasi rangkaian senam ketangkasan serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab, dan menghargai teman
4. Mempraktikkan satu rangkaian gerak berirama berbentuk aktivitas aerobik secara beregu dengan diiringi musik dan nilai nilai yang yerkandung di dalamnya 4.1. Mempraktikkan keterampilan gerak berirama senam aerobik serta nilai kerjasama, kedisiplinan, percaya diri, keluwesan, dan estetika
4.2 Mempraktikkan keterampilan menyelaraskan antara gerak dan irama dengan iringan musik serta nilai kerjasama, disiplin, percaya diri, keluwesan, dan estetika
5. Mempraktikkan berbagai gaya renang lanjutan dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya*)
5.1 Mempraktikkan keterampilan renang gaya dada lanjutan serta nilai disiplin, kerja keras dan keberanian
5.2 Mempraktikkan keterampilan renang gaya bebas lanjutan serta nilai disiplin, kerja keras dan keberanian
5.3 Mempraktikkan keterampilan renang gaya punggung lanjutan serta nilai disiplin, kerja keras dan keberanian
5.4 Mempraktikkan keterampilan berbagai gaya renang lanjutan lainnya serta nilai disiplin, kerja keras dan keberanian
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
6. Mempraktikkan keterampilan permainan olahraga dengan peraturan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
6.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola besar dengan peraturan yang sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan, kerja keras dan percaya diri**)
6.2 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola kecil dengan peraturan sebenarya serta nilai kerjasama, , kejujuran, menerima kekalahan kerja keras dan percaya diri**)
6.3 Mempraktikkan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan,kerja keras dan percaya diri**)
6.4 Mempraktikkan keterampilan bela diri secara berpasangan dengan menggunakan peraturan yang sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan kerja keras dan percaya diri**)
7. Memelihara tingkat kebugaran jasmani yang telah dicapai dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 7.1 Mempraktikkan program latihan fisik untuk pemeliharaan kebugaran jasmani
7.2 Mempraktikkan membaca hasil tes bedasarkan tabel yang cocok
8. Mengkombinasikan rangkaian gerakan senam lantai dan senam ketangkasan dengan alat dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 8.1 Mempraktikkan rangkaian gerakan senam lantai serta nilai percaya dirim, tanggung jawab, kerja sama, dan percaya kepada teman
8.2. Mempraktikkan rangkaian gerakan senam ketangkasan dengan menggunakan alat serta nilai percaya diri, tanggungjawab, kerja sama, dan percaya kepada teman
9. Mempraktikkan satu rangkaian gerak berirama secara beregu dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 9.1 Mempraktikkan rangkaian gerak senam aerobik dengan iringan musik serta nilai kerjasama, disiplin, keluwesan dan estetika
9.2 Mempraktikkan senam irama tradisional sesuai budaya daerah secara berkelompok serta nilai kerjasama, disiplin, percaya diri, keluwesan dan estetika
10. Mempraktikkan keterampilan penguasaan berbagai teknik gaya renang dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)
10.1 Mempraktikkan keterampilan berbagai gaya renang untuk kepentingan bermain di air dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai disiplin, sportif, jujur, toleran, kerja keras, dan keberanian
10.2 Mempraktikkan keterampilan berbagai gaya renang untuk estafet sesuai dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai disiplin, sportif, jujur, toleran, kerja keras, dan keberanian
10.3 Mempraktikkan keterampilan berbagai gaya renang untuk kepentingan pertolongan serta nilai disiplin, sportif, jujur, toleran, kerja keras, dan keberanian
11. Mengevaluasi kegiatan luar kelas/sekolah dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***) 11.1 Mengevaluasi kegiatan di sekitar sekolah serta nilai percaya diri, kebesamaan, saling menghormati, toleransi, etika, dan demokrasi
11.2 Mengevaluasi kegiatan di alam bebas serta nilai percaya diri, kebesamaan, saling menghormati, toleransi, etika, dan demokrasi
11.3 Mengevaluasi kegiatan kunjungan ke tempat-tempat bersejarah serta nilai percaya diri, kebesamaan, saling menghormati, toleransi, etika, dan demokrasi
11.4 Mengevaluasi kegiatan karya wisata serta nilai percaya diri, kebesamaan, saling menghormati, toleransi, etika, dan demokrasi
12. Mempraktikkan budaya hidup sehat 12.1 Mempraktikkan pola hidup sehat
12.2 Menampilan perilaku hidup sehat
Keterangan
1. *) Diajarkan sebagai kegiatan pilihan, disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah
**) Materi pilihan, disesuaikan dengan fasilitas dan peralatan yangtersedia
***) Diajarkan sebagai kegiatan yang dapat dilakukan dalam semester 1 dan atau semester 2
Untuk pembinaan peserta didik yang berminat terhadap salah satu atau beberapa cabang tertentu dapat dilakukan melalui kegiatan ekstra kurikuler

Mata Pelajaran : Teknologi Informatika dan Komputer
Tujuan
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memahami teknologi informasi dan komunikasi
2. Mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
3. Mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
4. Menghargai karya cipta di bidang teknologi informasi dan komunikasi.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Melakukan operasi dasar komputer 1.1 Mengaktifkan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur
1.2 Menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi
2. Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi

2.1 Mendeskripsikan fungsi, proses kerja komputer, dan telekomunikasi, serta berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
2.2 Menjelaskan fungsi, dan cara kerja jaringan telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)
2.3 Mendemonstrasikan fungsi dan cara kerja perangkat lunak aplikasi teknologi informasi dan komunikasi
3. Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi

3.1 Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras dan perangkat lunak teknologi informasi dan komunikasi
3.2 Menerapkan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak teknologi Informasi dan komunikasi
3.3 Menghargai pentingnya Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dalam teknologi informasi dan komunikasi
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
4. Menggunakan Operating System (OS) komputer
4.1 Melakukan operasi dasar pada operating system (OS) komputer
4.2 Melakukan setting peripheral pada operating system (OS) komputer
4.3. Melakukan manajemen file
5. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata
5.1 Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
5.2 Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
5.3 Membuat dokumen pengolah kata dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi
1.1 Menjelaskan berbagai perangkat keras dan fungsinya untuk keperluan akses Internet
1.2 Mendeskripsikan cara akses Internet
1.3 Mempraktikkan akses Internet
1.4 Menggunakan web browser untuk memperoleh, menyimpan, dan mencetak informasi
1.5 Menggunakan e-mail untuk keperluan informasi dan komunikasi
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
2. Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menghasilkan informasi 2.1 Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka
2.2 Membuat dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar, dan diagram
2.3 Mengolah dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar, dan diagram untuk menghasilkan informasi
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis 1.1 Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
1.2 Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
1.3 Membuat grafis dengan berbagai variasi warna, bentuk, dan ukuran
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
2. Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi
2.1 Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi
2.2 Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi
2.3 Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram

Mata Pelajaran : Keterampilan Vokasional
Tujuan
1. Mata pelajaran Keterampilan vokasional bertujuan agar peserta didik memmiliki kemampuan sebagai berikut.
2. Mampu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan membuat berbagai produk kerajinan dan produk teknologi yang berguna bagi kehidupan manusia
3. Memiliki rasa estetika, apresiasi terhadap produk kerajinan, produk teknologi, dan artefak dari berbagai wilayah Nusantara maupun dunia
4. Mampu mengidentifikasi potensi daerah setempat yang dapat dikembangkan melalui kegiatan kerajinan dan pemanfaatan teknologi sederhana
5. Memiliki sikap profesional dan kewirausahaan.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Kerajinan
1. Mengapresiasi benda kerajinan tapestry 1.1 Mengenal berbagai produk kerajinan tapestry
1.2 Mengapresiasi keterampilan teknis kerajinan tapestry

2. Membuat benda kerajinan tapestry 2.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan benda kerajinan dengan teknik tapestry

2.2 Mendesain kerajinan tapestry untuk fungsi ekspresi/hias
2.3 Membuat benda kerajinan tapestry untuk fungsi ekspresi/hias
2.4 Membuat kemasan benda kerajinan tapestry untuk dipamerkan atau dijual
Teknologi Rekayasa
3. Mengapresiasi karya teknologi rekayasa
3.1 Mengenal berbagai tempat hewan ais yang sehat
3.2 Mengapresiasi keterampilan teknis pembuatan produk tempat hewan air yang sehat
4. Menciptakan karya teknologi rekayasa 4.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan tempat hewan air sehat
4.2 Membuat tempat hewan air sehat
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Teknologi Budidaya
Mengapresiasi karya budidaya

5.1 Mengenal berbagai produk budidaya unggas potong
5.2 Mengapresiasi keterampilan teknis budidaya unggas potong
6. Melaksanakan teknologi budidaya 6.1 Merencanakan budidaya unggas potong
6.2 Memelihara unggas potong
Teknologi Pengolahan
7. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan
7.1 Mengenal produk pengawetan dengan pengasapan
7.2 Mengapresiasi keterampilan teknis produk pengawetan dengan pengasapan
Menerapkan karya teknologi pengolahan
8.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan makanan jadi atau setengah jadi dengan teknik pengawetan dengan pengasapan
8.2 Membuat produk makanan jadi atau setengah jadi dengan teknik pengawetan dengan pengasapan
8.3 Membuat kemasan produk pengawetan dengan pengasapan sehingga siap dipamerkan dan dijual
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Kerajinan
9. Mengapresiasi benda kerajinan dengan teknik pembentukan manual 9.1 Mengenal berbagai produk kerajinan dengan teknik pembentukan manual
9.2 Mengapresiasi keterampilan teknis kerajinan dengan teknik pembentukan manual
Membuat benda kerajinan dengan teknik pembentukan manual

10.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan benda kerajinan dengan teknik dengan teknik pembentukan manual
10.2 Mendesain kerajinan dengan teknik pembentukan manual untuk fungsi ekspresi/hias
10.3 Membuat benda kerajinan dengan teknik pembentukan manual untuk fungsi ekspresi/hias
10.4 Membuat kemasan benda kerajinan dengan teknik pembentukan manual untuk dipamerkan atau dijual
Teknologi Rekayasa
11. Mengapresiasi karya teknologi rekayasa
11.1 Mengenal berbagai tempat hewan darat yang sehat
11.2 Mengapresiasi keterampilan teknis pembuatan produk tempat hewan darat yang sehat
12. Menciptakan karya teknologi rekayasa 12.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan tempat hewan darat sehat
12.2 Membuat tempat hewan darat sehat
Teknologi Budidaya
Mengapresiasi karya budidaya
13.1 Mengenal berbagai produk budidaya unggas hias
13.2 Mengapresiasi keterampilan teknis budidaya unggas hias
14. Melaksanakan teknologi budidaya 14.1 Merencanakan budidaya unggas hias
14.2 Memelihara unggas hias
Teknologi Pengolahan
15. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan
15.1 Mengenal produk pengawetan dengan menggunakan uap dari bahan hewani
15.2 Mengapresiasi keterampilan teknis produk pengawetan dengan menggunakan uap dari bahan hewani
16. Menerapkan karya teknologi pengolahan 16.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan makanan jadi atau setengah jadi dengan teknik pengawetan dengan menggunakan uap dari bahan hewani
16.2 Membuat produk makanan jadi atau setengah jadi dengan teknik pengawetan dengan menggunakan uap dari bahan hewani
16.3 Membuat kemasan produk pengawetan dengan menggunakan uap sehingga siap dipamerkan dan dijual
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Kerajinan
1. Mengapresiasi benda kerajinan dengan teknik celup ikat dan atau teknik batik
1.1 Mengenal berbagai produk kerajinan dengan teknik celup ikat dan atau teknik batik
1.2 Mengapresiasi keterampilan teknis kerajinan dengan teknik celup ikat dan atau teknik batik
2. Membuat benda kerajinan dengan teknik celup ikat dan atau teknik batik

2.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan benda kerajinan dengan teknik celup ikat dan atau teknik batik
2.2 Mendesain kerajinan dengan teknik celup ikat dan atau teknik batik untuk fungsi ekspresi/hias
2.3 Membuat benda kerajinan dengan teknik celup ikat dan atau teknik batik untuk fungsi ekspresi/hias
2.4 Membuat kemasan benda kerajinan dengan teknik celup ikat dan atau teknik batik untuk dipamerkan atau dijual
Teknologi Rekayasa
3. Mengapresiasi karya teknologi rekayasa
3.1 Mengenal berbagai produk benda konstruksi sederhana
3.2 Mengapresiasi keterampilan teknis pembuatan produk benda konstruksi sederhana

4. Menciptakan karya teknologi rekayasa 4.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan miniatur benda konstruksi sederhana
4.2 Membuat produk benda konstruksi sederhana
Teknologi Budidaya
5. Mengapresiasi karya budidaya

5.1 Mengenal berbagai produk budidaya tanaman hias
5.2 Mengapresiasi keterampilan teknis budidaya tanaman hias
6. Melaksanakan teknologi budidaya 6.1 Merencanakan budidaya tanaman hias
6.2 Merawat tanaman hias
Teknologi Pengolahan
7. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan
7.1 Mengenal produk bahan padat dengan teknik fermentasi
7.2 Mengapresiasi keterampilan teknis fermentasi bahan padat
8. Menerapkan karya teknologi pengolahan 8.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan produk bahan padat dengan teknik fermentasi
8.2.Membuat produk bahan padat dengan teknik fermentasi
8.3 Membuat kemasan produk bahan padat dengan teknik fermentasi sehingga siap dipamerkan dan dijual
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Kerajinan
Mengapresiasi benda kera-jinan dengan menggunakan bahan keras alami dengan berbagai teknik
9.1 Mengenal berbagai produk kerajinan dengan menggunakan bahan keras alami dengan berbagai teknik
9.2 Mengapresiasi keterampilan teknis kerajinan dengan menggunakan bahan keras alami dengan berbagai teknik
Membuat benda kerajinan dengan menggunakan bahan keras alami dengan berbagai teknik

10.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan benda kerajinan dengan menggunakan bahan keras alami dengan berbagai teknik
10.2 Mendesain kerajinan dengan teknik celup ikat dan atau teknik batik untuk fungsi ekspresi/hias
10.3 Membuat benda kerajinan dengan menggunakan bahan keras alami dengan berbagai teknik untuk fungsi ekspresi/hias
10.4 Membuat kemasan benda kerajinan dengan menggunakan bahan keras alami dengan berbagai teknik untuk dipamerkan atau dijual
Teknologi Rekayasa
11. Mengapresiasi karya teknologi rekayasa

11.1 Mengenal berbagai produk benda konstruksi yang lebih kompleks
11.2 Mengapresiasi keterampilan teknis pembuatan produk benda konstruksi yang lebih kompleks
12. Menciptakan karya teknologi rekayasa 12.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan miniatur benda konstruksi yang lebih kompleks
12.2 Membuat produk benda konstruksi yang lebih kompleks
Teknologi Budidaya
Mengapresiasi karya budidaya

13.1 Mengenal berbagai produk budidaya tanaman hias dengan menggunakan berbagai media
13.2 Mengapresiasi keterampilan teknis budidaya tanaman hias dengan menggunakan berbagai media
14. Melaksanakan teknologi budidaya 14.1 Merencanakan budidaya tanaman hias dengan menggunakan berbagai media
14.2 Merawat tanaman hias dengan menggunakan berbagai media
Teknologi Pengolahan
15. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan
15.1 Mengenal produk bahan cair/kental dengan teknik fermentasi
15.2 Mengapresiasi keterampilan teknis fermentasi bahan cair/kental
16. Menerapkan karya teknologi pengolahan
16.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan produk bahan cair/kental dengan teknik fermentasi
16.2 Membuat produk bahan cair/kental dengan teknik fermentasi

Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Kerajinan
1. Mengapresiasi benda kera-jinan dengan menggunakan teknik potong sambung dan atau teknik potong konstruksi
1.1 Mengenal berbagai produk kerajinan dengan menggunakan teknik potong sambung dan atau teknik potong konstruksi
1.2 Mengapresiasi keterampilan teknis kerajinan dengan menggunakan teknik potong sam-bung dan atau teknik potong konstruksi
2. Membuat benda kerajinan dengan menggunakan teknik potong sambung dan atau teknik potong konstruksi

2.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan benda kerajinan dengan menggunakan teknik potong sambung dan atau teknik potong konstruksi
2.2 Mendesain kerajinan dengan teknik potong sambung dan atau teknik potong konstruksi untuk fungsi ekspresi/hias
2.3 Membuat benda kerajinan dengan menggunakan teknik potong sambung dan atau teknik potong konstruksi untuk fungsi ekspresi/hias
Teknologi Rekayasa
3. Mengapresiasi karya teknologi rekayasa

3.1 Mengenal berbagai produk alat transportasi
3.2 Mengapresiasi keterampilan teknis pembuatan produk alat transportasi
4. Menciptakan karya teknologi rekayasa 4.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan alat transportasi mainan
4.2 Membuat produk alat transportasi mainan
Teknologi Budidaya
5. Mengapresiasi karya budidaya 5.1 Mengenal berbagai produk budidaya ikan hias air tawar dalam aquarium
5.2 Mengapresiasi keterampilan teknis budidaya ikan hias air tawar dalam aquarium
6. Melaksanakan teknologi budidaya 6.1 Merencanakan budidaya ikan hias air tawar dalam aquarium
6.2 Memelihara ikan hias air tawar dalam aquarium
Teknologi Pengolahan
7. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan 7.1 Mengenal produk makanan dengan teknik daur ulang
7.2 Mengapresiasi keterampilan teknis makanan dengan teknik daur ulang

8. Menerapkan karya teknologi pengolahan 8.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan produk makanan dengan teknik daur ulang
8.2 Membuat produk makanan dengan teknik daur ulang
8.3 Membuat kemasan produk makanan dengan teknik daur ulang sehingga siap dipamerkan dan dijual
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Kerajinan
9. Mengapresiasi benda kerajinan dengan menggunakan teknik sayat dan ukir
9.1 Mengenal berbagai produk kerajinan dengan menggunakan teknik sayat dan ukir
9.2 Mengapresiasi keterampilan teknis kerajinan dengan menggunakan teknik sayat dan ukir
10. Membuat benda kerajinan dengan menggunakan teknik sayat dan ukir 10.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan benda kerajinan dengan menggunakan bahan keras alami maupun buatan yang menerapkan motif tradisional, mancanegara maupun modifikasinya, menggunakan teknik sayat dan ukir

10.2 Mendesain kerajinan dengan bahan keras alami maupun buatan yang menerapkan motif tradisional, mancanegara maupun modifikasinya, menggunakan teknik sayat dan ukir
10.3 Membuat benda kerajinan dengan menggunakan bahan keras alami maupun buatan yang menerapkan motif tradisional, mancanegara maupun modifikasinya, menggunakan teknik sayat dan ukir
10.4 Membuat kemasan benda kerajinan dengan menggunakan bahan keras alami maupun buatan yang menerapkan motif tradisional, mancanegara maupun modifikasinya, menggunakan teknik sayat dan ukir untuk dipamerkan atau dijual
Teknologi Rekayasa
11. Mengapresiasi karya teknologi rekayasa 11.1 Mengenal berbagai produk alat transportasi dengan energi mekanik
11.2 Mengapresiasi keterampilan teknis pembuatan produk alat transportasi dengan energi mekanik
12. Menciptakan karya teknologi rekayasa 12.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan alat transportasi mainan dengan energi mekanik
12.2 Membuat produk alat transportasi mainan dengan energi mekanik

Teknologi Budidaya
13. Mengapresiasi karya budidaya

13.1 Mengenal berbagai produk budidaya udang air tawar/laut
13.2 Mengapresiasi keterampilan teknis budidaya udang air tawar/laut
14. Melaksanakan teknologi budidaya
14.1 Merencanakan budidaya udang air tawar/laut
14.2 Memelihara udang air tawar/laut
Teknologi Pengolahan
15. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan 15.1 Mengenal berbagai produk makanan yang dibuat dari satu bahan
15.2 Mengapresiasi keterampilan teknis pengolahan satu bahan menjadi berbagai produk makanan
16. Menerapkan karya teknologi pengolahan
16.1 Merencanakan prosedur kerja pengolahan satu bahan menjadi berbagai produk makanan
16.2 Membuat produk hasil pengolahan satu bahan menjadi berbagai produk makanan
D. Muatan Lokal
Muatan lokal dikembangkan :
Untuk pendalaman ilmu agama dan memberikan dasar dan latihan penguasaan kitab kuning, yang meliputi pengembangan
1. ilmu alat :
a. Ilmu Nahwu
b. Ilmu Sharaf
c. Ilmu Balaghah
d. Muhadatsah
e. Khat
f. Imla
g. Muthalaah
2. Kitab Kuning :
h. Fikih
i. Tauhid
j. Tasawuf
k. Hadits
l. Tafsir
m. Tahsin al qur’an
Muatan lokal dikembangkan dalam bentuk tatap muka pembelajaran pagi dan toturial kitab kuning sore dan malam hari, dengan pembelajaran manual dan digital.
E. Pengembangan Diri
Pengembangan diri diarahkan untuk pengembangan karakter peserta didik yang ditujukan untuk mengatasi persoalan dirinya, persoalan masyarakat di lingkungan sekitarnya, dan persoalan kebangsaan. Madrasah menyediakan wadah pengembangan diri sebagai berikut :
a. PENINGKATAN PRIBADI SHOLEH DAN MUSHLIH :
1. Tahsinul Qur’an
2. Tahfidzul Qur’an (target satu tahun satu Juz)
3. Pembinaan dengan pola monitoring
4. Kepanduan
5. Bela Diri
6. Toturial Kitab Kuning
7. Pengajian Umum
b. PENINGKATAN SAIN & TEKNOLOGI
1. Mastery Learning (Pembelajaran Tuntas)
2. CTL (Pembelajaran aplikasi)
3. Bimbingan Belajar UNAS
4. Studi Wisata
5. Seminar Santri
6. Labor Bahasa
7. Labor MIPA
8. Ketrampilan Tata Busana
9. Ketrampilan Tata Boga
10. Penulisan Karya Ilmiah
c. PENINGKATAN BAHASA
1. Apresiasi Seni Islam
2. Jurnalistik
3. Hari Bahasa
4. Kuis Kontes
5. Muhadhoroh
6. Lailatul Ansyithoh (Malam kreatifitas Santri)
d. KEDISIPLINAN
1. Penerapan Tata Tertib Santri
2. Inspeksi Mendadak
3. Dewan Mahkamah
F. Pengaturan Beban Belajar
MA NIPI Rakha Amuntai menetapkan beban belajar peserta didik sebagai berikut
a. Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagai
mana tertera dalam struktur struktur kurikulum yang sudah dikembangkan
b. Alokasi waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri 30% dari waktu kegiatan tatap muka mata pelajaran yang bersangkutan.
c. Alokasi waktu untuk praktik adalah satu jam tatap muka setara dengan 2 jam kegiatan praktik disekolah atau empat jam praktik di luar sekolah.
Beban Belajar tatap muka pagi peserta didik

Kelas Satu jam tatap (menit) Jumlah jam pembelajaran Per minggu Minggu efektif per tahun ajaran

X s.d XII
40

54
34

Waktu pembelaran per tahun Jumlah jam per tahun
(@ 60 menit)

1836 jam pel
(73.440 menit)
1224 jam

G. Ketuntasan Belajar
Berdasarkan Kemampuan peserta didik dari hasil tes awal dan tes matrikulasi Sekolah menetapkan ketuntasan belajar pada tiap-tiap mata pelajaran sebagai Berikut :
Target Ketuntasan Belajar Minimal Peserta Didik
NO MATA PELAJARAN 2008/2009 2009/2010

1 Pendidikan Agama
a. Al-Quran Hadist 60% 65%
b. Aqidah Akhlaq 70% 70%
c. Fiqih 60% 65%
d. SKI 60% 65%
2 Pendidikan Kewarganegaraan 60% 65%
3 Bahasa dan Sastra Indonesia 60% 65%
4 Bahasa Arab 60% 70%
5 Bahasa Inggris 60% 62%
6 Matematika 60% 62%
7 Kesenian 60% 65%
8 Pendidikan Jasmani 60% 65%
9 IPS a.Sejarah 63% 65%
b.Geografi 63% 65%
c.Ekonomi 63% 65%
d.Sosiologi 63% 65%
10 IPA a.Fisika 63% 65%
b.Kimia 63% 65%
c.Biologi 63% 65%
11 Teknologi Informasi & Komunikasi 60% 65%
12 Bahasa Asing 60% 65%

Sekolah menargetkan agar angka ketuntasan belajara tersebut semakin meningkat setiaptahunya .Oleh karena itu setiap warga sekolah diharapkan untuk lebih bekerja keras lagi agar mutu pendidikan sekolah dapat meningkat dari tahun ke tahun.
H. Penjurusan
a. Sesuai Kesepakatan sekolah dengan komite sekolah serta dengan memperhatikan minat dan kemempuan santri/santriawati maka sekolah menetapkan ada empat jurusan yang diprogramkan , yaitu program Ilmu Pengetahuan Alam program Ilmu Pengetahuan Sosial, dan program Keagamaan
b. Waktu Penjurusan
1) Penentuan Penjurusan program studi Ilmu Pengetahuan Alam , Ilmu Sosial serta program keagamaan dilakukan di akhir semester dua di kelas X ( sepuluh)
2) Penjurusan mulai semester satu di kelas XI
b. Kriteria Penjurusan :
1) Peserta didik yang bersangkutan naik ke kelas XI
Peserta didik dinyatakan masuk jurusan Ilmu Pengetahuan Alam , apabila yang bersangkutan berminat ke jurusan Ilmu Alam dan nilai mata pelajaran yang menjadi ciri khas Ilmu Alam ( matematika, Fisika, kimia, dan Biologi) mencapai katagori tuntas.
2) Peserta didik dinyatakan masuk jurusan ILmu Pengetahuan Sosial , apabila bersangkutan berminat ke jurusan ilmu social dan nilai mata pelajaran yang menjadi ciri khas jurusan Ilmu Sosial ( Ekonomi, geografi, sejarah, dan sosiologi) mencapai katagori tuntas.
3) Peserta didik dinyatakan masuk jurusan keagamaan, apabila bersangkutan berminat ke jurusan agama dan nilai yang menjadi ciri khas keagamaan ( Bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Bahasa Arab, AL Qur’an Hadits ) mencapai katagori tuntas.
I. Kenaikan Kelas Dan Kelulusan
Kenaikan Kelas dan Kelulusan diatur oleh sekolah dengan mengacu pada ketentuan- ketentuan yang ditetapkan Oleh Kanwil Departemen Agama.
a. Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran atau pada akhir semester dua.
b. Ketentuan kenaika kelas didasarkan pada hasil penilaian yang dilakukan pada semester dua
c. Peserta didik dinyataka NAIK ke Kelas XI , apabila yang bersangkutan memiliki ;
• mata pelajaran yang tidak mencapai ketuntasan belajar minimal
( SKBM) maksimum 3 (tiga) mata pelajaran.
• Kehadiran minimal 90 %
d. Peserta didik di nyatakan NAIK ke Kelas XII, apabila yang bersangkutan memiliki :
• mata pelajaran yang tidak mencapai ketuntasan belajar minimal (SKBM) maksimum 3 (tiga) mata pelajaran
• untuk jurusan Ilmu Pengetahuan Alam , semua mata pelajaran yang menjadi ciri khas jurusan Ilmu Pengetahuan Alam ( Matematika, fisika, kimia, dan Biologi) mencapai ketuntasan belajar minimal (SKBM)
• untuk jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial ,semua mata pelajaran yang menjadi ciri khas Ilmu Pengetahuan Sosial (ekonomi, geografi , sejarah, dan sosiologi ) mencapai ketuntasan belajar minimal (SKBM)
• Kehadiran minimal 90 %
e. Peserta didik dinyatakan lulus Sekolah, apabila yang bersangkutan memenuhi ketentuan yang ditentukan sebagai berikut :
• memiliki rapor kelas X, XI, dan XII
• Mengikuti ujian praktek dan teori
• memiliki nilai minimal 6,00 untuk setiap mata pelajaran
• Lulus ujian Nasional
J. Pendidikan Kecakapan Hidup
Pendidikan kecakapan hidup yang diterapkan oleh madrasah merupakan bagian integral dari pembelajaran pada setiap mata pelajaran, dan pembinaan kehidupan mereka sehari-hari di asrama Dengan demikian materi kecakapan hidup akan diperoleh peserta didik melalui kegiatan pembelajaran sehari-hari yang diemban oleh mata pelajaran yang bersangkutan, dan yang secara langsung diberikan oleh pengasuh asrama.
Bentuk kecakapan hidup selain dari kegiatan yang terintegrasi di dalam pembelajaran dan pembinaan kehidupan di asrama, secara khusus juga diberikan :
a. Keterampilan usaha lewat kantin kejujuran madrasah
b. Keterampilan usaha pembuatan peci haji
c. Keterampilan usaha potocopy dan percetakan
K. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal Dan Global
Pendidikan berbasis lokal dan global yang dikembangkan di MA NIPI Rakha Amuntai adalah :
a. Pembelajaran berbasis teknologi dan laboraturium
b. Pembelajaran kitab dengan teknik digital
c. Peingkatan budaya baca tulis lewat mading per kelas dan mading mingguan
d. Pemasangan hotspot internet dan akses internet murah di lingkungan madrasah
Dengan model pendidikan yang memadukan antara pola lama yang tradisional dengan pola baru menggunakan teknologi, diharapkan peserta didik memiliki kompetensi penguasaan kitab kuning sebagai keunggulan lokal, dan kompetensi penguasaan teknologi dalam pengkajian ilmu sebagai keunggulan global.

Bab 4
Kalender Pendidikan

Kalender pendidikan disusun dan disesuaikan setiap tahun oleh madrasah untuk mengatur waktu kegiatan pembelajaran .pengaturan waktu belajar mengacu pada standar isi dan disesuaikan dengan karakteristik sekolah, kebutuhan peserta didik dan masyarakat, serta ketentuan dari pemerintah.
Pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun pelajaran adalah sebagai berikut :
A. Awal Tahun Pelajaran
Awal tahun pembelajaran di mulai hari senin pada minggu ketiga bulan Juli, atau apabila hari tersebut merupakan hari libur , maka awal tahun pembelajaran dimulai pada hari berikutnya yang bukan hari libur.
Hari-hari pertama masuk sekolah selama 3 hari kelas X melaksanakan Masa orientasi Sekolah (MOS) , sedangkan kelas XI dan XII melaksanakan KBM .
B. Waktu Belajar
Waktu belajar menggunkan system semester yang membagi 1 tahun pelajaran menjadi semester 1 ( satu) dan semester 2 ( dua)
Kegiatan pembelajaran dilaksanakan selama 6 (enam) hari , yaitu:
HARI WAKTU BELAJAR KETERANGAN
Sabtu 07.00 – 14.05 Kelas X sampai
jam 15.40
Minggu 07.00 – 14.05
Senin 07.00 – 14.05 Kelas XI & XII
Sampai jam 15.40
Selasa 07.00 – 14.05

Rabu 07.00 – 14.05 Pengembangan diri
Mulai pukul 15.00-17.00
Kamis 07.00 – 14.05
C. Kegiatan Tengah Semester
Kegiatan tengah semester direncanakan selama 5 (lima) hari. Kegiatan tengah semester diisi dengan Ajang Kreasi antar kelas dan individual.
D . Libur Sekolah
Hari libur Sekolah adalah hari libur yang ditetapkan oleh sekolah, pemerintah pusat, provinsi ,dan kabupaten /kota untuk diadakan proses pembelajaran di sekolah. Penentuan hari libur memperhatikan ketentuan berikut ini :
• Keputusan Menteri Pendidikan Nasional dan Menteri Agama dalam hal yang berkaitan dengan hari raya keagamaan.
• Peraturan Pemerintah Pusat/ Provinsi /Kabupaten /Kota dalam hal penentuan hari libur umum/ nasional atau penetapan hari serentak untuk setiap jenjang dan jenis pendidikan.
Sekolah mengambil kebijakan hari libur sebagai berikut ini:
-Libur puasa Ramadhan
-Libur Semester
-Libur Semester
Hari libur yang ditentukan oleh pemerintah pusat antara lain :
• Tahun baru
• Idul Adha
• Tahun baru imlek
• Tahun baru Hijriah
• Hari Raya Nyepi
• Maupid Nabi Muhammad SAW
• Wafat Isa Almasih
• Hari Raya Waisak
• Kenaikan Isa Almasih
• Hari Kemerdekaan RI
• Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad
• Idul Fitri dan Cuti bersama
• Hari Raya Natal
E. Jadwal Kegiatan
Rencana kegiatan MA NIPI Rakha Amuntai tahun pelajaran 2009/2010 adalah sebagaimana tertera pada kalender pendidikan dan pengajaranl berikut ini :

Keterangan :

= Libur Mingguan (setiap hari jum’at)

20 = Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW

21 = Awal Tahun Pelajaran 2009/ 2010

21-23 = Masa Orientasi Santriawati Baru

17 = HUT Proklamasi RI

= Libur Ramadhan 1430 H

= Idul Fitri 1430 H dan Puasa 6 hari Syawwal 1430 H

27 = Idul Adha 1430 dan hari Tasyri’

18 = Tahun Baru 1431 Hijriyyah

25 = Hari Raya Natal

= Ujian Akhir Semester (UAS)

= Penanggalan/Pembagian Raport

27 = Ayyamul Ansyithah (Ajang Kreatifitas Santri)

01 = Awal Tahun 2010 Masehi

= Libur Semester

26 = Maulid Nabi Muhammad SAW/ Harlah PP.Rakha Amuntai

14 = Tahun Baru Imlek 2561

16 = Hari Raya Nyepi

02 = Wafat Isa Al Masih

13 = Kenaikan Isa Al Masih

28 = Hari Raya Waisyak

19-23 = Ujian Nasional

Secara terperinci kegiatan akademik Tahun Pelajaran 2009/2010, sbb. :

NO TANGGAL JENIS KEGIATAN KET
1 6-9 Juli 2009 Penerimaan Santriawati Baru (PSB)
2 11 Juli 2009 Tes PSB
3 12 Juli 2009 Pengumuman PSB –
4 12 Juli s.d. 14 Juli 2009 Daftar ulang PSB –
5 13 s.d. 16 Juli 2009 Daftar ulang santriawati kelas XI, XII –
6 14 Juli 2009 Rapat Dinas Intern Madrasah –
7 21s.d. 23 Juli 2009 Masa Orientasi Santriawati –
8 20 Juli 2009 Checking persiapan matrikulasi kelas akselarasi Program –
9 21 Juli 2009 Penetapan Kelas Akselarasi Program –
10 22-23 Juli 2009 Pelatihan Penyusunan Paket Pembelajaran 13.00 s.d. selesai
11 25 Juli 2009 Pelaksanaan Isro’ Mi’roj – Masjid Kampus
12 27-29 Juli 2009 Pelatihan Perpustakaan Digital guru kelas X – 13.00 s.d. selesai, R. Perpustakaan Digital
13 5-6 Agustus 2006 Pelatihan Perpustakaan Digital guru kelas X – 13.00 s.d. selesai, R. Perpustakaan Digital
14 11 Agustus 2009 Rapat Rumpun Bidang Studi 13.00 s.d. selesai, Multimedia
15 15 Agustus 2009 Batas akhir mengumpulkan perangkat KBM – WAKAKUR
16 17 Agustus 2009 HUT RI ke – 61 07.00 s.d. selesai, lapangan
17 22 Agustus 2009 Penilaian kelas sehat dan bersih kelas X, XI dan XII
18 23 Agustus 2009 Penilaian mading paforit – kelas X, XI dan XII
19 25 Agustus 2009 Saint Club – 13.00 s.d. selesai, Lab kimia
20 10 September 2009 Rapat Isro’ Mi’roj
21 25 Juli 2009 Pelaksanaan Isro’ Mi’roj – Masjid Kampus
22 25 September 2009 Rapat Ajang Kreasi –
23 16 September 2009 Rapat Koordinasi Wali Kelas –
24 29 September 2009 Cheking Terakhir Pan.Ajang Kreasi
25 5 s.d. 6 Oktober 2009 Ajang Kreatifitas Santri
26 7 s/d 8 Oktober 2009 MQK dan Olimpiade –
27 07 November 2009 Rapat Evaluasi Kinerja –
28 01 Desember 2009 Rapat panitia Ujian Semester –
29 12 s.d. 23 Des 2009 Ujian Semester –
30 24-29 Des 2009 Ayyamul Ansyithah I –
31 27 Desember 2009 Rapat Penentuan Peringkat Kelas dan Pembinaan Tim Olempiade –
32 31 Desember 2009 Pembagian raport semester ganjil
33 01 Januari 2010 Libur tahun baru 2009
34 14-15 Januari 2010 IHT Metodologi Pembelajaran berbasis komputer Sore hari
35 02 s.d. 15 Januari 2010 Libur semester ganjil
36 16 Januari 2010 Masuk kembali / hari pertama semester genap
37 26 Februari 2010 Maulid Nabi dan Harlah PP Rakha Amuntai
38 4 Februari 2010 Rapat koordinasi wali kelas
39 20 Februari 2010 Rapat Ujian Nasional
40 01-12 April 2010 Ujian Praktek kelas XII
41 16 April 2010 Rapat Cheking kesiapan UN
42 19 s.d. 23 April 2010 Pelaksanaan UN
43 14 s.d. 19 Mei 2010 UN susulan
44 25 Mei 2010 Rapat Ujian Semester
45 18 s.d. 23 Juni 2010 Ujian semester genap
46 27 Juni 2010 Rapat Dinas Kenaikan
47 30 Juni 2010 Pembagian raport semester genap
48 30 Juni 2010 Rapat Evaluasi Kinerja dan Pembagian Tugas Tahun Berikutnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: