PROGRAM JANGKA MENENGAH I

PROGRAM JANGKA MENENGAH TAHAP I
( 2006 – 2010 )

1. ADMINISTRASI MADRASAH
a. Administrasi Program Pengajaran
Tersedianya Sarana dan perangkat Administrasi Program Pengajaran yang menunjang layanan pengajaran yang baik dan bermutu, diwujudkan dalam bentuk :
- Penyediaan Map Ordener
- Penyediaan lemari/ Filling Cabinet
- Pembuatan Program Kerja
- Pembuatan Kalender Pendidikan
- Pembuatan Jadwal Pelajaran
- Pembuatan/ Pengisian Jurnal Kelas
b. Administrasi Tata Persuratan/ Kearsipan
Tersedianya Sarana dan perangkat Administrasi tata persuratan dan kearsipan yang menunjang layanan ketatausahaan yang baik dan bermutu. diwujudkan dalam bentuk :
- Penyediaan Map Ordener
- Penyediaan lemari/ Filling Cabinet
- Melengkapi Dokumen Pendirian dan Penegerian
- Pembuatan / Pengisian Buku Notula Rapat
- Pembuatan / Pengisian Buku Tamu (umum/Suvervisi)
- Pembuatan / Pengisian Buku Agenda Surat
- Pembuatan / Pengisian Buku Ekspedisi
- Pengarsipan tata persuratan
c. Administrasi Kepegawaian
Tersedianya Sarana dan perangkat Administrasi kepegawaian yang dapat menunjang layanan kepegawaian yang baik dan bermutu, diwujudkan dalam bentuk :
- Penyediaan Map Ordener
- Penyediaan lemari/ Filling Cabinet
- Penyediaan File Per Pegawai
- Pembuatan Catatan Lengkap KGB
- Pembuatan Buku Induk Pegawai
- Pembuatan/ Pengisian Daftar Hadir Pegawai
- Pembuatan/ Pengisian Kartu Cuti Pegawai
- Pembuatan Job Semua Tenaga Kependidikan
- Pembuatan Data Statistik Pegawai
d. Administrasi Perlengkapan
Tersedianya Sarana dan perangkat Administrasi perlengkapan yang dapat menunjang analisa kebutuhan perlengkapan yang mudah dan tepat, diwujudkan dalam bentuk :
- Penyediaan Map Ordener
- Penyediaan lemari/ Filling Cabinet
- Pembuatan Daftar Inventaris
- Pembuatan catatan penghapusan barang
- Pembuatan nomor inventaris
- Pembuatan catatan hasil praktikum santriawati
- Pembuatan daftar peralatan lab IPA
- Pembuatan Daftar bahan Pratek
- Pembuatan daftar penggunaan ruangan/ bahan/ alat
e. Administrasi Keuangan
Tersedianya Sarana dan perangkat Administrasi keuangan yang dapat menunjang analisa dan penetapan serta penggunaan anggaran secara efektif dan efiesien serta transparan, diimplementasikan melalui :
- Penyediaan Map Ordener
- Penyediaan lemari/ Filling Cabinet
- Pembuatan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Madrasah (RAPBM)
- Pembuatan catatan penerimaan uang dan bahan
- Penyediaan Brankas penyimpanan uang
f. Administrasi Perpustakaan
Tersedianya Sarana dan perangkat Administrasi perpustakaan yang dapat menunjang kelancaran dan kenyamanan layanan pustaka sebagai sumber belajar dan tempat rekreasi, diimplementasikan dalam bentuk :
- Penyediaan Map Ordener
- Penyediaan lemari/ Filling Cabinet
- Pembuatan Daftar seluruh buku/ sumber pustaka
- Pembuatan katalog seluruh buku
- Pembuatan kartu Buku seluruh buku
- Pembuatan Kartu Anggota
- Pembuatan catatan peminjaman
- Pembuatan daftar penghapusan buku
- Pembuatan kartu pinjaman
g. Administrasi Santriawati
Tersedianya Sarana dan perangkat Administrasi santriawati yang dapat menunjang ketepatan dan kecepatan layanan dan penanganan santriawati , diimplementasikan dalam bentuk :
- Penyediaan Map Ordener
- Penyediaan lemari/ Filling Cabinet
- Pembuatan / pengisian buku induk
- Pembuatan daftar calon santriawati baru
- Pembuatan daftar STTB/ Poto copy STTB yang dikeluarkan
- Pembuatan daftar kelas
- Pembuatan/ pengisian daftar/ buku absensi
- Pembuatan/ pengisian papan absensi
- Pembuatan daftar peserta UAN
- Pembuatan data statistik santriawati
- Pembuatan/ pengisian kartu pribadi santriawati
- Pembuatan catatan kasus dan penyelesainya
- Pembuatan peta kelas dan peta santriawati
h. Administrasi Hubungan Masyarakat
Tersedianya Sarana dan perangkat Administrasi hubungan masyarakat yang dapat menunjang kelancaran dan analisa pengembangan hubungan masyarakat yang harmonis dan produktif, diimplementasikan dalam bentuk :
- Pembuatan catatan kegiatan Komite madrasah
- Pembuatan catatan kerjasama dengan instansi lain
II. KELEMBAGAAN
i. Status Tanah Madrasah
Dimilikinya secara sah status tanah madrasah yang ditempati dan yang akan dijadikan lahan pengembangan madrasah ke depan, diimplementasikan dalam bentuk pembuatan akte kepemilikan/ sigel pembelian/ akte hibah
j. Struktur Organisasi
Senantiasa tersedianya secara lengkap struktur organisasi intern madrasah , komite madrasah dan NAHDHATUL MUTA’ALLIMAT (NM) yang dapat berperan secara aktif melakukan kegiatan secara bersama untuk kepentingan dan kemajuan madrasah sesuai dengan visi / misi yang ditetapkan, dalam bentuk :
- Penyusunan struktur personalia intern madrasah
- Penyusunan struktur NAHDHATUL MUTA’ALLIMAT (NM)
- Penyusunan struktur komite madrasah
k. Tugas dan Tanggung Jawab
Tersedianya tenaga kependidikan yang lengkap dan kualifide sesuai dengan rencana kerja yang dibuat berikut dengan kejelasan tugas dan tanggung jawab secara tertulis, yang dapat menunjang kinerja personalia yang mantap, handal penuh dedikasi, diwujudkan dalam bentuk :
- Mengatasi kekurangan tenaga kependidikan dengan pengangkatan sebagai tenaga honorer madrasah
- Membuat perjanjian kerja ketenagaan bagi tenaga honorer
- Melakukan pengesahan rencana kerja madrasah
- Membuat uraian tugas seluruh tenaga kependidikan
l. Program Kerja Madrasah
Tersedianya program kerja jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek/ tahunan yang dapat dilaksanakan secara mantap dan konsekuen, diwujudkan dalam bentuk :
- Membuat Program kerja Jangka Panjang
- Membuat Program kerja Jangka Menengah
- Membuat Program kerja Jangka Pendek
- Memantafkan pelaksanaan Program kerja jangka pendek, menengah dan jangka panjang
m. Fungsi Sosial Madrasah
Melakukan peran sosial madrasah khususnya yang ditujukan bagi pemberi kesempatan bagi masyarakat yang tidak mampu untuk menyekolahkan anaknya setara dengan lapisan masyarakat kelas menengah ke atas, diwujudkan dalam bentuk :
- Pemberian keringanan SPP bagi santriawati yang tidak mampu
- Pemberian bea santriawati yang tidak mampu
n. Loyalitas Madrasah
Mengupayakan terwujudnya madrasah sebagai wawasan wiyata mandala yang islami dengan senanatiasa dikembangkan dengan mempedomani tata aturan yang digariskan pemerintah, diwujudkan dalam bentuk :
- melaksanakan kebijakan-kebijakan pemerintah
- melaksanakan ketentuan pemerintah tentang wawasan wiyata mandala dalam bentuk penjabaran wiyata mandala yang islami
III. KETENAGAAN
o. Kepala Madrasah
Mengupayakan peningkatan pengetahuan dan kemampuan manajerial kepala madrasah yang mampu menjalankan tugas-tugas manajerial madrasah secara baik, dalam rangka menjalankan program kerja madrasah, diwujudkan :
- mengikut sertakan dalam kegiatan penataran/ pelatihan
- mengikut sertakan dalam kegiatan KKM
- mengikut sertakan dalam kegiatan K3M
- mengikut sertakan dalam kegiatan PGSLP
- mengikut sertakan dalam rapat-rapat koordinasi dan pembinaan
p. Jumlah Tenaga Kependidikan
Mengupayakan tersedianya tenaga kependidikan yang kualifaid sesuai dengan rasio kebutuhan madrasah, diimplementasikan dalam bentuk :
- Menyesuaikan kemampuan guru dengan jumlah jam mengajar
- Mengupayakan penambahan guru tetap, guru bantu, guru kontrak atau guru tidak tetap sesuai dengan rasio kebutuhan
- Mengupayakan adanya staf TU dan tenaga pesuruh baik tetap atau honorer
q. Penempatan Tenaga Kependidikan
Mengupayakan penempatan tenaga kependidikan sesuai dengan bidang keahlian dan kompetensi yang dimiliki tenaga kependidikan, yang diwujudkan dalam bentuk :
- penerbitan SK Honorer sesuai dengan bidang tugas yang diamanahkan
- penempatan/ pemberian tugas mengajar sesuai dengan disiplin ilmu yang secara yuridis formal dimiliki oleh tenaga pengajar
- pemberian tugas tambahan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh tenaga kependidikan
r. Penyaluran Tenaga Kependidikan
Mengupayakan dan Menyalurkan karier tenaga kependidikan dengan memperhatikan kinerja dan dedikasi serta kemampuan tenaga kependidikan yang bersangkutan, diwujudkan dalam bentuk :
- pemberian jabatan secara bergantian dalam menduduki posisi struktur personalia intern madrasah
- mengupayakan kaderisasi kepemimpinan melalui pemberian tugas kepemimpinan pada bidang tertentu
- mengupayakan peningkatan karier bagi seluruh tenaga kependidikan dengan memperhatikan kinerja dan dedikasi yang bersangkutan
s. Kewenangan Tenaga Kependidikan
Mengupayakan pemenuhan syarat kewenangan tenaga kependidikan dalam menjalankan tugas layanan kependidikan di madrasah, diimplementasikan melalui :
- mengikut sertakan tenaga kependidikan dalam kegiatan pendidikan dan latihan
- mengikut sertakan tenaga kependidikan guru dalam kegiatan MGMP
- secara priodek melakukan pembinaan melalui kegiatan supervisi
- secara priodek melakukan sharing antar sesama dalam forum rapat dan evaluasi bagian-bagian personalia intern madrasah
t. Disiplin Tenaga Kependidikan
Mengupayakan pemenuhan tenaga kependidikan pada tata aturan pemerintah dan madrasah secara maksimal yang dilandasi dengan kesadaran dan tanggung jawab, diimplementasikan melalui :
- mengupayakan dilaksanakannya tugas mengajar tatap muka dengan dilandasi kesadaran
- mengupayakan dipenuhinya berbagai peraturan yang ditentukan pemerintah
- mengupayakan dipenuhinya berbagai peraturan yang ditentukan madrasah
u. Kreativitas Tenaga Kependidikan
Mewujudkan tenaga kependidikan yang kreatif yang ditunjukkan dengan hasil kreatifitas yang dapat dilaksanakan dan dimanfaatkan baik oleh santriawati dan tenaga kependidikan, diimplementasikan melalui :
- memupuk tumbuhnya kreatifitas tenaga kependidikan dengan memajangkan hasil kerja pada kelas/ laboraturium atau tempat lainnya di lingkungan madrasah
- memupuk tumbuhnya kreatifitas tenaga kependidikan dengan melaksanakan hasil kreativitas tersebut di kalangan guru dan santriawati
v. Tanggung Jawab Tenaga Kependidikan
Mengupayakan terwujudnya tenaga kependidikan yang bertanggung jawab terhadap tugasnya, mulai merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, sampai kepada menganalisa dan menindaklanjuti hasil evaluasi yang dilakukan, diwujudkan dalam bentuk :
- Mengupayakan maksimalnya kehadiran tenaga kependidikan yang dilandasi atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab
- Penyusunan program/ rencana mengajar
- Pelaksanaan program/ rencana mengajar
- Pelaksanaan evaluasi program/ rencana mengajar yang dilaksanakan
- Melakukan analisis terhadap evaluasi
- Melakukan tindak lanjut terhadap hasil evaluasi dan analisisnya
IV. KURIKULUM
1. Perencanaan Program Pengajaran
Direncanakannya Program Pengajaran baik tahunan, semester, bulanan, mingguan dan tatap muka, dilandasi dengan kesadaran dan tanggung jawab tenaga kependidikan untuk memudahkan pelaksanaan dan memaksimalkan pencapaian hasil proses pendidikan dan pengajaran yang dilakukan, diimplementasikan melalui :
a. Pembuatan Program tahunan
b. Pembuatan Program Semester
c. Pemenuhan buku GBPP bagi semua guru
d. Pemenuhan buku petunjuk pelaksanaan GBPP bagi semua guru
2. Jadwal
Senantiasa tersedianya jadwal kegiatan tatap muka dihari awal kegiatan efektif pembelajaran dimulai, untuk memaksimalkan pemanfaatan hari dan jam efektif yang tersedia pada satu satuan waktu kegiatan pembelajaran, yang diimplemtasikan dalam bentuk penyiapan jadwal mengajar sebelum hari pertama efektif berjalan pada setiap semester.
3. Persiapan Mengajar
Senantiasa dilakukannya secara sadar dan penuh tanggung jawab oleh semua tenaga pendidik (guru) pembuatan persiapan mengajar yang siap disajikan dalam suatu proses pembelajaran sebelum proses pembelajaran dilangsungkan, diimplementasikan dalam bentuk :
a. Pembuatan Analisis Materi Pelajaran
b. Pembuatan Program Satuan Pelajaran/ Skenario Pembelajaran
c. Pembuatan Rencana Pelajaran
4. Program Muatan Lokal
Direncanakan/ dikembangkan dan dilaksanakannya oleh Guru Pengajar Muatan Lokal dan Kerajinan Tangan/ Kesenian pengembangan kompetensi praktis daerah yang diharapkan dapat dimanfaatkan oleh santriawati secara praktis dalam kehidupannya di masyarakat, yang diimplementasikan dalam bentuk :
a. Pemilihan dan penetapan bidang keterampilan/ kerajinan/ kesenian yang akan dikembangkan
b. Penyusunan program pelaksanaan
c. Pembuatan catatan kemajuan keterampilan santriawati
d. Pemenuhan keadaan yang mendukung tereleminirnya tingkat kecelakaan santriawati dalam kegiatan pembinaan
e. Pembuatan hasil kegiatan pembinaan keterampilan santriawati
5. Pelaksanaan Program Kurikulum
Dilaksanakannya program pengajaran dengan memanfaatkan buku paket, buku pelengkap dan sumber pustaka, dengan guru dan santriawati memiliki buku pegangan dan bank soal yang dimanfaatkan menunjang proses secara maksimal, dengan wujud kegiatan :
a. Penggunaan buku paket untuk pegangan santriawati / guru
b. Penggunaan buku pelengkap bagi guru dan dianjurkan bagi santriawati
c. Penggunaan sumber bahan lainnya pada sumber pustaka yang dimiliki
d. Pembuatan/ dipelajarinya bank-bank soal.
6. Program Remedial dan Pengayaan
Terlaksananya remedial dan pengayaan per mata pelajaran dengan analisis dari hasil pengamatan, Proses Pembelajaran, wawancara dengan guru dan dukomentasi untuk memaksimalkan upaya layanan akademis kepada santriawati , yang diwujudkan dalam bentuk :
a. Dibuatnya analisis hasil ulangan harian dan ulangan umum
b. Dibuat dan dilaksanakannya program pengayaan
c. Dibuat dan dilaksanakannya program remedial

7. Ekstra Kurikuler
Terlaksananya kegiatan ekstra yang variatif dan dapat menunjang pembinaan santriawati dalam rangka pencapaian tujuan penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran madrasah, dengan tetap tidak mengurangi kegiatan tatap muka terstruktur dipagi hari, baik dari segi kualitas maupun intensitasnya, diwujudkan dalam bentuk :
a. Pembinaan Baca Kitab Kuning
b. kepramukaan
c. Pembinaan Olah Raga Bela Diri (Pencak Silat)
d. Pembinaan Volly Ball
e. Pembinaan Seni Rebana
f. Pembinaan kreativitas & Keterampilan
g. Pembinaan Khat al Qur’an/ Kaligrafi
h. Pembinaan Nagam (Seni Baca Al Qur’an)
8. Metode Mengajar
Dapat ditetapkan dan dilaksanakannya oleh para tenaga pendidik metode mengajar yang variatif, dalam rangka menciptakan suasana pembelajaran yang bergairah/ tanpa beban dan memaksimalkan pencapaian tujuan pembelajaran, yang diwujudkan dalam bentuk :
a. Penyusunan strategi pembelajaran yang menggambarkan penggunaan metode yang variatif
b. Pelaksanaan strategi pembejaran yang menggunakan metode secara variatif tadi.
9. Media/ Alat Bantu
Dapat ditetapkan dan digunakannya oleh para tenaga pendidik media instruksional yang variatif, dalam rangka menciptakan suasana pembelajaran yang bergairah/ tanpa beban, meminimalisir verbalisme dan penguatan penguasaan kompetensi santriawati serta memaksimalkan pencapaian tujuan pembelajaran, diwujudkan dalam bentuk :
a. Penyediaan media/ alat bantu yang dibutuhkan guru dalam mengajar
b. Mengupayakan penggunaan media/ alat bantu yang variatif dalam mengajar

10. Penilaian
Terlaksananya penilaian secara valid yang dilanjutkan dengan melakukan analisa terhadap hasil penilaian itu, serta memanfaatkan hasilnya dalam program tindak lanjut, baik bagi guru yang bersangkutan, bagi santriawati , orang tua santriawati , guru konselor dan penilaian mata pelajaran serta kelembagaan, diwujudkan dalam bentuk :
a. Penyusunan alat penilaian
b. Pelaksanaan Penilaian Ulangan Harian
c. Pelaksanaan Penilaian Ulangan Umum
d. Pelaksanaan Analisis Soal
11. Pencapaian Target Kurikulum
Mengupayakan pencapaian target kurikulum secara maksimal untuk semua mata pelajaran dengan kendali monitoring pencapaian target secara berkala dan kontinyu, yang diwujudkan dalam bentuk :
a. Mengupayakan pemanfaatan alokasi waktu efektif dalam pencapaian target kurikulum
b. Melakukan pengkajian catatan pencapaian target kurikulum
12. Hasil Belajar
Memaksimalkan pencapaian hasil belajar yang ditandai dengan penampilan/ minat santriawati yang tinggi dan dibuktikan dengan tingginya daya serap yang dituangkan dengan bukti dukomentasi, diwujudkan dalam bentuk :
a. Pembuatan daftar nilai ulangan harian, ulangan semester dan ujian akhir, untuk mengetahui pencapaian hasil belajar santriawati
b. Analisis hasil ulangan dan dukomentasi serta laporan guru untuk mengetahui daya serap santriawati
c. Mengupayakan formulasi pembelajaran agar menarik minat santriawati dalam mengikuti pelajaran dan menggunakan sumber pustaka
13. Pelaksanaan BP/ BK/ BA
Dilaksanakannya dengan berencana bimbingan belajar individual dan kelompok serta bimbingan karier untuk memaksimalkan layanan pembinaan akademis, mental dan karier yang akan dijalani santriawati di masa datang, diwujudkan dalam bentuk :
a. Penyediaan ruang BP/BK/BA secara khusus
b. Penyediaan tenaga BP/BK/BA yang kualifaid
c. Memaksimalkan kerja guru pembimbing dalam melakukan Bimbingan Belajar dan Bimbingan Karier
14. Pelaksanaan Program Perpustakaan
Dipenuhinya standarisasi kelengkapan sumber pustaka, layanan pustaka yang baik dan ramah dengan tetap tidak mengesampingkan proses pencatatan peminjaman, serta memaksimalkan pemanfaatannya dalam pembelajaran, untuk menunjang proses pelaksanaan kurikulum madrasah, diwujudkan dalam bentuk :
a. Pemanfaatan buku wajib/paket
b. Penambahan/ pemanfaatan buku wajib dan pelengkap
c. Penetapan petugas khusus pengelola pustaka
d. Mendorong santriawati untuk memanfaatan seluruh sumber pustaka secara maksimal
e. Pencatatan peminjaman secara teratur dan baik
V. KESISWAAN
1. Minat Calon Santriawati Baru
Terciptanya peningkatan minat calon santriawati baru untuk masuk, dengan senantiasa meningkatkan mutu layanan dan performa madrasah dan upaya sosialisasi tentang keberadaan dan program madrasah, yang dapat dilihat pada bukti peningkatan pendaftar dibanding tahun sebelumnya, diwujudkan dalam bentuk :
a. Sosialisasi program madrasah ke tengah masyarakat
b. Pemantapan kinerja intern madrasah
c. Memaksimalkan upaya pemberian layanan terhadap peserta didik, baik dalam bentuk kegiatan tatap muka pagi atau pun dalam bentuk kegiatan ekstra sore hari
d. Menciptakan lingkungan madrasah sebagai sebuah wiyata mandala yang islami dan menarik

2. Penerimaan Santriawati Baru
Terciptanya penerimaan santriawati baru yang terencana, sesuai aturan, selektif dan transparan, dengan dukungan data yang dapat dipertanggungjawabkan dengan baik dan mudah, diwujudkan melalui :
a. Membuat perencanaan penerimaan santriawati baru
b. Membuat daftar PSB sesuai dengan ketetentuan pemerintah
c. Seleksi santriawati berdasarkan DANEM dan kemampuan membaca dan menulis huruf al Qur’an
d. Pembuatan daftar identitas santriawati baru yang diterima.
3. Ketertiban
Terciptanya kesadaran warga madrasah terhadap perangkat tata aturan yang berlaku di madrasah, yang ditunjukkan dengan berprosesnya pendidikan dan pengajaran secara baik dan dinamis dan rendahnya tingkat pelanggaran terhadap tata aturan yang berlaku di madrasah, diwujudkan dalam bentuk :
a. Pembuatan/ revisi tata tertib santriawati
b. Pembuatan Tata Tertib Guru/ Karyawan
c. Mengembangkan sarana dan aktivitas yang dapat secara preventif mengeleminir tindak pelanggaran terhadap tata tertib
d. Menumbuh kembangkan kesadaran untuk mentaati segala ketentuan yang berlaku di lingkungan madrasah
4. Studi Lanjut Lulusan
Senantiasa terjadi peningkatan yang signifikan pada santriawati lulusan di setiap tahun untuk melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi dengan pola variatif yang signifikan pula, diwujudkan dengan :
a. Mengaktifkan BP dalam bimbingan karier
b. Memotivasi orang tua/ wali dan santriawati untuk tetap meneruskan studinya ke jenjang yang lebih tinggi
c. Melakukan penelusuran studi lanjut para alumnus
d. Memberi kesempatan ke pihak SLTA yang ingin mensosialisasikan sekolahnya ke madrasah
5. Kehadiran Santriawati
Rendahnya tingkat ketidakhadiran santriawati baik dalam kegiatan terstruktur atau pun kegiatan ekstra, dibuktikan dengan dukomentasi absensi yang diisi secara teratur, diwujudkan dalam bentuk :
a. Mengecek absensi pada setiap kegiatan, baik pada proses pembelajaran atau pun pada kegiatan madrasah lainnya
b. Menegakkan peraturan (termasuk pemberian sangsi) kepada santriawati yang tidak hadir sampai batas tertentu sesuai dengan tata aturan yang berlaku.
c. Mengupayakan penggunaan strategi pembelajaran yang dapat menarik minat santriawati untuk senantiasa mengikuti kegiatan madrasah.
6. Kenaikan Kelas
Rendahnya tingkat ketidak naikan kelas sebagai hasil senantiasa mengupayakan peningkatan kuantitas dan kualitas layanan pendidikan pada santriawati , diwujudkan dalam bentuk :
a. Mengintensifkan waktu mengajar efektif yang tersedia
b. Melakukan kegiatan pengayaan dan remedial
c. Melakukan kegiatan belajar tambahan, jika dirasakan pembinaan belum maksimal
d. Menggunakan prinsip belajar tuntas ( mastery learning )
7. Kelulusan
Tingginya tingkat kelulusan kelas sebagai hasil senantiasa mengupayakan peningkatan kuantitas dan kualitas layanan pendidikan pada santriawati , diwujudkan dalam bentuk :
a. Mengintensifkan waktu mengajar efektif yang tersedia
b. Melakukan kegiatan pengayaan dan remedial
c. Melakukan kegiatan belajar tambahan, jika dirasakan pembinaan belum maksimal
d. Melakukan pembinaan khusus dalam bentuk Remedial Tim Teaching untuk mata pelajaran yang di UAN kan
e. Menyediakan bank soal dan pembinaan kemampuan menjawabnya
8. Prestasi Santriawati
Mengupayakan peningkatan prestasi santriawati dengan senantiasa mengupayakan pembinaan prestasi mereka dalam bidang studi dan ilmiah (akademik), kesenian, olah raga, keterampilan serta keagamaan, yang ditandai salah satunya dengan banyaknya kejuaraan yang diperoleh oleh mereka, dilakukan dalam bentuk :
a. Pembinaan santriawati berprestasi pada kelas I dan II mulai semester genap untuk mengikuti lomba Mata Pelajaran
b. Mengikut sertakan santriawati dalam lomba Mata Pelajaran
c. Pembinaan dan mengikut sertakan santriawati dalam lomba keagamaan
d. Pembinaan dan mengikut sertakan santriawati dalam lomba seni
e. Pembinaan dan mengikut sertakan santriawati dalam pertandingan Olah Raga Prestasi
9. Nilai Murni UAN
Mengupayakan peningkatan nilai murni UAN setiap tahun secara signifikan, dengan senantiasa secara intensif dan kontinyu mengadakan pembinaan kepada para santriawati kelas III, dengan kegiatan :
a. Mengintensifkan waktu mengajar efektif yang tersedia
b. Melakukan kegiatan pengayaan dan remedial
c. Melakukan kegiatan belajar tambahan, jika dirasakan pembinaan belum maksimal
d. Melakukan pembinaan khusus dalam bentuk Remedial Tim Teaching untuk mata pelajaran yang di UAN kan
e. Menyediakan bank soal dan pembinaan kemampuan menjawabnya

VI. SARANA PRASARANA
1. Tanah/ Lahan
Mengupayakan pengembangan dan pemanfaatan lahan yang ada, untuk :
- penambahan sarana pembelajaran dan asrama
- perluasan lapangan apel
- lapangan Olah Raga
2. Gedung/ sarana fisik
Mengupayakan gedung/ prasarana layanan utama (akademik) dan layanan penunjang madrasah yang lengkap dan permanen, sesuai dengan rasio kebutuhan real madrasah, diwujudkan dalam bentuk kegiatan :
a. Mengupayakan perbaikan lokal belajar
b. Mengupayakan penambahan lokal belajar
c. Mengupayakan pembangunan mushalla
d. Mengupayakan adanya kantin
e. Mengupayakan adanya penambahan asrama
f. Mengupayakan pembuatan pintu gerbang
g. Mengupayakan pengadaan perpustakaan
3. Perabotan/ Peralatan Ruang
Tersedianya perabotan/ peralatan ruang, baik berupa mebelieu, perlengkapan KBM, maupun atribut pengembangan integritas diniyah dan loyalitas nasional di kalangan warga madrasah, diwujudkan dengan :
a. Penambahan media / alat bantu pembelajaran
b. Pembuatan rak sandal/ sepatu
c. Penyediaan lemari penyimpanan peralatan di tiap ruang belajar
d. Pembuatan atribut-atribut nasionalis dan Islami
e. Rehabilitasi peralatan yang rusak yang memungkinkan perbaikan
f. Pembuatan mebelier baru sesuai kebutuhan
4. Ruang Serba Guna
Tersedianya ruang serba guna yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan yang memerlukan daya tampung luas, yang memang kegiatan itu dapat menunjang pembinaan wawasan, pengetahuan, keterampilan dan sikap/ mental peserta didik dan warga madrasah, diwujudkan dalam bentuk upaya pencarian dana bantuan pembangunan Ruang Serba Guna.
5. Ruang Kamad
Tersedianya ruang kamad yang memenuhi standard baik dari segi ukuran maupun kualitas, diwujudkan dalam bentuk upaya pencarian bantuan untuk pembangunan kantor madrasah yang permanen termasuk di dalamnya ruang kamad
6. Ruang Guru
Tersedianya ruang guru yang memenuhi standard baik dari segi ukuran maupun kualitas sesuai dengan rasio jumlah guru diwujudkan dalam bentuk upaya pencarian bantuan untuk pembangunan kantor madrasah yang permanen termasuk di dalamnya ruang guru.
7. Ruang Tata Usaha
Tersedianya ruang ketata usahaan yang memenuhi standard baik dari segi ukuran maupun kualitas, sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan melakukan berbagai aktifitas ketatausahaan serta layanan administrasi diwujudkan dalam bentuk upaya pencarian bantuan untuk pembangunan kantor madrasah yang permanen termasuk di dalamnya ruang Ketatausahaan.
8. Mushalla
Tersedianya Mushalla yang memenuhi standard baik dari segi kualitas maupun ukuran yang sesuai dengan rasio jumlah warga madrasah, untuk kenyamanan dan kemudahan memberikan layanan pembinaan mental keagamaan dan melaksanakan ibadah bagi kalangan warga madrasah, diwujudkan dalam bentuk :
a. Perbaikan kran wudhu
b. Pembuatan pagar pengaman kran wudhu
c. Pembelian mesin penyedot air untuk wudhu
d. Pembelian Sarana Ibadah ( mukena )
e. Pembuatan platpond
9. Ruang UKS
Tersedianya Ruang UKS yang memenuhi standard baik dari segi kualitas maupun ukuran untuk kenyamanan dan kemudahan memberikan layanan pertolongan pertama dan pembinaan kebiasaan hidup sehat khususnya di kalangan santriawati dan secara umum di kalangan warga madrasah, diwujudkan dalam bentuk :
a. penyediaan ruang UKS
b. Penyediaan peralatan/ perabotan pendukung
10. Ruang Perpustakaan
Adanya ruang perpustakaan yang memenuhi standard baik dari segi kualitas maupun ukuran untuk kenyamanan dan kemudahan memberikan layanan pustaka bagi semua warga sekolah, yang dilengkapi dengan sumber pustaka yang refresentatif dapat menunjang pencapaian tujuan pendidikan dan pengajaran di madrasah, diwujudkan dalam bentuk :
a. Penyediaan ruang khusus perpustakaan yang memadai
b. Pembelian karpet
c. Penataan denah pustaka yang menyenangkan
d. Penyediaan sarana kebutuhan pustaka yang belum ada
11. Gudang Perabotan
Dimilikinya gudang yang memenuhi standard baik dari segi kualitas maupun ukuran untuk penyimpanan perabotan sekolah baik yang dimanfaatkan dan atau menyimpan perabotan yang rusak dan dimungkinkan untuk diperbaiki kembali, diwujudkan dalam bentuk penyediaan ruang yang dapat dijadikan gudang perabotan
12. Kondisi Tanah/ Gedung/ Ruang
Senantiasa terawatnya sanitasi, keindahan, kerindangan dan kebersihan halaman, lapangan Olah Raga, kebersihan dan keindahan gedung dan ruangan sekolah, yang ditujukan untuk dapat menimbulkan kebetahan bagi seluruh warga madrasah, diwujudkan dalam bentuk :
a. Penimbukan halaman
b. Pembuatan lapangan Olah Raga
c. Pembuatan sarana pendukung lapangan Olah Raga
d. Penanaman bunga/ tanaman hias di sepanjang kantor dan lokal belajar
e. Penanaman tanaman pelindung di beberapa bagian halaman
f. Pembuatan Put-put bungan dan tanaman
13. WC/ Kamar Mandi
Tersedianya WC/ Kamar Mandi yang memenuhi standard baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya sesuai dengan rasio jumlah warga madrasah, diwujudkan dengan perbaikan WC/ Kamar Mandi yang tersedia.
14. Laboraturium
Tersedianya Laboraturium yang memenuhi standard baik dari segi kualitas maupun ukuran yang sesuai lengkap dengan peralatannya, untuk kenyamanan dan kemudahan memberikan layanan pengajaran dasar-dasar pengembangan IPTEK di kalangan santriawati diwujudkan dalam bentuk
a. penyediaan ruang laboraturium bahasa
b. penyediaan ruang laboraturium MIPA
c. penyediaan ruang laboraturium Komputer
d. penyediaan ruang laboraturium Keterampilan
e. penyediaan sarana pendukung kegiatan laboratorium
15. Ruang Praktek Keterampilan
Tersedianya Ruang Praktek Keterampilan yang memenuhi standard baik dari segi kualitas maupun ukuran yang sesuai lengkap dengan peralatannya, untuk kenyamanan dan kemudahan memberikan layanan pengajaran dan pengembangan keterampilan hidup bagi santriawati , diwujudkan dalam bentuk penyediaan ruang yang dapat dijadikan ruang tempat praktek keterampilan
16. Ruang BP/ BK/ BA
Tersedianya Ruang BP/ BK/ BA yang memenuhi standard baik dari segi kualitas maupun ukuran yang sesuai lengkap dengan peralatannya, untuk kenyamanan dan kemudahan memberikan layanan BP/BK/BA bagi kalangan santriawati diwujudkan dalam bentuk penyediaan ruang yang dapat dijadikan Ruang BP/BK/BA
17. Gudang Peralatan
Dimilikinya gudang peralatan yang memenuhi standard baik dari segi kualitas maupun ukuran untuk penyimpanan peralatan madrasah baik yang dimanfaatkan dan atau menyimpan peralatan yang rusak dan dimungkinkan untuk diperbaiki kembali diwujudkan dalam bentuk penyediaan ruang yang dapat dijadikan gudang peralatan

18. Kantin/ Toko/ Koperasi
Dimilikinya Kantin/ Toko/ Koperasi yang memenuhi standard baik dari segi kualitas maupun ukuran untuk pemenuhan kebutuhan pokok selama melakukan aktivitas di madrasah bagi kalangan madrasah sekaligus sebagai sarana untuk meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh tenaga kependidikan dan pendidikan dasar kewirausahaan bagi kalangan santriawati , diwujudkan dengan penyediaan ruang khusus untuk kantin dan koperasi.
VII. SITUASI UMUM
1. Suasana Keagamaan
a. Tersedianya mushalla dan tempat wudhu memenuhi standard baik dari segi kualitas maupun ukuran sesuai dengan kebutuhan warga madrasah serta gambar dan peralatan islami di ruang-ruang belajar dan ruang lainnya, yang dapat dimanfaatkan untuk pembinaan mental dan integritas keagamaan santriawati dan warga madrasah, diwujudkan dalam bentuk :
1) Melengkapi sarana keperluan mushalla
2) Membuat atribut islami di tiap ruang belajar dan kantor serta di beberapa dinding
b. Terselenggaranya tadarus, shalat berjamaah secara teratur, pengkajian keislaman, peringatan hari-hari besar Islam, pergaulan yang islami dan motivasi kegiatan / kreativitas yang islami di kalangan warga madrasah, diwujudkan dalam bentuk :
1) Mengaktifkan tadarus al Qur’an sebelum kegiatan pembelajaran
2) Mengaktifkan kegiatan shalat berjamaah dan kultum
3) Mengadakan PHBI
4) Menggalakkan penggunaan nilai-nilai islami dalam pergaulan dan berpakaian
2. Keamanan
a. Tersedianya pagar pengaman madrasah, sehingga memberikan keamanan, kenyamanan dan ketenteraman warga madrasah dalam melakukan berbagai aktivitas akademik di dalam lingkungan madrasah, diwujudkan dalam bentuk pembangunan pagar pengaman madrasah
b. Berfungsinya penjaga madrasah secara baik dan aktif, sehingga dengan perannya turut memberikan keamanan, kenyamanan dan ketenteraman warga madrasah dalam melakukan berbagai aktivitas akademik di dalam lingkungan madrasah, diwujudkan dalam bentuk :
1) Peningkatan fungsi penjaga sekolah
2) Pembuatan tempat petugas penjaga sekolah
3. Kebersihan
Tersedianya sarana dan prasarana kebersihan serta terciptanya lingkungan/ budaya bersih di kalangan dan lingkungan madrasah, diwujudkan dalam bentuk :
1) penyediaan peralatan/ sarana kebersihan
2) Pembuatan jadwal kebersihan
3) Pembuatan atribut himbauan untuk hidup bersih
4) Lomba kebersihan antar kelas
4. Ketertiban
Terciptanya budaya tertib di kalangan warga madrasah sesuai dengan tata aturan dan tata tertib yang berlaku di madrasah, diwujudkan dalam bentuk :
1) Penegakan disiplin madrasah
2) Pembuatan atribut himbauan untuk taat aturan
5. Keindahan dan Kerindangan
Terciptanya halaman dan lingkungan madrasah yang bersih, indah dan rindang yang membawa kedamaian dan kebetahan bagi semua warga sivitas madrasah, diwujudkan dalam bentuk :
a. Penanaman tanaman hias
b. Penanaman tanaman pelindung
c. Pembuatan put bunga
d. Penjadwalan kegiatan yang menunjang keindahan dan kerindangan
6. Kekeluargaan
Terciptanya hubungan yang harmonis dan agamis antara intern semua warga sivitas madrasah, antrara warga madrasah dengan warga disekitar madrasah, diwujudkan dalam bentuk :
a. Mengutamakan keramahan dalam layanan
b. Mengutamakan kemudahan dalam layanan
c. Menghidupkan kegiatan-kegiatan kebersamaan, seperti arisan, dll.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: